Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Manchester United (MU)
Manchester United (MU)

INDUSTRY.co.id - Manchester, Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.

Dikutip dari The Sun, Selasa (16/10/2018), putra Raja Salman itu siap mengembalikan The Red Devils menjadi penantang serius Manchester City yang saat ini dimiliki oleh salah satu anggota keluarga Kerajaan Uni Emirat Arab, Syeikh Mansour bin Zayid.

Belakangan prestasi The Citizens lebih mentereng dibandingkan rival sekotanya yang mulai meredup.

Kendati demikian, keluarga Glazer yang menguasai Manchester United sejak 2005 dilaporkan tidak tertarik menjual klub. Namun, sumber Sky Sports menyebut, negosiasi berpeluang terjadi asalkan tawaran yang diajukan oleh Pangeran Saudi itu lebih dari 4 miliar dolar AS.

Angka tersebut dinilai tidak seberapa karena kekayaan keluarga Kerajaan Arab Saudi hampir mencapai 1 triliun dolar AS.

Keluarga kaya asal Amerika Serikat (AS) tersebut diketahui memiliki 97 persen saham Manchester United. Dengan begitu, setiap tawaran bisnis yang bertujuan untuk mengakuisisi klub harus melalui keluarga Glazer.

Malcolm Glazer yang wafat pada tahun 2014 diketahui mengakuisisi Manchester United senilai 790 juta dolar AS. Saat itu, mayoritas dana pembelian berasal dari utang. Hal ini membuat utang Manchester United hingga Juni 2018 masih bertahan di kisaran 487 juta dolar AS meski pendapatan terus tumbuh hingga 590 juta dolar AS.

Saat ini, klub dengan gelar terbanyak Liga Inggris itu dikendalikan oleh anaknya, Avram dan Joel Glazer dengan Ed Woodward yang bertindak sebagai CEO Manchester United.

Nilai kapitalisasi pasar Manchester United yang diperdagangkan di bursa New York saat ini sekitar 3,5 miliar dolar AS. Saham klub ini menguat 5,46 persen ke level 22,39 dolar AS pada penutupan perdagangan sore waktu AS.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).