Cianjur akan Miliki Sirkuit Road Race Berskala Nasional

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 Oktober 2018 - 16:40 WIB

Balap Motor (Foto Pikiran Rakyat_
Balap Motor (Foto Pikiran Rakyat_

INDUSTRY.co.id - Cianjur- Pemkab Cianjur, Jawa Barat, menargetkan tahun depan sudah memiliki sirkuit road race berskala nasional yang memiliki luas 8,6 hektar.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Cianjur, Yudi Ferdiana di Cianjur Selasa (16/10/2018) mengatakan pembangunannya dibagi dalam beberapa tahap.

"Tahap pertama dananya dialokasikan sebesar Rp3,782 miliar dari APBD Perubahan 2018, dengan lokasi di Kampung Ciharashas, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku," katanya.

Pembangunannya difokuskan di jalur lintasan sepanjang 1,2 kilometer dengan target tuntas selama 70 hari kerja dan akan dilanjutkan dengan tahapan pembangunan lain yang dianggarkan tahun 2019.  Sehingga tahun 2019, target pembangunan sudah tercapai seratus persen sebagai bukti keseriusan pemkab untuk membangun sirkuit road race berskala nasional.

"Awalnya pembangunan sirkuit road race akan dilaksanakan di Kecamatan Mande bersamaan pembangunan sport center, namun terkendala administrasi pertanahan yang belum selesai.

Sehingga sirkuit road race dialihkan ke Kecamatan Cilaku dengan dalih keberadaan sirkuit road race sangat dibutuhkan untuk menyalurkan hobi anak muda Cianjur yang cukup tinggi.

"Sejak awal Desember 2017, sudah direncanakan pembangunan sport center di Kecamatan Mande termasuk di dalamnya ada sirkuit road race. Tapi karena kebutuhan mendesak, kami segerakan dengan lokasi berbeda," katanya. 

Sirkuit road race di Kecamatan Cilaku, memiliki lebar lintasan trek lurus sekitar 200 meter dan trek berkelok-kelok lebarnya sekitar 6 meter, sehingga tidak menutup ke depan akan dikembangkan berskala Internasional.

Sedangkan terkait nama, pihaknya masih mencari nama yang cocok untuk sirkuit road race tersebut, namun ditargetkan tahun depan sirkuit sudah dapat digunakan untuk berbagai kejuaraan.

 

Pihaknya berharap keberadaan sirkuit tersebut dapat menghasilkan hal poisitif termasuk mencetak atlet balap atau bidang otomotif lainnya dari Cianjur.

 

"Target lainnya pariwisata dan ekonomi di Cianjur dapat lebih meningkat seiring dengan banyaknya event otomotif di Cianjur," katanya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…