Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Manchester United (MU)
Manchester United (MU)

INDUSTRY.co.id - Manchester, Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.

Dikutip dari The Sun, Selasa (16/10/2018), putra Raja Salman itu siap mengembalikan The Red Devils menjadi penantang serius Manchester City yang saat ini dimiliki oleh salah satu anggota keluarga Kerajaan Uni Emirat Arab, Syeikh Mansour bin Zayid.

Belakangan prestasi The Citizens lebih mentereng dibandingkan rival sekotanya yang mulai meredup.

Kendati demikian, keluarga Glazer yang menguasai Manchester United sejak 2005 dilaporkan tidak tertarik menjual klub. Namun, sumber Sky Sports menyebut, negosiasi berpeluang terjadi asalkan tawaran yang diajukan oleh Pangeran Saudi itu lebih dari 4 miliar dolar AS.

Angka tersebut dinilai tidak seberapa karena kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi hampir mencapai 1 triliun dolar AS.

Keluarga kaya asal Amerika Serikat (AS) tersebut diketahui memiliki 97 persen saham Manchester United. Dengan begitu, setiap tawaran bisnis yang bertujuan untuk mengakuisisi klub harus melalui keluarga Glazer.

Malcolm Glazer yang wafat pada tahun 2014 diketahui mengakuisisi Manchester United senilai 790 juta dolar AS. Saat itu, mayoritas dana pembelian berasal dari utang. Hal ini membuat utang Manchester United hingga Juni 2018 masih bertahan di kisaran 487 juta dolar AS meski pendapatan terus tumbuh hingga 590 juta dolar AS.

Saat ini, klub dengan gelar terbanyak Liga Inggris itu dikendalikan oleh anaknya, Avram dan Joel Glazer dengan Ed Woodward yang bertindak sebagai CEO Manchester United.

Nilai kapitalisasi pasar Manchester United yang diperdagangkan di bursa New York saat ini sekitar 3,5 miliar dolar AS. Saham klub ini menguat 5,46 persen ke level 22,39 dolar AS pada penutupan perdagangan sore waktu AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…