Bangun Potensi Tour Leader di Era Digital

Oleh : Wiyanto | Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:58 WIB

Seminar pariwisata
Seminar pariwisata

INDUSTRY.co.id -

Jakarta--Dalam rangka mencetak tour leader profesional, Lembaga Bahasa (LB) LIA Pramuka menggelar seminar dan workshop pariwisata bertema Membangun Profesi Tour Leader & Guide di Era Digital di Aula Gedung LB LIA Pramuka, Rabu (17/10).

Seminar dan workshop ini menghadirkan narasumber berpengalaman di bidang tour leader, yaitu Rudiana Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Tour Leader Indonesia, Eddy Efendi Fasilitator LDC LIA, dan Priyadi Abadi, M.Par Chairman Indonesian Islamic Travel Communication Forum (IITCF). Dalam paparannya, Rudiana menjelaskan bahwa kemajuan teknologi menuntut para tour leader harus lebih akrab dengan teknologi, kendati demikian tour leader hendaknya tidak kuatir akan tergantikan oleh teknologi.

Teknologi itu hanya jadi perantara, dia tidak akan pernah menggantikan service. Jadi jangan kuatir, teknologi harus menjadi teman untuk meningkatkan kualitas profesi tour leader, katanya meyakinkan. Sementara itu Chairman IITCF Priyadi Abadi, M.Par memberikan motivasi kepada para peserta workshop pariwisata LIA akan masa depan profesi Tour Leader. Priyadi mengatakan, saat ini hampir seluruh negara menggarap pariwisata, termasuk negara Ethiopia yang dikenal dengan negara busung lapar, miskin dsb nya.Tahun 2019, menurut informasi Ethiopia akan mengirim pesawat jenis Dreamliner B 787 ke Indonesia untuk menggarap tourism negerinya, papar Direktur Utama Adinda Azzahra Tour & Travel ini.

Karena itu, profesi Tour Leader ini tidak akan pernah mati. Tour leader akan terus ada sepanjang pariwisata ada. Kendati demikian, tour leader harus terus mengembangkan diri untuk bisa bersaing dengan pemain asing. Priyadi meyakinkan, bahwa para peserta workshop pariwisata ini telah memilih lembaga yang tepat untuk pengembangan profesi Tour Leader di LIA. Jadi yang sudah sekolah pariwisata, yang sudah mengambil kursus di LIA ini, Anda sudah tepat memilih lembaga ini, bahkan saya bisa berdiri di sini karena dulu saat masih dibangku sekolah menengah pertama / SMP pernah kursus di LIA, ujarnya bernostalgia.

Sementara itu Direktur LIA Development Center Pramuka, Yenni Vitaria mengatakan, LIA sebagai lembaga pendidikan akan tetap konsisten mendukung program pemerintah, di mana saat ini pemerintah sedang menjalankan program pengembangan pariwisata.

Kegiatan ini bagian dari merealisasikan program LIA mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang pariwisata, karena LIA akan terus mengikuti jejak pemerintah dalam pengembangan kecerdasan anak bangsa, katanya.

Yenni menambahkan, pihaknya akan terus fokus pada peningkatan human resource di bidang pariwisata, salah satunya dengan mengadakan seminar dan workshop pariwisata ini. Dengan seminar ini, peserta akan termotivasi untuk meningkatkan skill di bidang tour leader, katanya.

Menurut Yenni, potensi pariwisata di negeri ini banyak yang masih belum tergali, tugas kami adalah menggali potensi yang ada ini dan berkontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa.

Yang unik dari kursus LIA adalah kami memberikan konten bahasa Inggris dan Mandarin, kami memperkuat bahasa sebagai fisik dulu, setelah rapi masuk ke leading teknisnya, ujarnya. Workshop pariwisata ini merupakan pelatihan yang ke-6 yang diikuti oleh sekitar 100 peserta. LB LIA Pramuka rencananya akan menggelar workshop pariwisata yang ke-7 pada November 2018 mendatang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

Penandatangan perjanjian kerjasama PT Easterntex dengan PLN

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:46 WIB

Dukung Upaya Penggunaan Energi Bersih, PT Easterntex Beralih Menggunakan Listrik Dari PLN

PT Easterntex telah beralih dari penggunaan listrik yang berasal dari pembangkit milik pribadi menjadi menggunakan listrik yang disuplai oleh PT PLN (Persero) dengan kapasitas sebesar 15 Megawatt…

PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:37 WIB

Fasilitasi Perjalanan Dinas Karyawan, PT Pamapersada Nusantara Jalin Kerjasama Dengan PT Pelita Air Service

PT Pamapersada Nusantara dan Pelita Air Service melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait sarana transportasi pesawat untuk karyawan PAMA Group dalam melaksanakan perjalanan…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…