Tingkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris, EF English First Centers for Kids and Teens Gelar Kompetisi Spelling Bee 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:08 WIB

EF Spelling Bee Competition
EF Spelling Bee Competition

INDUSTRY.co.id - Jakarta – EF English First Centers for Kids and Teens mengajak siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama unjuk kemampuan dan keterampilan mengeja kata dalam bahasa Inggris melalui EF Spelling Bee.

Kompetisi ini terbuka untuk umum, terbagi dalam 4 grup yakni, 3 grup untuk Sekolah Dasar; Grup A (kelas 1-2), B (kelas 3-4), C (kelas 5-6) dan Grup D untuk tingkat SMP (kelas 7-9). Ditargetkan total 15 ribu peserta akan mengikuti kompetisi regional di seluruh center EF di 34 kota yang berlangsung hingga 11 November 2018.

Enam ratus peserta yang lolos di tingkat regional akan maju ke kompetisi tingkat nasional untuk merebut 3 pemenang dari masing-masing grup, pada 25 November mendatang di SMESCO Indonesia, Jakarta.

Spelling, adalah seni untuk menggabungkan secara benar sebuah kata dari huruf-huruf yang membentuknya. Keterampilan ini akan membantu menguatkan hubungan yang ada antara suara dan huruf. Oleh karenanya, Spelling merupakan pondasi dasar keterampilan bahasa Inggris yang memiliki peran penting dan berdampak positif terhadap keterampilan lainnya seperti Listening, Reading dan Writing.

“Melihat urgensi ini, kami mengajak siswa-siswi SD dan SMP untuk menguji dan meningkatkan keterampilan tersebut. Selain itu, tentunya kegiatan ini juga kami tujukan untuk membangun kepercayaan diri mereka melalui sebuah kompetisi yang memiliki skala nasional. Sekarang siswa siswi sudah bisa mendaftar untuk kompetisi ini melalui www.ef.id/spellingbee2018”. Ujar Erditya Arfah, Marketing Director EF English First for Kids & Teens.

Kemampuan mengeja dapat membantu siswa lebih percaya diri dalam segala aspek dari literasi. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mengeja, membaca, menulis saling berhubungan erat dan telah terbukti membantu meningkatkan pemahaman atau comprehension skills. 

Studi yang dilakukan oleh L.C. Ehri untuk the Scientific Study of Reading juga menemukan bahwa instruksi mengeja dapat meningkatkan kemampuan membaca, karena membangun pengetahuan pelajar akan alphabetic system yang digunakan dalam membaca.

Agar bisa memberikan lebih banyak kesempatan kepada lebih banyak siswa di Indonesia untuk mengikuti kompetisi Spelling Bee, EF English Centers for Kids and Teens juga mengadakan kompetisi yang sama secara live di akun Instagram resmi EF English Centers for Kids and Teens ef_englishfirst, pada tanggal 24 Oktober dan 8 November 2018 dengan hadiah jutaan rupiah.

“Akhirnya bukan hanya siswa yang berhasil sampai tahap akhir yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, akan tetapi semua peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melatih kepercayaan diri yang berguna untuk menunjang masa depannya. Itulah tujuan utama dari kompetisi ini,” tutup Erditya.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ICDX Luncurkan GOFX (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 11:16 WIB

ICDX Luncurkan GOFX, Hadirkan Semangat Baru di Industri Perdagangan Berjangka Komoditi

Peluncuran GOFX oleh ICDX selaku bursa komoditi di awal tahun 2019 ini menjadi semangat baru di industri perdagangan berjangka komoditi (PBK). Selain bisa meraih keuntungan dari volatilitas…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…