LKPI : Pilgub DKI Akan Berlangsung Dua Putaran

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 15 Februari 2017 - 14:46 WIB

 Direktur Riset LKPI, Tatak Ujiyati (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)
Direktur Riset LKPI, Tatak Ujiyati (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Paslon Pilkada Anies -Sandi mengungguli dua Paslon lain dengan perolehan 31,05 persen. Tempat kedua ditempati Paslon Basuki - Djarot dengan 20.30 persen  sedangkan Agus-Syilvi  meraih 15.73 persen. Hasil tersebut merupakan exit poll Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI).

"Sementara suara Rahasia sebanyak 32.93%. Bila suara Rahasia ini  di distribusikan secara normal ke masing-masing paslon, maka besar kemungkinan Pilkada berlangsung dua putaran, dengan Paslon Anies- Sandi berhadapan dengan Paslon Basuki-Djarot," kata Direktur Riset LKPI Tatak Ujiyati di hotel Sofyan, Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Menurutnya, Anies-Sandi didukung oleh pemitih pemula dibawah usia 24 tahun (36.4%), pelajar (47.3%) dan PNS (41,7%).

Tatak juga menyebutkan bahwa pasangan Anies-Sandi didukung penuh oleh kalangan Muhammadiyah (50%) dan mereka yang mengaku sebagai orang NU (37.2%). Tiga suku terbesar di Jakarta yaitu Betawi, Jawa dan Sunda juga lebih banyak mendukung paslon Anies-Sandi.

Sementara itu paslon Basuki-Djarot didukung oleh mereka yang berpendapatan tinggi diatas RP 10 juta per bulan (42.1%) dan beragama non lslam (60%). Basuki-Djarot juga didukung penuh oleh suku Tionghoa (77.1%) dan Batak (55%).

Bagaimana dengan dukungan partai pengusung? Lebih dari separuh pemilih PDlP mendukung Pasangan Basuki-Djarot (54.2%). Sementara itu pasangan Anies-Sandi didukung oleh mayoritas pemilih dari PAN (33.3%), Partai Demokrat (41.7%), Golkar (29.2%), PKB (40%), selain dukungan penuh dari partai pendukungnya yaitu Gerindra (69.2%) dan PKS (51.7%).

Menurut ahli strategi dan komunikasi politik yang juga Direktur Eksekutif LKPI, Dendi Susianto, kemenangan paslon Anies-Sandi dan Basuki-Djarot ini bukan merupakan sesuatu yang mengejutkan.

Dalam satu bulan terakhir ini nampak bahwa tingkat elektabilitas kedua paslon ini cenderung meningkat sementara paslon Agus-Sylvi cenderung turun.

Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI) merupakan sebuah lembaga survei independen yang berdiri sejak tahun 2005. Pada tahun 2011 LKPI mendaftarkan diri sebagai badan hukum dibawah PT Riset Sosial Indonesia.

Sampai saat ini LKPI telah melakukan berbagai survei, hitung cepat (quick count) dan konsultansi politik di berbagai daerah di Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…