Sempat Tak Dapat Restu Orang Tua, Yudha Fajrin si Pedagang Satay Kini Sukses di Dunia Bisnis Indonesia

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Oktober 2018 - 18:05 WIB

Yudha Fajrin pendiri sekaligus pemilik PT Kato Kuliner Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Yudha Fajrin pendiri sekaligus pemilik PT Kato Kuliner Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Mulai berbisnis sejak usia 15 tahun, Yudha Fajrin, pria kelahiran Palembang 5 Maret 1988 yang merupakan pemilik dari Satay Kato dan beberapa produk dengan brand Kato mengaku tak pernah kapok untuk berbisnis. 

Pria yang memulai bisnisnya dari jual beli handphone second, kemudian merambah ke bisnis kaos sablon, batik, instagram management dan beberapa jenis lainnya yakin bahwa bisnis adalah passion-nya. 

Meski tak mendapat dukungan dari orang tua, Yudha yakin menjadi seorang pengusaha jauh lebih memiliki kepuasan tersendiri daripada menjadi karyawan. 

Sempat menjadi seorang karyawan di beberapa perusahaan besar, Yudha merasa bahwa apa yang dikerjakannya di kantor hanyalah untuk membesarkan perusahaan orang lain. Sementara tenaga dan pikirannya ia habiskan untuk bekerja di perusahaan tersebut. 

"Saya yang bekerja, tetapi yang besar perusahaan orang. Kenapa saya tidak coba membuat perusahaan sendiri. Memang tidak ada gengsinya, dan orang tua sulit untuk mengungkapkan ke orang lain ketika dapat pertanyaan tentang pekerjaan anak. Tetapi, saya akan buktikan," kata Yudha saat ditemui Industry.co.id di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Hingga saat ini, Yudha mengaku bahwa orang tuanya masih sering mengatakan bekerja di kantor itu 'enak'. Risiko kerugian masih menjadi kekhawatiran orang tuanya. Namun, tak pernah terpengaruh, Yudha yang berpendirian kuat tetap yakin untuk menjadi seorang pengusaha sukses di hari esok.

Menurutnya, seluruh bisnis di dunia ini pasti ada pasarnya, tinggal bagaimana kita bisa menggapainya. Permasalahannya, lanjut Yudha, tinggal bagaimana kita yakin untuk dapat menggapai market tersebut. 

"Untuk menggapai pasar yang kita tuju, harus punya brand, Dan brand itu harus punya karakter, dan tidak bisa dinegosiasi. Itu kunci awal saya dalam memulai bisnis," tetangnya. 

Selain itu, menurut Yudha, risiko dan keuntungan yang didapatkan dari berbisnis masih lebih besar keuntungannya. Sementara teori ekonomi yang mengatakan, semakin tinggi risiko, keuntungan semakin besar (high risk, high return) mampu ia patahkan.

Baginya, Satay Kato merupakan salah satu bisnisnya yang kecil risiko dan besar keuntungan. Bahkan, ia juga sempat mengalami aksi premanisme ketika berjualan satay. Namun, Yudha dengan tekad yang kuat tidak pernah gentar, apalagi putus asa dalam berbisnis. 

"Sekarang semua bergantung bagaimana membuat produk dan membuat marketing message. Bukan bagaiaman kita menjalankan bisnis. Tetapi, bagaimana kita melihat bisnisnya. Semua kembali ke bagaimana sudut pandang kita. Tidak perlu mendengarkan saran orang yang tidak berbisnis," tegas Yudha. 

Kecanduannya dalam berbisnis, membuat Yudha selalu semangat untuk berekspansi dengan menambah produk dan memjangkau pasar yang lebih luas. Produk yang juga sedang dan akan digarapnya, antara lain Kato Kopi, Kato Katsu, Properti Kato House, Kato Clothing, dan Kato Steak. Namun saat ini, Yudha fokus untuk membesarkan Satay Kato dengan sistem franchise-nya yang sudah sangat banyak permintaan, baik dari kota-kota besar di Jawa maupun di luar pulau Jawa. 

Saat memulai usaha bisnis kuliner bernama Satay Kato pada 20 Agustus 2016, Yudha Fajrin merogoh kocek sebanyak Rp30 juta. Uang tersebut jadi modal awal berdagang sate dengan gerobak kaki lima yang digelar di  Kemang, Jakarta Selatan.

Modal Rp30 juta dialokasikan untuk gaji karyawan dan sewa tempat selama 3 bulan di  Kemang. Satay Kato digelar dengan tenda gerobakan dan 4 buah kursi, Yudha memasak sendiri dan dibantu 2 karyawan. Setiap hari sate selalu habis. Harga Satay Kato murah meriah hanya Rp20.000 per porsi. 

"Saya awalnya berbisnis bertiga tapi karena ada perbedaan sudut pandang, akhirnya saya jalankan sendiri. Hingga saat ini Satay Kato sudah mempunyai 27 cabang di seluruh Indonesia, dari 27 cabang tersebut, 6 punya saya (Yudha) dan sisanya franchise. Untuk omzet sekitar Rp2-2,5 juta per hari per outlet," tegas pria yang hobi masak ini. 

Menurut Yudha, karakteristik brand itu penting. Dari pertama kali buka, dirinya menegaskan bukan menyajikan Sate Taichan, tapi Satay Pedas Kato. Perbedaannya yakni, Sate Taichan menggunakan daging ayam bagian dada, sementara Kato menggunakan bagian paha.
 
Sambal Taichan mentah, sedangkan Satay Kato sambal matang. Sate Taichan belum diberikan bumbu. Sedangkan Satay Kato, satenya sudah diberi bumbu jadi tanpa sambal sudah memiliki rasa.

Lebih lanjut, Yudha menuturkan, market bukanlah suatu tantangan besar, melainkan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi tantangan besar buat saya untuk berbisnis.

"Saat ini karyawan satu konter itu 4-5 orang, jika ditotal secara keseluruhan mencapai 135 orang," imbuhnya. 

Pria lulusan Fakuktas Ekonomi Managenemt Universitas Trisakti ini yakin akan tumbuh Yudha-Yudha baru di luar sana yang lebih sukses dari pada dirinya. Asalkan, mereka memulai bisnisnya dengan tidak menperhitungkan untung atau rugi nya saja, tetapi mengedepankan prinsip 'Jangan Perhitungan dan Jangan Takut Gagal'. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…