Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Oktober 2018 - 13:19 WIB

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)
Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Nusa Dua- Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde terkesan dengan pameran Paviliun Indonesia sebagai bagian dari serangkaian pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Nusa Dua, Bali.

"Bener-benar mengesankan dengan kerajinan, teknologi dan pariwisatanya sangat bagus," katanya kepada awak media  usai mengunjungi dua stan Paviliun Indonesia di areal BICC Westin, Nusa Dua, Rabu (10/10/2018)

Lagarde memasuki "Indonesia Pavilion" sekitar pukul 11.30 WITA didampingi Staf Khusus I Menteri BUMN Sahala Lumban Gaol serta beberapa staf dan petugas keamanan dari IMF.  

Dengan mengenakan busana terusan berwarna biru tua dibalut blazer "endek", kain tenun tradisional khas Bali, mantan Menteri Keuangan Prancis itu serius mengamati satu per satu produk kerajinan dan teknologi Indonesia.

Ia sempat menyimak penjelasan dari petugas terkait industri dirgantara Indonesia dan maket pengembangan pariwisata di Mandalika, Lombok.

Lagarde juga menyempatkan berbicara langsung dengan para pengrajin yang secara langsung cara membuat kerajinan di antaranya kipas Bali, pembatik Lasem dari Rembang dan mengamati proses pembuatan tenun dari NTT.

Wanita 62 tahun itu juga terkesima dengan penampilan seniman dari Kupang, Ivan Pah yang saat itu tengah memetik Sasando, musik tradisional khas NTT tersebut.

Ia bahkan ikut bernyanyi kecil, mengikuti alunan lagu berjudul "Let it be" karya the Beatles yang dibawakan Ivan Pah.

Paviliun Indonesia didirikan serangkaian pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, 8-14 Oktober 2018 untuk menampilkan capaian pembangunan Tanah Air dan potensi UMKM yang ada di Indonesia.

Pameran tersebut diikuti sejumlah BUMN dan melibatkan sekitar 150 usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari 64 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia untuk memamerkan hasil karyanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Judi Achmadi

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:46 WIB

Telkom Dukung Implementasi Uang Elektronik BKE Pay Melalui T-Money

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Sebagai wujud nyata dukungan terhadap implementasi uang elektronik di Indonesia, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menandatangani Perjanjian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat interior All New Ertiga sebelummelepas ekspor perdanake ke 22 negara tujuan ekspor di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Foto: Kemeneprin)

Senin, 22 Oktober 2018 - 17:45 WIB

Lepas Ekspor All New Ertiga dan Nex II, Menperin Acungi Jempol Capaian Gemilang Suzuki

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya kepada PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang ikut berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Bekraf Ajak Talenta Kreatif Indonesia Siapkan Diri Ikuti SXSW 2019

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:38 WIB

Bekraf Sebut Hanya 10 Persen Startup yang Mampu Bertahan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebutkan meski di Indonesia banyak bermunculan perusahaan rintisan (startup), namun diprediksi tak akan banyak yang mampu bertahan.

Kawasan Industri Pulogadung

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:26 WIB

2019, PT JIEP Ajukan Masterplan RDTR Kembangkan Zona Halal

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) selaku pengelola kawasan industri Pulogadung memastikan akan bertransformasi menjadi sebuah kawasan industri halal Pulogadung

Carrefour Lebak Bulus mengubah konsep ritelnya untuk jaring generasi milenial dengan menawarkan konsep gerai Carrefour Hybrid

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:11 WIB

Carrefour Ubah Konsep Ritelnya Jaring Generasi Milenial

PT Trans Ritel Indonesia selaku pengelola ritel Carrefour Lebak Bulus menyadari betul gelombang disrupsi dan e-commerce. Sebab itu, pihaknya memulai berbenah diri dengan menawarkan konsep Hybrid…