Tingkatkan Keterampilan Berbahasa Inggris, EF English First Centers for Kids and Teens Gelar Kompetisi Spelling Bee 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:08 WIB

EF Spelling Bee Competition
EF Spelling Bee Competition

INDUSTRY.co.id - Jakarta – EF English First Centers for Kids and Teens mengajak siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama unjuk kemampuan dan keterampilan mengeja kata dalam bahasa Inggris melalui EF Spelling Bee.

Kompetisi ini terbuka untuk umum, terbagi dalam 4 grup yakni, 3 grup untuk Sekolah Dasar; Grup A (kelas 1-2), B (kelas 3-4), C (kelas 5-6) dan Grup D untuk tingkat SMP (kelas 7-9). Ditargetkan total 15 ribu peserta akan mengikuti kompetisi regional di seluruh center EF di 34 kota yang berlangsung hingga 11 November 2018.

Enam ratus peserta yang lolos di tingkat regional akan maju ke kompetisi tingkat nasional untuk merebut 3 pemenang dari masing-masing grup, pada 25 November mendatang di SMESCO Indonesia, Jakarta.

Spelling, adalah seni untuk menggabungkan secara benar sebuah kata dari huruf-huruf yang membentuknya. Keterampilan ini akan membantu menguatkan hubungan yang ada antara suara dan huruf. Oleh karenanya, Spelling merupakan pondasi dasar keterampilan bahasa Inggris yang memiliki peran penting dan berdampak positif terhadap keterampilan lainnya seperti Listening, Reading dan Writing.

“Melihat urgensi ini, kami mengajak siswa-siswi SD dan SMP untuk menguji dan meningkatkan keterampilan tersebut. Selain itu, tentunya kegiatan ini juga kami tujukan untuk membangun kepercayaan diri mereka melalui sebuah kompetisi yang memiliki skala nasional. Sekarang siswa siswi sudah bisa mendaftar untuk kompetisi ini melalui www.ef.id/spellingbee2018”. Ujar Erditya Arfah, Marketing Director EF English First for Kids & Teens.

Kemampuan mengeja dapat membantu siswa lebih percaya diri dalam segala aspek dari literasi. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa mengeja, membaca, menulis saling berhubungan erat dan telah terbukti membantu meningkatkan pemahaman atau comprehension skills. 

Studi yang dilakukan oleh L.C. Ehri untuk the Scientific Study of Reading juga menemukan bahwa instruksi mengeja dapat meningkatkan kemampuan membaca, karena membangun pengetahuan pelajar akan alphabetic system yang digunakan dalam membaca.

Agar bisa memberikan lebih banyak kesempatan kepada lebih banyak siswa di Indonesia untuk mengikuti kompetisi Spelling Bee, EF English Centers for Kids and Teens juga mengadakan kompetisi yang sama secara live di akun Instagram resmi EF English Centers for Kids and Teens ef_englishfirst, pada tanggal 24 Oktober dan 8 November 2018 dengan hadiah jutaan rupiah.

“Akhirnya bukan hanya siswa yang berhasil sampai tahap akhir yang mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, akan tetapi semua peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melatih kepercayaan diri yang berguna untuk menunjang masa depannya. Itulah tujuan utama dari kompetisi ini,” tutup Erditya.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…