Sail Indonesia Momentum Benahi Industri Pariwisata di Kalteng

Oleh : Herry Barus | Selasa, 16 Oktober 2018 - 16:09 WIB

Wisata Kapal Layar (Foto ist)
Wisata Kapal Layar (Foto ist)

INDUSTRY.co.id - Palangka Raya- Kedatangan para turis mancanegara yang menjadi peserta "Wonderful Sail To Indonesia" beberapa waktu lalu ke Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah merupakan momentum mengevaluasi sekaligus membenahi berbagai objek pariwisata di provinsi ini.

"Keluhan dari para turis yang telah datang itu harus diinventarisasi secara serius sebagai modal untuk melakukan pembenahan di kemudian hari," kata Anggota DPRD Kalteng Jubair Arifin, di Palangka Raya, Selasa.(16/10/2018)

Menurut Jubair sedangkan apa yang sudah disukai para turis tersebut, harus lebih diperbaiki dan ditingkatkan lagi. Jadi, singgahnya peserta Wonderful Sail to Indonesia juga berdampak pada semakin membaiknya pariwisata di daerah ini.

Potensi pariwisata di Kabupaten Kotawaringin Barat relatif lengkap, karena ada wisata bahari, religi, alam atau hutan, budaya serta sejarah. Hal ini menjadi peluang dalam mendatangkan wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Saya menilai tepat langkah Pemerintah Pusat mengarahkan peserta Wonderful Sail To Indonesia 2018 singgah ke Kabupaten Kotawaringin Barat. Hanya, langkah tersebut tetap harus ditindaklanjuti pemerintah daerah mengevaluas, serta melakukan pembenahan, agar kedepannya semakin baik," katanya.

Dia mengatakan perlu dipahami bahwa sektor pariwisata itu membawa dampak yang luarbiasa bagi meningkatnya kesejahteraan masyarakat, terbukanya lapangan pekerjaan, dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Itu kenapa perlu ada upaya serius dalam meningkatkan sarana dan prasarana pariwisata," kata Menurut Anggota Komisi A DPRD Kalteng itu.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Agus H Purnomo seperti dilansir Antara menyebut, Kabupaten Kotawaringin Barat layak menjadi destinasi wisata hutan dunia, karena memiliki hutan lindung yang luasnya mencapai 500 ribu hektare serta dihuni beragam flora dan fauna.

Pemerintah Pusat bersama Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi Kalteng serta Kabupaten Kobar sangat perlu bersinergi, agar destinasi wisata hutan dunia dapat direalisasikan.

"Saya sudah mempromosikan kepada para Yachter wonderful sail to Indonesia 2018, bahwa Pangkalan Bun, Kabupaten Kobar, akan menjadi destinasi baru yang namanya Rain Forest Destination," kata Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…