Di ITB Asia, Kemenpar Kumandangkan NTB Sudah Bangkit

Oleh : Ridwan | Senin, 15 Oktober 2018 - 17:40 WIB

Pariwisata Lombok
Pariwisata Lombok

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Misi besar diusung Wonderful Indonesia di ITB Asia. Branding internasional milik Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu akan menegaskan ke dunia internasional jika pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah pulih. ITB Asia akan berlangsung di Singapura, 17-19 Oktober 2018.

ITB Asia merupakan travel trade show terbesar dan terkemuka di Asia. Itulah juga yang menjadi alasan Kemenpar akan membawa misi ganda. Target utama tetap promosi dan selling destinasi wisata. Tambahannya, adalah mengangkat kembali destinasi wisata NTB and beyond pasca gempa Lombok.

Tema “NTB Bangkit” dipilih. Tujuannya untuk memperbaiki citra pariwisata NTB. Baik pada kawasan yang terdampak langsung maupun tidak terdampak langsung. Kawasan yang tidak terdampak langsung antara lain Mandalika (Pantai Kuta, Tanjung Aan dan Bukit Merese), Sekotong (Gili Nangu, Gili Sudak, Gili Kedis), Tete Batu, dan Kota Mataram.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh menambahkan, tahun ini Wonderful Indonesia juga berpartisipasi pada Muslim Travel Pavilion di ITB Asia. 

"Kami membawa kabar baik dari NTB. Bahwa, pariwisata NTB sudah pulih. Dan, industri pariwisata akan membawa paket-paket wisata yang tentunya sudah siap untuk ditawarkan kepada para buyers," katanya di Jakarta (15/10/2018).

Muslim Travel Pavilion merupakan showcase produk/jasa pariwisata yang berkaitan dengan destinasi muslim dan halal. 

“Untuk mendukung hal itu, 3 industri pariwisata halal akan difasilitasi untuk menjual destinasi NTB & Beyond,” ungkapnya. 

Upaya menyuarakan NTB Bangkit juga dijajaki Kemenpar melalui Business Meeting para buyers ITB Asia, 18 Oktober 2018. Wonderful Indonesia akan mengundang 150 orang buyers ITB Asia. Mereka diajak untuk menghadiri evening dinner bernuansa tematik Lombok. 

“Khusus untuk business meeting, 7 industri pariwisata perwakilan NTB juga akan hadir. Mereka akan mempresentasikan Paket dan Destinasi Wisata NTB & Beyond saat ini serta Progress Recovery NTB secara keseluruhan,” kata Masruroh yang biasa disapa Iyung.

Pada ITB Asia ke-11 ini Paviliun Indonesia menempati lahan seluas 405 sqm (45 booth). Paviliun Indonesia, kembali akan menonjolkan keunikan dan kemegahan Kapal Phinisi.

Melalui paviliun megah itu, 91 industri dari 15 provinsi di boyong Kemenpar. Semuanya, dipastikan akan all out saat tampil di Marina Bay Sands. 15 Provinsi itu antara lain Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Barat, NTB, NTT, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua dan Bali.

”Event ini akan mempertemukan Seller Indonesia dengan kurang lebih 1.265 buyers internasional. Tidak hanya itu ada juga ribuan delegasi serta pengunjung dari negara-negara lain tidak hanya kawasan Asia saja. Juga akan diliput oleh media internasional,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Selain itu, 4 Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) akan berpartisipasi dalam pameran ini. Mereka adalah Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, Bali dan Kalimantan Barat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memandang ITB Asia 2018 di Singapura sebagai momentum paling potensial. Khususnya untuk menjaring lebih banyak wisatawan. 

“Apalagi, selama ini Singapura merupakan pasar pariwisata utama Indonesia. Melalui event ini, para pelaku industri pariwisata Indonesia dapat memperluas networking dengan buyers potensial dari mancanegara,” jelasnya.

Kementerian Pariwisata mencatat, jumlah wisman asal Singapura ke Indonesia pada 2017 mencapai 1.512.813 wisman. Untuk tahun ini, pada periode Januari – Agustus jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia telah mencapai 1.082.400 wisman. 

Atau, tumbuh sebesar 11,24% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Di tahun 2018 Kemenpar menargetkan mampu menjaring wisman Singapura sebesar 1,67 juta wisman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…