Bos Bank Dunia Minder Dengar Pidato Jokowi

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 Oktober 2018 - 18:50 WIB

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Annual Meetings IMF-World Bank Group di Nusa Dua, Bali (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Annual Meetings IMF-World Bank Group di Nusa Dua, Bali (Foto: Setkab)

INDUSTRY.co.id - Nusa Dua, Presiden Joko Widodo kembali mencuri perhatian saat berpidato di forum internasional dengan menggunakan simbol. Dia memakai metafora serial televisi AS "Game of Thrones" untuk menjelaskan ekonomi global.

Presiden Bank Dunia Kim Yong Jim memuji pidato Jokowi saat memberikan sambutan dalam pertemuan tahunan IMF-WB 2018. Kim yang berpidato setelah Jokowi menyebut orang nomor satu RI itu menyiapkan pidatonya dengan sangat baik.

"Saya harus akui ketika mendengar sambutan Presiden Joko Widodo, saya berpikir sebaiknya kita pulang saja, karena tidak bisa memberikan pidato yang baik seperti Mr. Joko Widodo," kata Kim di Bali Nusa Dua Convetion Center, Jumat (12/10/2018).

Tak hanya Kim, Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde juga mengapresiasi pidato Jokowi. Gaya pidato bekas Wali Kota Solo itu disebutnya mengandung pesan yang sangat kuat supaya negara-negara dunia bersatu padu mengatasi masalah bersama.

"Saya berterima kasih kepada Presiden telah menyampaikan pidato yang sangat baik. Kami begitu kurang berhasil untuk menyampaikan yang sama," kata perempuan asal Prancis ini yang berpidato setelah Jokowi dan Kim.

Dalam pidatonya, Jokowi mengingatkan agar seluruh negara bekerja sama untuk mencapai kemakmuran. Dia menyindir negara-negara maju seperti AS dan China yang saling baku hantam dalam perang dagang untuk menjadi yang terhebat tanpa memikirkan nasib negara-negara lain, termasuk emerging market.

Usai berpidato, para peserta IMF-WB yang dihadiri oleh kepala negara, pejabat, pengusaha tersebut memberikan standing applaus hingga Jokowi kembali ke tempat duduknya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto Doc Kementan

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:44 WIB

Hasilkan 20 Triliun dalam 3,5 Tahun, Ekspor Obat Hewan Indonesia Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Dalam kurun waktu 3,5 tahun, ekspor obat hewan telah signifikan mendatangkan devisa negara yang cukup besar. Berdasarkan data Direktorat…

Bambang Tribaroto Corporate Secretary Bank BRI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:00 WIB

BRI-Pemprov Perkuat Sistem Informasi Pertanian di Jawa Tengah.

Bank BRI bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan acara puncak perayaan Hari Tani 2018 yang dilaksanakan di Alun-alun Bung Karno, Kabupaten Ungaran, Jawa Tengah Sabtu (20/10/2018).…

Garuda-Polri Sepakat Kemitraan Strategis Layanan Jasa Penerbangan (Foto Dok Garuda Indonesia)

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Garuda-Polri Sepakat Kemitraan Strategis Layanan Jasa Penerbangan

Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Jumat (19/10/2018) melakukan penandatanganan nota kesepahaman perpanjangan komitmen kemitraan strategis…

Taufik Hidayat, Direktur Utama PT. PP Properti Tbk (Dok. Industry)

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 17:00 WIB

PT PP Bukukan Kontrak Baru Rp32,45 Triliun

PT PP (Persero) Tbk, perusahaan konstruksi dan investasi di Indonesia berhasil membukukan kontrak baru Rp32,45 triliun sampai akhir September 2018, naik 1,5 persen dibanding periode yang sama…

Ilustrasi Pertamina EP

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 16:30 WIB

Pertamina EP Capai Produksi 102 Persen

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) mencatat pencapaian produksi minyak PT Pertamina EP Asset 3 sebesar 12.408 BOPD atau 102 persen dari target 2018 sebesar 12.138 BOPD.