Pemprov Babel Panen Perdana Padi Demplot M 400

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:39 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Toboali- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer melakukan panen perdana padi Demplot M400 tahun 2018 di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Rabu.(10/10/2018)

"Hari ini saya bersama gubernur dan forkopimda melaksanakan panen perdana pada Demplot M400. Padi ini memiliki kualitas yang bagus," kata Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Bangka Selatan terus berupaya berbenah dan berusaha meningkatkan pembangunan di segala sektor, dan pada priode 2016-2021 menitikberatkan pada pengembangan kawasan industri berbasis agro dan minapolitan.

Pengembangan kawasan berbasis agro dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun wilayah yang menjadi sentra agropolitan agar terus berkembang.

Dengan demikian, produksi hasil pertanian di wilayah tersebut dapat terserap dan bisa didistribusikan ke wilayah luat Bangka Selatan mau pun daerah lain di Babel.

Ia mengatakan, areal persawahan yang ada di Bangka Selatan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang lumayan siginifikan.

Pada 2016 tercatat luas tanaman padi sawah di Bangka Selatan sekitar 5.320 hektar dengan produktifitas 3.015 ton, ditambah dengan padi ladang seluas 1.018 hektare dengan produksi mencapai 1,751 ton, sehingga secara keseluruhan produksi padi mencapai 178.247 ton yang setara dengan 9.504 ton beras.

"Dengan jumlah produksi yang ada, ini berarti bisa memenuhi 44,77 persen dari kebutuhan beras Kabupaten Bangka Selatan sebesar 21.230 ton. Khusus Desa Rias sudah tercetak seluas 2.372 hektar dan sekarang yang kami lakukan panen perdana ini, " katanya kepada Antara.

Selain itu kata dia, dengan terus meningkatnya areal persawahan dan produktivitas hasil pertanian swasembada beras di Bangka Selatan sudah didepan mata.

Oleh karena itu, dengan potensi luasan sawah tersebut, seluruh petani diminta dapat mengoptimalkan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Bangka Selatan dengan cara bersama-sama menyukseskan peningkatan produksi melalui kegiatan gerak tanam serentak.

"Pemerintah daerah dan pusat terus berusaha meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pertanian, seperti alat dan mesin pertanian, jalan usaha tani, irigasi serta peningkatan kapasitas aparatur penyuluh pertanian untuk mengembangkan usaha taninya," katanya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengapresiasi semangat dan kinerja petani Desa Rias, Toboali dan meminta agar petani tetap menggunakan bibit M 400 yang sudah terbukti kualitasnya.

"Beberapa waktu yang lalu kami terus mengikuti perkembangannya. Dan ini sudah ke empat kalinya kami berkunjung kesini mulai dari waktu nanam kemarin. Dan alhamdulillah, ini menunjukkan hasil yg luar biasa. Untuk bibit yang di bantu sepakat kita M 400," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.