Bupati Bone Bersyukur Petani Panen Tiga Kali

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:33 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gorontalo- Bupati Bone Bolango, Hamim Pou bersyukur petani padi di daerah tersebut mampu melakukan panen sebanyak tiga kali dalam satu tahun.

"Saat para petani sudah mulai memanen padi. Apalagi sudah disepakati untuk musim tanam dan panen padi sudah didorong menjadi tiga kali dalam setahun," ujar Hmim saat panen padi bersama di lahan persawahan milik petani di Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur, Rabu (10/10/2018)

Ia menjelaskan tahun ini petani melakukan penanaman padi untuk ketiga kalinya pada akhir Oktober 2018. Biasanya sulit sekali mengajak para petani ini kompak untuk menanam.

"Semoga dengan kekompakan kita semua dengan mendorong musim tanam dan panen tiga kali dalam setahun, Insya Allah produktivitas padi sawah kita akan lebih baik dan akan meningkat," ucapnya.

Hamim mengungkapkan kebijakannya setahun harus tiga kali tanam dan panen ini, harus dilaksanakan, tidak boleh tidak.

"Kita punya irigasi maupun pengairan yang bagus, ada penyuluh, ada benih, ada pupuk dan lain sebagainya. Ditambah lagi ada dukungan dari kawan-kawan kita dari TNI maupun Polri," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf Allan Surya Lesmana mengatakan, keberadaan TNI ditengah-tengah para petani merupakan bagian dari upaya pendampingan terhadap para petani.

Menurut dia, TNI berupaya semaksimal mungkin untuk membantu para kelompok tani dan pemerintah daerah untuk memacu proses percepatan maupun upaya khusus agar musim tanam dan panen padi yang sebelumnya dua kali dalam setahun, itu bisa tiga kali tanam dan panen.

"Produksi padi itu bisa meningkat seiring dengan upaya yang kita lakukan bersama-sama. Olehnya itu, mari kita bersama-sama untuk meningkatkan produksi padi di daerah ini, dengan mendorong musim tanam dan panen tiga kali dalam setahun, sebagaimana yang diharapkan oleh pak Bupati Hamim Pou," jelasnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) Roswaty Agus kepada Antara mengatakan, di tahun 2018 ini sudah bisa melakukan tiga kali tanam padi, yakni pertama dilakukan pada bulan Februari 2018, kedua pada bulan Juni 2018, dan ketiga akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 ini.

Olehnya itu, ia berharap setelah panen padi kali ini, pihaknya berharap dukungan dan bantuan dari TNI agar supaya setelah di panen, para petani segera melakukan pengolahan sawah, untuk segera dilakukan penanaman berikutnya.

"Kami sudah berkoordinasi dengan provinsi, Insya Allah untuk jadwal hambur tanam berikutnya atau ketiga kalinya di tahun 2018 ini. Akhir bulan Oktober ini kita rencanakan untuk melakukan penanaman bersamaan dengan Kota Gorontalo. Dengan tetap memperhatikan pertanian yang ramah lingkungan, "kata Roswaty Agus

Di sisi lain, Roswaty menyebutkan sebagaimana hasil ubinan maupun penghitungan produktivas oleh penyuluh pertanian. Untuk produktivitas padi pada lahan yang dilakukan panen bersama, itu menghasilkan satu hektar sekitar 5,4 ton. Dibandingkan tahun kemarin hanya mencapai 5,2 ton per hektarnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Kemenperin)

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:10 WIB

Insentif Super Deductible Tax Segera Dapat Dinikmati

Pemerintah segera merealisasikan skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:45 WIB

Ekspor dan Investasi Manufaktur Terus Dikebut

Pemerintah sedang memprioritaskan peningkatan investasi dan ekspor guna memperbaiki struktur perekonomian nasional. Dua faktor tersebut, juga menjadi kunci untuk memacu daya saing Indonesia…

Sekjen Kemenperin Haris Munandar saat pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:15 WIB

Songsong Industri Keempat, Kemenperin Lantik Sejumlah ASN Milenial

Kementerian Perindustrian fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, termasuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial yang kompeten…

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan…

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan…