Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Manchester United (MU)
Manchester United (MU)

INDUSTRY.co.id - Manchester, Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.

Dikutip dari The Sun, Selasa (16/10/2018), putra Raja Salman itu siap mengembalikan The Red Devils menjadi penantang serius Manchester City yang saat ini dimiliki oleh salah satu anggota keluarga Kerajaan Uni Emirat Arab, Syeikh Mansour bin Zayid.

Belakangan prestasi The Citizens lebih mentereng dibandingkan rival sekotanya yang mulai meredup.

Kendati demikian, keluarga Glazer yang menguasai Manchester United sejak 2005 dilaporkan tidak tertarik menjual klub. Namun, sumber Sky Sports menyebut, negosiasi berpeluang terjadi asalkan tawaran yang diajukan oleh Pangeran Saudi itu lebih dari 4 miliar dolar AS.

Angka tersebut dinilai tidak seberapa karena kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi hampir mencapai 1 triliun dolar AS.

Keluarga kaya asal Amerika Serikat (AS) tersebut diketahui memiliki 97 persen saham Manchester United. Dengan begitu, setiap tawaran bisnis yang bertujuan untuk mengakuisisi klub harus melalui keluarga Glazer.

Malcolm Glazer yang wafat pada tahun 2014 diketahui mengakuisisi Manchester United senilai 790 juta dolar AS. Saat itu, mayoritas dana pembelian berasal dari utang. Hal ini membuat utang Manchester United hingga Juni 2018 masih bertahan di kisaran 487 juta dolar AS meski pendapatan terus tumbuh hingga 590 juta dolar AS.

Saat ini, klub dengan gelar terbanyak Liga Inggris itu dikendalikan oleh anaknya, Avram dan Joel Glazer dengan Ed Woodward yang bertindak sebagai CEO Manchester United.

Nilai kapitalisasi pasar Manchester United yang diperdagangkan di bursa New York saat ini sekitar 3,5 miliar dolar AS. Saham klub ini menguat 5,46 persen ke level 22,39 dolar AS pada penutupan perdagangan sore waktu AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.