Terapkan Industri 4.0, Inilah Lima Sektor Industri yang Akan Go Global

Oleh : Ridwan | Rabu, 10 Oktober 2018 - 19:25 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara pada Forum Tri Hita Karana (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menjadi pembicara pada Forum Tri Hita Karana (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Bali, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0 telah menetapkan lima sektor manufaktur yang menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri keempat Tanah Air. 

Kelima sektor itu adalah industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian, industri otomotif, industri kimia, dan industri elektronika. 

“Dengan industri 4.0, sektor makanan dan minuman kita bisa kompetitif di Asean dan go global. Kita ingin membangun pusat inovasi dengan menggandeng Jepang dan Australia untuk peningkatan kualitas produk, layanan serta smart packaging, termasuk juga membuat standarisasi. Dan, Bali bisa jadi hub untuk innovation center di sektor ini," ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Bali, Rabu (10/10/2018).

Sementara itu, industri otomotif ditargetkan mampu memproduksi mobil sebanyak dua juta unit per tahun dan terjadi peningkatan utilitas sebesar 70 persen.

"Beberapa industri otomotif kita sudah piloting industri 4.0. Saat ini, Indonesia dan Thailand menjadi pemain otomotif terbesar di Asean," imbuhnya.

Untuk industri tekstil dan produk tekstil, terang Airlangga, Indonesia adalah salah satu negara terbesar eksportir bersama Vietnam dan Bangladesh.

"Tetapi kita sudah meningkat ke level value chain yang lebih tinggi. Industri kita sudah produksi beberapa fashion product dan 3D printing or cutting. Saat ini banyak masyarakat kita yang bekerja di pabrik tekstil, pakaian, dan alas kaki. Ini menjadi sektor padat karya dan berorientasi ekspor," jelas Airlangga.

Di samping itu, Indonesia tengah berupaya mengembangkan biofarmasi dan kimia. "Apalagi, Indonesia ada program BPJS yang mencakup 170 juta peserta, serta punya data yang spesifik untuk penyakit spesifik. Kalau ditambah dengan artificial intelligent dan data analisis, kita bisa riset untuk kesehatan dan penyediaan jasa di sektor ini," lanjutnya.

Menperin menambahkan, pengembangan ekonomi digital di Indonesia cukup potesial, apalagi saat ini sudah memiliki empat startup yang mencapai status unicorn, yaitu Go-Jek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia.

"Diproyeksi pada tahun-tahun mendatang akan ada startup lain yang juga mencapai status unicorn," ungkapnya.

Selain menjadi tujuan utama untuk investasi, Indonesia juga dipilih oleh beberapa perusahaan global untuk membangun inovasinya seperti Apple.

"Kita jadi satu-satunya negara di Asia yang memiliki Akademi Pengembang Apple. Saat ini sudah ada di Tangerang, dan dua kota lagi akan dibangun," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…