Sukses Dengan Rhino X-Triathlon, Tanjung Lesung Kembali Jadi Lokasi Gelaran Sport Tourism

Oleh : Hariyanto | Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:33 WIB

Gelaran Trail Adventure di Tanjung Lesung
Gelaran Trail Adventure di Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Banten - Setelah sukses dengan gelaran Rhino X-Triathlon pada akhir September lalu, Tanjung Lesung kembali menjadi lokasi gelaran sport tourism. Kali ini, giliran ribuan motor menikmati alam Tanjung Lesung dalam acara Trail Adventure, Sabtu (13/10/2018).

Trail Adventure 2018 ini diikuti oleh 2.000 peserta yang sebagian besar berasal dari anggota TNI dan selebihnya kota-kota sekitar Pandeglang. Wisata Trail Adventure ini berjarak 92 Km yang melewati 4 desa dari 2 kecamatan di Tanjung Lesung.

Dikutip dari presidenpost.id, Acara tahunan tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT TNI ke 73 dan juga memperingati hari jadi perusahaan listrik BUMN, Indonesia Power.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman, Dandim Pandeglang Kol. Info. Fitriana Nur Heru, Kadispar Propinsi Banten Eneng Nurcahyati, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo.

“Animo peserta di acara ini sangat tinggi. Hal ini menunjukkan para off-roaders sejati ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ikatan dengan TNI khususnya di wilayah korem 04.” kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman dalam sambutanya.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini dan saya ingin kegiatan ini dijadikan agenda rutin tahunan, khususnya di wilayah Banten,” tambahnya.

Dia berharap, jika gelaran ini natinya sudah menjadi rutin, acara ini bisa digelar lebih besar di tahun-tahun selanjutnya dan harus bersinergi dengan pemerintah daerah.

Ditempat yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku sangat bangga dengan acara ini, dimana merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Pandenglang.

“Saya dan Pak Purnomo tidak bisa membangun ini semua sendirian. Pak Purnomo yang membangun di dalam kawasan, saya yang meng-explore pariwisata di luar kawasan.” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat 250 obyek potensi wisata di Pandeglang. Beliau juga berterimakasih kepada pihak TNI yang sudah menunjuk Pandeglang sebagai lokasi acara peringatan HUT TNI.

Usai melepas peserta, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo berharap, dengan adanya kegiatan kegiatan ini, Tanjung Lesung sebagai 10 Destinasi Pariwisata Baru mampu memberikan kontribusinya dalam peningkatan kunjungan wisatawan.

“Kegiatan ini berskala nasional tapi kami masih targetkan kepada para peserta yang berasal dari kota-kota sekitar Tanjung Lesung untuk bersama-sama meningkatkan sport tourism ini,” ungkapnya menanggapi asal peserta Wisata Trail Adventure ini.

Purnomo memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Tanjung Lesung di tahun ini dapat mencapai 600 ribu hingga 800 ribu karena berkembangnya homestay di sekitar luar kawasan dan Kampung Wisata Cikadu yang sudah siap menerima wisatawan.

“Infrastruktur sudah berkembang dengan baik sehingga wisatawan juga terlayani dengan baik. Jalurnya juga aman, nyaman, dan SDM-nya kita kembangkan dari sisi pendidikannya, kerajinannya, keramahannya, dan kulinernya sehingga masyarakat Tanjung Lesung bisa merasakan kemajuannya bersamaan kita,” tambahnya.

Jalur trail yang dilalui peserta cukup menantang dan terjal, membuat banyak yang terjatuh ketika melewatinya. Masyarakat pun banyak yang turut serta menyaksikan dan menyemangati melihat pagelaran tahunan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia