Pemprov Babel Panen Perdana Padi Demplot M 400

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:39 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Toboali- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer melakukan panen perdana padi Demplot M400 tahun 2018 di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Rabu.(10/10/2018)

"Hari ini saya bersama gubernur dan forkopimda melaksanakan panen perdana pada Demplot M400. Padi ini memiliki kualitas yang bagus," kata Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Bangka Selatan terus berupaya berbenah dan berusaha meningkatkan pembangunan di segala sektor, dan pada priode 2016-2021 menitikberatkan pada pengembangan kawasan industri berbasis agro dan minapolitan.

Pengembangan kawasan berbasis agro dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun wilayah yang menjadi sentra agropolitan agar terus berkembang.

Dengan demikian, produksi hasil pertanian di wilayah tersebut dapat terserap dan bisa didistribusikan ke wilayah luat Bangka Selatan mau pun daerah lain di Babel.

Ia mengatakan, areal persawahan yang ada di Bangka Selatan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang lumayan siginifikan.

Pada 2016 tercatat luas tanaman padi sawah di Bangka Selatan sekitar 5.320 hektar dengan produktifitas 3.015 ton, ditambah dengan padi ladang seluas 1.018 hektare dengan produksi mencapai 1,751 ton, sehingga secara keseluruhan produksi padi mencapai 178.247 ton yang setara dengan 9.504 ton beras.

"Dengan jumlah produksi yang ada, ini berarti bisa memenuhi 44,77 persen dari kebutuhan beras Kabupaten Bangka Selatan sebesar 21.230 ton. Khusus Desa Rias sudah tercetak seluas 2.372 hektar dan sekarang yang kami lakukan panen perdana ini, " katanya kepada Antara.

Selain itu kata dia, dengan terus meningkatnya areal persawahan dan produktivitas hasil pertanian swasembada beras di Bangka Selatan sudah didepan mata.

Oleh karena itu, dengan potensi luasan sawah tersebut, seluruh petani diminta dapat mengoptimalkan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Bangka Selatan dengan cara bersama-sama menyukseskan peningkatan produksi melalui kegiatan gerak tanam serentak.

"Pemerintah daerah dan pusat terus berusaha meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pertanian, seperti alat dan mesin pertanian, jalan usaha tani, irigasi serta peningkatan kapasitas aparatur penyuluh pertanian untuk mengembangkan usaha taninya," katanya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengapresiasi semangat dan kinerja petani Desa Rias, Toboali dan meminta agar petani tetap menggunakan bibit M 400 yang sudah terbukti kualitasnya.

"Beberapa waktu yang lalu kami terus mengikuti perkembangannya. Dan ini sudah ke empat kalinya kami berkunjung kesini mulai dari waktu nanam kemarin. Dan alhamdulillah, ini menunjukkan hasil yg luar biasa. Untuk bibit yang di bantu sepakat kita M 400," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Kisah Sukses Pengrajin Songket Pandai Sikek

Annual Meeting IMF WB 2018 di Nusa Dua Bali, menjadi momen tepat untuk para pelaku UMKM memamerkan produk berkualitasnya yang banyak mengusung karya seni dan kerajinan tangan khas Indonesia.…

PT Sri Rejeki Isman Tbk

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:48 WIB

Depresiasi Rupiah Kerek Penjualan Ekspor Sri Rejeki Isman

Kondisi tersebut membuat manajemen SRIL berkeinginan untuk meningkatkan porsi ekspor berkisar 56% hingga 58% sampai akhir tahun 2018.

Produk Minuman PT Delta Djakarta (ist)

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:12 WIB

Dampak Depresiasi Rupiah, Delta Djakarta Berupaya Kendalikan Biaya Produksi

Produsen minuman beralkohol PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) berupaya untuk menjaga biaya produksi. Pasalnya, bahan baku pembuatan minuman ini masih mengandalkan impor, seperti malt. Sementara,…

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 17:48 WIB

Tingkatkan Branding, GMF AeroAsia Jalin Kemitraan Strategis Dengan Perusahaan MRO Asal Eropa

Kolaborasi ini dirancang untuk mengembangkan dan meningkatkan sistem kualitas serta kapabilitas GMF serta untuk memperkuat posisi AFI KLM E & M di Asia.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 17:45 WIB

Rupiah Senin Sore Ditransaksikan Antarbank di Jakarta Rp15.237

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (15/10/2018) bergerak melemah sebesar 42 poin menjadi Rp15.237 dibandingkan posisi sebelumnya Rp15.195…