Dongkrak KPR, BRI Syariah Sasar Generasi Milenial

Oleh : Wiyanto | Kamis, 11 Oktober 2018 - 07:51 WIB

BRI Syariah
BRI Syariah

INDUSTRY.co.id

JAKARTA, 10 OKT 2018 -- Memiliki rumah adalah idaman setiap orang. Namun, kenyataannya, membeli rumah tidak semudah yang dibayangkan apalagi jika penghasilan pas-pasan. Di sisi lain, harga rumah terutama di perkotaan seringkali tidak terjangkau, terutama oleh generasi milenial atau mereka yang lahir pada rentang tahun 1981-1994.

Dengan adanya generasi milenial tinggal di kota, kebutuhan primer mereka adalah tempat tinggal. Tempat tinggal yang sekarang ini dibangun di tengah kota-kota besar ternyata sangat mahal dibandingkan dengan gaji yang diperoleh generasi milenial.

Sulitnya mencari rumah dirasakan oleh Irwan, salah seorang officer muda yang bekerja di Industri Finansial di Jakarta. Irwan juga salah satu keluarga muda yang telah menikah dan dikarunia seorang anak. Istrinya juga bekerja. Sebagai keluarga muda, Irwan tak ingin terus menerus tinggal di rumah mertua. Apalagi di rumah mertuanya Irwan hanya diberikan 1 kamar yang tentunya kurang cukup untuk tinggal bagi dia dan keluarganya. Ada keinginan pada diri Irwan untuk memiliki rumah sendiri. Tidak sedikit keluarga muda seperti Irwan yang bermimpi atau tengah mewujudkan mimpinya untuk punya rumah sendiri.

Ia menuturkan kesulitannya dalam membeli rumah di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Apalagi pada masa sekarang ini, kebutuhan dan nilai rumah kian terus meningkat. Ia memutuskan untuk mengumpulkan uang muka dan mencari bank yang bersedia memberikan pembiayaan.

Irwan akhirnya memilih bank syariah menimbang kepastian cicilan KPR yang diberikan. Seperti yang kita ketahui bank syariah memiliki sistem pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) berbeda dengan bank konvensional. Hal tersebut sudah jelas karena akad yang digunakan lebih pasti.

Akad yang pertama adalah akad jual-beli (murabahah), akad sewa beli atau IMBT (Ijarah Muntahiyah BiTamlik) dan akad berbagai porsi kepemilikan atau MMQ (Musyarakah Mutanaqishah) yang tentunya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Akhir tahun ini PT Bank BRIsyariah Tbk atau BRIsyariah sebagai salah satu bank syariah ritel modern terkemuka di Indonesia, yang akan memasuki usia satu dasawarsa, memberikan margin spesial 10% untuk pembiayaan KPR. Program Super10 berlaku untuk KPR yang disetujui mulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2018.

Griya Faedah BRIsyariah iB bisa menyesuaikan kebutuhan nasabah seperti membantu memenuhi kebutuhan membeli rumah baru, refinancing atau pembiayaan ulang maupun take over pembiayaan perumahan dan top up dengan tambahan dana untuk memenuhi kebutuhan konsumtif barang atau jasa lainnya.

Tahun ini BRIsyariah memperoleh penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 kategori Bank KPR Syariah terbaik. BRIsyariah dianggap sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital atau internet.

'"Lebih dari 1/3 pembiayaan konsumer BRIsyariah per September 2018 didominasi oleh KPR, kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara atas penghargaan ini. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayakan pembiayaan KPR-nya melalui BRIsyariah," tutur Indriati Tri Handayani selaku Sekretaris Perusahaan BRIsyariah.

"BRIsyariah bisa memberikan pembiayaan KPR dengan cicilan murah. Persyaratan dan prosesnya pun mudah bagi seluruh lapisan masyarakat. Kedepannya, kami akan terus berinovasi dan menawarkan produk-produk bank syariah yang sama bagusnya, sama lengkapnya, dan sama modernnya dengan bank konvensional," tutup Indri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto Doc Kementan

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 20:44 WIB

Hasilkan 20 Triliun dalam 3,5 Tahun, Ekspor Obat Hewan Indonesia Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Dalam kurun waktu 3,5 tahun, ekspor obat hewan telah signifikan mendatangkan devisa negara yang cukup besar. Berdasarkan data Direktorat…

Garuda-Polri Sepakat Kemitraan Strategis Layanan Jasa Penerbangan (Foto Dok Garuda Indonesia)

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Garuda-Polri Sepakat Kemitraan Strategis Layanan Jasa Penerbangan

Maskapai nasional Garuda Indonesia bersama dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), Jumat (19/10/2018) melakukan penandatanganan nota kesepahaman perpanjangan komitmen kemitraan strategis…

Taufik Hidayat, Direktur Utama PT. PP Properti Tbk (Dok. Industry)

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 17:00 WIB

PT PP Bukukan Kontrak Baru Rp32,45 Triliun

PT PP (Persero) Tbk, perusahaan konstruksi dan investasi di Indonesia berhasil membukukan kontrak baru Rp32,45 triliun sampai akhir September 2018, naik 1,5 persen dibanding periode yang sama…

Ilustrasi Pertamina EP

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 16:30 WIB

Pertamina EP Capai Produksi 102 Persen

PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) mencatat pencapaian produksi minyak PT Pertamina EP Asset 3 sebesar 12.408 BOPD atau 102 persen dari target 2018 sebesar 12.138 BOPD.

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 Oktober 2018 - 16:00 WIB

Garuda Indonesia Layani Rute Jember-Surabaya Jatim

Penerbangan Garuda Indonesia rute Jember-Surabaya di Jawa Timur pulang pergi dari Bandara Notohadinegoro Jember menuju Bandara Juanda Surabaya kembali beroperasi pada Jumat (19/10/2018)