Palembang-Bengkulu Terhubung Tol Mulai Tahun Depan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 16:45 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pembangunan tiga ruas jalan tol Trans Sumatra yang menghubungkan Palembang ke Bengkulu sepanjang 330 kilometer (km) akan dikerjakan pada 2019.

Manager Proyek Divisi Tol PT Hutama Karya (Persero) Hasan Turcahyo di Palembang, Rabu, (17/10/2018) mengatakan jalan bebas hambatan itu nantinya dapat memangkas jarak lintas dua provinsi tersebut sepanjang 147 km dengan waktu tempuh sekitar 5,5 jam.

"Panjang jalan nasional Palembang-Bengkulu 447 km, sedangkan jalan tol yang akan dibangun dari Palembang ke Bengkulu sejauh 330 km," ujar dia.

Hasan menjelaskan bahwa jalan tol sejauh 330 km itu akan terbagi dalam tiga ruas, yakni Indralaya-Muara Enim sepanjang 88 km, Muara Enim-Lubuk Linggau sepanjang 125 km, dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu sepanjang 95 km.

Menurut dia, dalam pembangunan jalan tol Palembang-Bengkulu yang bakal melewati Bukit Barisan itu ada beberapa kriteria yang dipertimbangkan, seperti jarak paling pendek, tidak melewati permukiman, serta mempertimbangkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan wilayah kerja sejumlah perusahaan migas di daerah tersebut.

Nantinya, ruas yang melewati Bukit Barisan sepanjang 6,67 km akan dibangun terowongan.

Saat ini, HK sedang menyiapkan tahapan prakonstruksi, seperti studi kelayakan, analisa dampak mengenai lingkungan (Amdal), serta desain awal dan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT). Semua persiapan itu ditargetkan rampung awal Januari 2019.

“Setelah itu akan dilanjutkan dengan penetapan lokasi, pembebasan lahan, dan konstruksi, “ kata dia kepada awak media.

Pembangunan tiga ruas tersebut tidak dilakukan bersamaan. Ruas Indralaya-Muara Enim dan Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu dibangun tahun depan, sedangkan ruas Muara Enim-Lubuk Linggau akan dibangun pada 2023.

Proyek ini ditaksir menelan biaya hingga Rp33 triliun itu diagendakan selesai pada 2022 untuk dua ruas pertama dan  2027 untuk ruas terakhir.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat permohonan maaf INDUSTRY.co.id kepda PT Grab Taxi Indonesia

Jumat, 16 November 2018 - 20:56 WIB

Industry.co.id Sampaikan Permohonan Maaf ke Grab Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Portal berita Industry.co.id merupakan portal online terdepan yang memberitakan berbagai isu - isu terkini di dunia industri. Semua pemberitaan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 16 November 2018 - 19:31 WIB

Presiden Jokowi: Masyarakat Merauke Tetap Jaga Kerukunan

Presiden Joko Widodo seusai sholat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kerukunan.

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:05 WIB

Rupiah Jumat Sore Menguat Menjadi Rp14.537

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore, menguat sebesar 128 poin menjadi Rp14.537 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.