Jangkau Pedagang Kecil, Akseleran Bidik 700 Warung Pintar

Oleh : Hariyanto | Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:25 WIB

Ivan Nikolas Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran bersama Andri Madian, Chief Marketing Officer Akseleran di Warung Pintar, Jakarta.
Ivan Nikolas Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran bersama Andri Madian, Chief Marketing Officer Akseleran di Warung Pintar, Jakarta.

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Roda bisnis PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) mulai bergerak menjangkau para pedagang kecil usai berkolaborasi dengan Warung Pintar. 

Dengan kolaborasi ini, Akseleran berpotensi untuk mendukung lebih dari 700 mitra Warung Pintar untuk memperoleh pembiayaan modal usaha produktif mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar.

Ivan Nikolas Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran, mengatakan bahwa kolaborasi dengan Warung Pintar tetap tidak akan mengubah model bisnis Akseleran yang tetap mengusung pembiayaan usaha produktif. 

Namun, kata Ivan, jumlah pembiayaan yang disalurkan oleh Akseleran akan bergerak ke mikro karena disesuaikan dengan kemampuan dari mitra Warung Pintar.

“Tujuan kami karena ingin membantu para pedagang kecil yang merupakan mitra dari Warung Pintar agar mereka dapat membeli persediaan dagang untuk warungnya tanpa terkendala modal. Fasilitas pembiayaan yang Akseleran berikan mulai dari Rp1 juta hingga Rp2 miliar, tergantung dari total purchase order selama setahun yang dimiliki oleh masing-masing Warung Pintar,” ujar Ivan di Jakarta, Senin (15/10/2018). 


Menurutnya, keberadaan Akseleran di tengah-tengah masyarakat saat ini semakin berperan untuk mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas karena tidak saja memberikan kemudahan akses pembiayaan modal usaha kepada para pelaku usaha kelas menengah ke atas, melainkan juga kepada para pelaku usaha kecil.

 “Biasanya pembiayaan usaha mikro seperti ini sangat berisiko. Namun, dalam skema dengan Warung Pintar, rekam jejak transaksi pembelian inventory tercatat secara digital dan dana pencairan pinjaman hanya dapat digunakan untuk membeli inventory dalam ekosistem Warung Pintar sehingga kita dapat memitigasi risiko kredit secara substansial,”ungkap Ivan.

Andri Madian, Chief Marketing Officer Akseleran, menjelaskan melalui tambahan kolaborasi ini akan semakin memperkuat perusahaan untuk dapat merealisasikan total target pembiayaan sebesar Rp1 triliun hingga 31 Desember 2019. Adapun dari target tersebut, Andri menyampaikan, sebesar Rp200 miliar diantaranya akan berasal dari total pembiayaan pada akhir tahun 2018.

“Akseleran siap memfasilitasi pembiayaan modal usaha kepada lebih dari 700 mitra Warung Pintar yang tersebar di wilayah Jadetabek. Sementara, hingga pertengahan Oktober ini, Akseleran sudah menyalurkan total pembiayaan sebesar Rp135 miliar kepada 295 pinjaman dengan lebih dari 49 ribu lender,” tambah Andri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.