MICE-Wisman Dorong Permintaan Produk IKM Sulut

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Oktober 2018 - 10:59 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id - Manado- Meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE) dan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang meningkat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mendorong permintaan produk industri kecil menengah (IKM) juga naik signifikan.

"Meningkatnya permintaan pasar produk lokal, mendorong IKM untuk meningkatkan kapasitas produksi," kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Alwy Pontoh di Manado, Selasa (9/10/2018)

Dia mengatakan faktor yang terkait terjadi permintaan pasar produk lokal dipengaruhi oleh banyaknya kegiatan nasional dan internasional yakni MICE dilaksanakan di Manado.

Selain itu juga, katanya, banyaknya kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Juga saat ini permintaan produk lokal di marketplace dan online lainnya cukup tinggi," kata Alwy seperti dilansir Antara.

Untuk menjawab permintaan pasar khususnya produk lokal salah satunya adalah IKM didorong untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Menurutnya dalam rangka membantu peningkatan kapasitas produksi pelaku usaha IKM pangan dan souvenir, adanya sinergitas program dan kegiatan antara stakeholder terkait dlm rangka membantu IKM dlm pengikatan kapasitas produksinya.

Antara lain menambah modal usaha, bantuan mesin peralatan, dan pengemasan produk yang premium.

Seperti yang dikatakan salah satu pelaku usaha Ansye Lucas, owner IKM Brilliant yang ada di Manado, banyaknya permintaan kapasitas produksi dari Toko Oleh-oleh di Manado, Pasar Online dan Toko2 Retail seperti Fresh Mart, Transmart, Hypermart dll, menurutnya ada ekstra budget dalam memenuhi permintaan tersebut.

Senada juga dikatakan Andre Palit owner MIENS Souvenir salah satu toko oleh-oleh di Manado mengakui saat ini banyaknya permintaan pasar produk pangan dan souvenir di tokonya.

Sehingga Andre mengharapkan para supplier untuk meningkatkan kapasitas produksi.

"Dengan adanya permintaan pasar produk lokal secara otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.