Juru Las Indonesia Bisa Bersaing ke Luar Negeri

Oleh : Wiyanto | Rabu, 17 Oktober 2018 - 21:36 WIB

Kontes juru las
Kontes juru las

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tenaga kerja bidang welding atau juru las terus didorong terutama skill keahliannya. Kompetisi welding menjadi salah satu ajang mencari talenta tersebut.

Sertifikasi Welder di Indonesia masih terbagi menjadi dua yaitu yang dikeluarkan oleh Kemenaker dan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Pelaksanaan sertifikasi biasanya dilakukan oleh LSP (Lembaga SertifikasiProfesi) yang memiliki lisensi dari BNSP.

Abdul Wahab Bangkona, Chairman of Governing Body of Internasional Institusi of Welding mengungkapkan, keahlian welding juga didukung kompetensi sumberdaya manusianya.

"Orang yang enam bulan enggak ngelas, harus belajar lagi karena ngelas itu perlu rasa kalau enggak diasah enggak bisa tuh," katanya di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Ia katakan lapangan kerja welding tersebar ke sektor manufaktur, pertambangan dan otomotif. Namun yang lebih dominan penyerapan tenaga kerja welding ke sektor manufaktur.

"Secara signifikan akan ada akselerasi sejumlah produksi dan kualitas," katanya.

Kata dia, terdapat sejumlah 10 ribu juru las bergelut di bidang ini. Namun jumlah ini masih tergolong sedikit mengingatkan kemampuan welding terbagi bagi tiga kelas, kelas tinggi, sedang dan rendah.

"10 ribu juru las welder diproduksi di berbagai lembaga pendidikan kita. Cross ke pasar internasional . Ini kesempatan," katanya.

Chairman & CEO Iwatani Corporation Ikiji Makino mengatakan, Iwatani sebagai perusahaan gas dan energi, Iwatani berkeinginan untuk menciptakan nilai yang baru dan berkontribusi banyak kepada masyarakat. Iwatani terus mengembangkan bisnis dan yang fokus pada gas dan energi yang menjadi kebutuhan industri sehari-hari.

Kami akan terus mengadakan kontes pengelasan di setiap tahunnya dan berharap lebih banyak lagi yang dapat berpartisipasi, ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…