Semangat Tinggi GenPI Tanjungpinang Iringi Peluncuran Pasar Warisan

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Oktober 2018 - 10:15 WIB

Launching Destinasi Digital Pasar Warisan di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau (Foto:Kemenpar)
Launching Destinasi Digital Pasar Warisan di Pulau Penyengat, Kepulauan Riau (Foto:Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Pulau Penyengat, Semangat tinggi ditunjukkan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri). Meski sempat di guyur hujan, launching destinasi digital Pasar Warisan di Pulau Penyengat, akhi pekan lalu, berjalan sukses.

Semangat anak-anak GenPI, menular ke Wakil Walikota Tanjungpinang Rahma. Wakil Walikota Tanjungpinang ini meresmikan langsung destinasi digital tersebut. Rahma juga bersemangat berkeliling pasar. Ia pun mencicip berbagai kuliner khas Pasar Warisan.

“Ini bagus. Pasar Warisan semakin melengkapi destinasi yang ada di Pulau Penyengat. Semoga pasar ini dapat menjadi destinasi wisata digital yang menjadi tujuan wisata lokal dan luar Kota Tanjungpinang yang berkunjung ke Pulau Penyengat," ungkap Rahma.

Menurutnya, kehadiran Pasar Warisan memiliki nilai tinggi. Karena berada di Pulau Penyengat. Pulau ini sedang dalam proses menjadi cagar budaya warisan dunia. Menurut Rahma, Pemerintah Kota Tanjungpinang sedang mempersiapkan Pulau Penyengat menjadi Kota Pusaka.

“Kami terus berusaha dengan mengikuti tahapannya yang sudah di mulai sehingga kedepan Pulau Penyengat dapat lebih baik lagi. Apalagi kini ada GenPI. Saya yakin pariwisata di Kota Tanjungpinang dapat maju dan berkembang dengan baik,” ujar Rahma.

Pasar Warisan memang semakin mewarnai destinasi Pulau Penyengat. Tampil menarik, destinasi digital ini memberikan nuasa milenial yang berbalut manis dengan kentalnya budaya Melayu.

Spot-spotnya pun banyak. Semuanya  menarik untuk dieksplorasi. Apalagi spot selfienya. Dijamin pas untuk memenuhi time line sosmed kamu. Apa lagi pasar ini tepat berada di Bukit Kursi. Pemandangannya ciamik. Salah satunya spot selfie yang mengarah langsung ke lautan. Spot ini makin kece dengan background pemandangan dari Gunung Bintan. 

Pasar ini juga memiliki spot Laman Warisan Permainan Budak Melayu. Spot yang pas untuk bernostalgia dengan beragam permainan tradisonal masa kecil. 

"Pokoknya Pasar Warisan kita buat seseru mungkin. Atraksinya juga selalu kita modifikasi serta perbaharui. Sehingga wisatawan makin betah," Ungkap Raja Farul selaku Koordinator GenPi Tanjungpinang.

Konsep besar mengedepankan seni budaya Melayu semakin terlihat di spot Laman Warisan Seni Budaya. Di spot ini pengunjung akan diajak untuk belajar dan memahami budaya Melayu. 

Beragam pertunjukan seni budaya Melayu selalu dihadirkan setiap minggunya di spot ini. Seperti halnya dalam launching kali ini. Penampilan Tari Sekapur Sirih begitu lugas di tampilkan para gadis Pulau Penyengat.

"Disini Pengunjung juga dapat menyewa pakaian Melayu sebagai aksesoris untuk berfoto. Biar sah telah berkunjung ke Pulau Penyengat," imbuhnya lagi.

Konsep pasar pun terekam manis dengan deretan lapak penjual kuliner serta cindramata khas Tanah Melayu. Kulinernya super lengkap. Rasanya dijamin maknyus. Begitu juga dengan pernak-pernik cindramatanya. Semuanya bagus. Harganya dijamin tak membuat kantong bolong. Pasalnya seluruh kuliner dan cindramatanya dibuat langsung oleh masyarakat sekitar.

"Tujuan kami pasar ini tidak hanya melengkapi destinasi Pulau Penyengat, tetapi juga memberikan manfaat lebih dari segi perekonomian warga sekitar. Kami optimis Pasar Warisan akan semakin baik kedepannya," ungkap Raja Farul.

Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata Don Kardono sangat mengapresiasi semangat dari GenPI dalam menghadirkan destinadi digital. Karena saat ini destinasi wisata yang memiliki banyak spot instagramble kian diincar oleh para wisatawan terutama kaum milenia. Di mana gaya hidup masyarakat dunia kini mencari lokasi wisata yang berbeda dan eksotis.

“Mereka (wisatawan) suka tempat yang bisa berfoto ria dan layak dimedsoskan, sedangkan differentiating-nya harus instagramable, dan branding-nya, Kids Zaman Now,” kata Don Kardono.

Menurut Don, Indonesia memiliki potensi alam yang begitu indah juga kaya akan budaya yang tersebar luas dari ujung Timur hingga Barat. "Dengan demikian, untuk bisa mengikuti gaya hidup masyarakat, Kemenpar bersama GenPI memanfaatkan media sosial untuk menciptakan destinasi wisata digital," imbuh Don.

Apresiasi pun juga di berikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Menpar mengatakan, sebagai serdadu digital langkah GenPI telah banyak mengangkat pariwisata Indonesia. Karena destinasi digital memberikan warna baru dalam pariwisata Indonesia. Dimana hanya Indonesia saja yang memiliki destinasi digital. 

"Kita mesti bangga kita menjadi negara pertama di dunia yang memiliki destinasi digital. Apalagi ini adalah kreasinya anak-anak muda yang peduli dengan pariwisata, yaitu GenPI. Maju terus pariwisata Indonesia. Salam Pesona Indonesia. GenPI! Gasss!," ucap Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.