Sukses Dengan Rhino X-Triathlon, Tanjung Lesung Kembali Jadi Lokasi Gelaran Sport Tourism

Oleh : Hariyanto | Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:33 WIB

Gelaran Trail Adventure di Tanjung Lesung
Gelaran Trail Adventure di Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Banten - Setelah sukses dengan gelaran Rhino X-Triathlon pada akhir September lalu, Tanjung Lesung kembali menjadi lokasi gelaran sport tourism. Kali ini, giliran ribuan motor menikmati alam Tanjung Lesung dalam acara Trail Adventure, Sabtu (13/10/2018).

Trail Adventure 2018 ini diikuti oleh 2.000 peserta yang sebagian besar berasal dari anggota TNI dan selebihnya kota-kota sekitar Pandeglang. Wisata Trail Adventure ini berjarak 92 Km yang melewati 4 desa dari 2 kecamatan di Tanjung Lesung.

Dikutip dari presidenpost.id, Acara tahunan tersebut diselenggarakan dalam rangka HUT TNI ke 73 dan juga memperingati hari jadi perusahaan listrik BUMN, Indonesia Power.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman, Dandim Pandeglang Kol. Info. Fitriana Nur Heru, Kadispar Propinsi Banten Eneng Nurcahyati, Bupati Pandeglang Irna Narulita, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo.

“Animo peserta di acara ini sangat tinggi. Hal ini menunjukkan para off-roaders sejati ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ikatan dengan TNI khususnya di wilayah korem 04.” kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyaman dalam sambutanya.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini dan saya ingin kegiatan ini dijadikan agenda rutin tahunan, khususnya di wilayah Banten,” tambahnya.

Dia berharap, jika gelaran ini natinya sudah menjadi rutin, acara ini bisa digelar lebih besar di tahun-tahun selanjutnya dan harus bersinergi dengan pemerintah daerah.

Ditempat yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengaku sangat bangga dengan acara ini, dimana merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Pandenglang.

“Saya dan Pak Purnomo tidak bisa membangun ini semua sendirian. Pak Purnomo yang membangun di dalam kawasan, saya yang meng-explore pariwisata di luar kawasan.” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat 250 obyek potensi wisata di Pandeglang. Beliau juga berterimakasih kepada pihak TNI yang sudah menunjuk Pandeglang sebagai lokasi acara peringatan HUT TNI.

Usai melepas peserta, Presiden Direktur PT Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo berharap, dengan adanya kegiatan kegiatan ini, Tanjung Lesung sebagai 10 Destinasi Pariwisata Baru mampu memberikan kontribusinya dalam peningkatan kunjungan wisatawan.

“Kegiatan ini berskala nasional tapi kami masih targetkan kepada para peserta yang berasal dari kota-kota sekitar Tanjung Lesung untuk bersama-sama meningkatkan sport tourism ini,” ungkapnya menanggapi asal peserta Wisata Trail Adventure ini.

Purnomo memprediksi kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Tanjung Lesung di tahun ini dapat mencapai 600 ribu hingga 800 ribu karena berkembangnya homestay di sekitar luar kawasan dan Kampung Wisata Cikadu yang sudah siap menerima wisatawan.

“Infrastruktur sudah berkembang dengan baik sehingga wisatawan juga terlayani dengan baik. Jalurnya juga aman, nyaman, dan SDM-nya kita kembangkan dari sisi pendidikannya, kerajinannya, keramahannya, dan kulinernya sehingga masyarakat Tanjung Lesung bisa merasakan kemajuannya bersamaan kita,” tambahnya.

Jalur trail yang dilalui peserta cukup menantang dan terjal, membuat banyak yang terjatuh ketika melewatinya. Masyarakat pun banyak yang turut serta menyaksikan dan menyemangati melihat pagelaran tahunan tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).