Dalam Waktu Sebulan Andrea Miranda Sukses Tampil Di Opera Ainun dan Konser Tunggal

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 15 Oktober 2018 - 14:25 WIB

Andrea Miranda Live In Concert , Minggu Malam (14/10) Di Djakarta Theater
Andrea Miranda Live In Concert , Minggu Malam (14/10) Di Djakarta Theater

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Luar Biasa! Demikian kata yang tepat untuk menggambarkan sosok penyanyi bersuara sopran. Andrea Miranda. Bayangkan dalam waktu sebulan Andrea sukses tampil di dua konser besar sekaligus. Tanggal 14 dan 15 September lalu ia tampil sebagai Ainun di pagelaran Opera Ainun. Saat itu ia tampil 2 kali sehari dengan durasi, 2,5 jam. Dan semalam, Minggu (14/10), Andrea tampil dalam konser tunggal Andrea Miranda Live in Concert selama 2 jam di Djakarta Theatre.

Di hadapan undangan khusus yang disponsori oleh pengusaha Benny Suherman, Andrea secara prima melantunkan lagu-lagu dari berbagai Teater atau Opera kelas dunia. Di buka dengan lagu yang diambil dari cuplikan film The Sound Of Music, Andrea sudah menunjukkan kelasnya sebagai satu satunya penyanyi musikal teater terbaik saat ini.

Range Vokal yang begitu luas, membuat wanita kelahiran Bandung tahun 1986 silam, dengan leluasa meliuk-liukkan setiap nada sesuai dengan jiwa lagu yang dibawakan. Ada yang bernada gembira, ada yang penuh semangat, ada yang syahdu, dan ada yang membawa penonton kembali ke masa-masa silam.

“Saya seperti menonton opera di Broadway, “ ujar Kepra alias Prasetyo mantan pembawa acara dan juga direktur program TVRI.

Lain lagi dengan komentar Vina Panduwinata, “Duh itu anak luar biasa sekali. Saya merasa bukan penyanyi kalau lihat Andrea tampil kayak malam ini,” kata Vina yang beberapa kali memberikan standing aplaus saat Andrea usai membawakan nomor nomor lagu yang tergolong sulit.

Andrea malam itu membawakan lagu yang dicuplik dari teater Phantom of The Opera berjudul Wishing You Were Somehow Here Again . Ia juga sempat duet dengan Jessica J  untuk lagu For Good. Dan berduet dengan Reno untuk lagu All I Ask Of You. Selain lagu yang populer semacam Never Enough dan I Was Here.

Dia juga  membawakan karya dari albumnya sendiri di tahun 2015 yang dibantu oleh Purwa Caraka Music Studio Choir berjudul Mereka Tahu Namaku. Lagu lainnya yang diambil dari albumnya adalah Kalau Memang Kamu dan Suara Hati Seorang Kekasih

Dea tampil bersama dengan Purwa  Caraka Orchestra dengan konduktor ayahnya sendiri Purwa Caraka. Dengan  37 orang musisi  yang merupakan perpaduan musisi senior dan junior  memberikan tontonan musik terbaik yang bisa dinikmati 300 an orang yang hadir semalam. Di antaranya Dirut TVRI Helmy Yahya, Ani Sumadi, Agum Gumelar, Hayono Isman, Deddy Panigoro, Inggrid Widjanarko, Didi AGP, Netta Kusuma Dewi, Karlina Damiri, Trie Utami, dan masih banyak lagi.

Ketertarikan wanita yang akrab disapa Dea ini di dunia musik mulai muncul sejak menempuh pendidikan di Jurusan Musik di Universitas Pelita Harapan. Setahun kemudian, ia mengambil kursus singkat di Berklee Collage of Music, Amerika.

“Banyak yang bertanya kepada saya, mengapa memilih jalur musikal teater yang industrinya belum tumbuh di Indonesia. Banyak yang bilang kenapa tidak jadi penyanyi pop yang mudah terkenal dan mendatangkan uang. Saya katakan bahwa saya sudah terlanjur mencintai musikal teater. Salah satunya karena di sini saya bisa memainkan aneka peran,” kata Dea yang sudah pernah tampil dalam berbagai opera anak-anak dan dewasa di Jakarta.  

Ia menambahkan, ketika pertama kali jadi penyanyi musikal teater, ia sudah langsung jatuh cinta dan ingin leboh mendalami. Itu sebabnya ia mengambil kursus singkat di Berklee College of Music di Amerika. “Sekembalinya dari kursus singkat itu, saya makin yakin dengan pilihan saya. Kebetulan papa sangat mendukung dan bersedia menjadi mentor untuk musiknya, “ tambah Dea.

Sesudah pertunjukan semalam seorang atase sebuah negara sudah menawarkan Dea untuk tampil di Singapura bulan depan. Tentu saja itu tawaran yang tidak main main. Dan Andrea Miranda yakin bisa menaklukan salah satu kota tempat digelarnya opera-opera berskala Internasional. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…