Festival Seni Teknologi Wave of Tomorrow Siap Ramaikan Jakarta

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 18 Oktober 2018 - 09:57 WIB

Constellation Neverland dari Sembilan Matahari. Salah satu Karya yang dipamerkan.
Constellation Neverland dari Sembilan Matahari. Salah satu Karya yang dipamerkan.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA – Sebuah Festival yang memadukan seni dan teknologi yang digabungkan dengan sajian musik, Wave of Tomorrow 2018, akan mulai meramaikan ibu kota untuk pertama kalinya. Selama 10 hari penuh dari tanggal 19 hingga 28 Oktober 2018, enam nama besar kreator kolektif pada bidang new media art berbasis teknologi dan lebih dari 30 musisi akan menjadi suguhan menarik dari Wave of Tomorrow yang akan diselenggarakan di Tribrata Grand Ballroom Darmawangsa, Jakarta Selatan.

Wave of Tomorrow yang diselenggarakan oleh Level7 bekerja sama dengan Bale Project sebagai konsultan seni, berharap bisa menghadirkan beragam instalasi seni yang menembus batas, sehingga dapat memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung. “Ini sebuah platform baru, dimana Wave of Tomorrow 2018 menjadi sebuah festival seni berbasis teknologi yang dipadukan dengan penampilan musik spesial dari beberapa musisi dalam dan luar negeri,” ungkap Maharani dari Bale Project.

Apa yang dihadirkan oleh Wave of Tomorrow, lanjut Maharani, sebetulnya seirama dengan tren yang kini terjadi di Indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama, pameran-pameran seni rupa yang dilakukan di beberapa ruang seni seperti Museum Macan, ArtJog dan Art Bali yang menampilkan karya- karya seni dari teknik konvensional hingga instalasi meruang, berhasil menyedot perhatian masyarakat. Aktivitas semacam ini menjadi cara baru untuk mengenalkan karya seni kepada masyarakat luas di Indonesia.

Bukan hanya tren di masyarakat yang berubah, namun pergeseran arus juga terjadi pada medium yang digunakan oleh para kreator. Meskipun konsep karya seni yang menggabungkan teknologi sudah ada dari sejak lama, namun seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin progresif dan konsep seni yang semakin tak terbatas, kini banyak kreator yang membuat instalasi seni dengan unsur teknologi, atau yang sekarang dikenal dengan New Media Art.

Karya-karya yang ditampilkan dalam Wave of Tomorrow ini berupa instalasi meruang dengan wujud beragam yang dipadukan dengan pemanfaatan teknologi, mengundang pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan karya-karya yang disajikan. Dalam kegiatan ini, para kreator dapat berinteraksi dengan pengunjung melalui hasil karyanya, dan menawarkan sebuah pengalaman baru dalam menyampaikan pesan dibalik karyanya sambil menikmati alunan musik dari para musisi. Hasilnya, karya seni yang dulu hanya dapat dinikmati oleh kalangannya, kini dapat dinikmati oleh masyarakat luas pada umumnya.

 “Sajian pameran dan juga festival seni berbasis new media art dan teknologi memang pernah  disajikan di berbagai kota di Indonesia, namun Wave of Tomorrow diharapkan bisa menjadi salah satu yang bergengsi di Jakarta. Menawarkan sajian berbeda, dengan menghadirkan penampilan musik dari beragam musisi yang disandingkan bersama dengan karya seni interaktif dari beberapa kreator besar pada bidang seni berbasis teknologi, mencoba untuk mengantarkan pengunjung kepada pengalaman visual yang berbeda,”lanjut Maharani.

Wave of Tomorrow 2018 akan menyajikan beberapa kreator berbasis new media art & technology Indonesia yang sudah pernah mengibarkan sayapnya di kancah internasional seperti Sembilan Matahari, Kinara Darma, Maika Collective, Rebellionik, Ageless Galaxy, juga kreator besar asal Perancis Nonotak. Untuk itu, Wave of Tomorrow 2018 diprediksi akan memberikan pengalaman baru dalam menikmati sebuah karya seni.

 

Selain instalasi seni, Wave of Tomorrow juga akan menyuguhkan bermacam penampilan spesial dari musisi dalam dan luar negeri seperti Dan Shake, Bradley Zero, Barasuara, Stars & Rabbit, Glen Fredly, Maliq & D’Essentials, The Groove, Yura Yunita, Potret, dan banyak lainnya untuk setiap pengunjung yang hadir.

Wave of Tomorrow 2018 akan dibuka untuk umum mulai dari tanggal 20 – 28 Oktober 2018 dibuka dari pukul 15:00 WIB pada hari kerja dan pukul 11:00 WIB pada akhir pekan, dengan harga tiket sebesar Rp 50.000,- pada hari kerja dan Rp 100.000,- pada akhir pekan (Jumat, Sabtu, Minggu).  Informasi lebih lanjut mengenai line up, jadwal, performa musik, dan tiket, dapat diakses melalui website www.waveoftomorrow.id. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).