Pemprov Babel Panen Perdana Padi Demplot M 400

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:39 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Toboali- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer melakukan panen perdana padi Demplot M400 tahun 2018 di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Rabu.(10/10/2018)

"Hari ini saya bersama gubernur dan forkopimda melaksanakan panen perdana pada Demplot M400. Padi ini memiliki kualitas yang bagus," kata Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Bangka Selatan terus berupaya berbenah dan berusaha meningkatkan pembangunan di segala sektor, dan pada priode 2016-2021 menitikberatkan pada pengembangan kawasan industri berbasis agro dan minapolitan.

Pengembangan kawasan berbasis agro dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun wilayah yang menjadi sentra agropolitan agar terus berkembang.

Dengan demikian, produksi hasil pertanian di wilayah tersebut dapat terserap dan bisa didistribusikan ke wilayah luat Bangka Selatan mau pun daerah lain di Babel.

Ia mengatakan, areal persawahan yang ada di Bangka Selatan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang lumayan siginifikan.

Pada 2016 tercatat luas tanaman padi sawah di Bangka Selatan sekitar 5.320 hektar dengan produktifitas 3.015 ton, ditambah dengan padi ladang seluas 1.018 hektare dengan produksi mencapai 1,751 ton, sehingga secara keseluruhan produksi padi mencapai 178.247 ton yang setara dengan 9.504 ton beras.

"Dengan jumlah produksi yang ada, ini berarti bisa memenuhi 44,77 persen dari kebutuhan beras Kabupaten Bangka Selatan sebesar 21.230 ton. Khusus Desa Rias sudah tercetak seluas 2.372 hektar dan sekarang yang kami lakukan panen perdana ini, " katanya kepada Antara.

Selain itu kata dia, dengan terus meningkatnya areal persawahan dan produktivitas hasil pertanian swasembada beras di Bangka Selatan sudah didepan mata.

Oleh karena itu, dengan potensi luasan sawah tersebut, seluruh petani diminta dapat mengoptimalkan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Bangka Selatan dengan cara bersama-sama menyukseskan peningkatan produksi melalui kegiatan gerak tanam serentak.

"Pemerintah daerah dan pusat terus berusaha meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pertanian, seperti alat dan mesin pertanian, jalan usaha tani, irigasi serta peningkatan kapasitas aparatur penyuluh pertanian untuk mengembangkan usaha taninya," katanya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengapresiasi semangat dan kinerja petani Desa Rias, Toboali dan meminta agar petani tetap menggunakan bibit M 400 yang sudah terbukti kualitasnya.

"Beberapa waktu yang lalu kami terus mengikuti perkembangannya. Dan ini sudah ke empat kalinya kami berkunjung kesini mulai dari waktu nanam kemarin. Dan alhamdulillah, ini menunjukkan hasil yg luar biasa. Untuk bibit yang di bantu sepakat kita M 400," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…