Paket "Jogja Heboh" Bakal Semarakan Pariwisata Yogyakarta

Oleh : Irvan AF | Rabu, 15 Februari 2017 - 06:30 WIB

Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)
Yogyakarta. (John Eik III/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menggencarkan pemasaran paket Jogja Heboh melalui berbagai sarana untuk mendongkrak okupansi hotel.

"Pemasaran mulai kami gencarkan baik di berbagai pusat informasi pariwissta hingga maskapai penerbangan," kata ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro di Yogyakarta, Selasa (14/2/2017).

Sejak pertama diluncurkan pada akhir Januari 2017 hingga pertengahan Februari, dia mengakui belum banyak wisatawan yang tertarik membeli paket itu. "Sampai sekarang belum banyak dan masih perlu promosi," kata dia.

Menurut dia, paket wisata murah hasil kerja sama Dinas Pariwisata DIY, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DIY, serta sejumlah maskapai penerbangan itu akan menyasar wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Namun untuk tahap awal kami utamakan menyasar wisatawan domestik," kata dia.

Menurut Istijab, sejak awal Januari 2017 hingga saat ini rata-rata okupansi atau tingkat hunian kamar hotel baik berbintang atau nonbintang (melati) di DIY masih berkisar 30-40 persen. Persentase itu merosot tajam dari masa liburan Natal dan Tahun Baru lalu yang mampu menyentuh 100 persen.

Dengan paket itu, ia optimistis okupansi mampu naik mencapai 60-70 persen setelah paket itu diluncurkan.

Sebanyak 28 hotel yang bergabung dalam paket itu akan menawarkan diskon hingga 60 persen. Adapun biro perjalanan akan memberikan paket perjalanan murah.

Menurut dia, 28 hotel yang mengikuti paket murah itu antara lain Hotel The Cube, Hotel Pesona Malioboro, Gallery Prawirotaman, Grand Zuri, Hotel Abadai, Hotel Tentrem, Hotel Prima, Hotel Prayogo, Villa Kali Opak, Hotel Neo Awana.

Kemudian, Hotel Hom Platinum, Hotel Nueve, Hotel Cakra Kembang, Hotel Student, Hotel Cavinton, Hotel Rosalia, Ros In, De Laxton, Hotel Jojakarta Plaza, Hotel fave Kotabaru, Hotel 101, Hotel Quin Colombo, Hotel Ruba Graha, Hotel Zest, Hotel Horison, LPP Convention, LPP Garden, serta Atrium Resort Yogyakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…