Siloam Hospitals Lippo Village Dilengkapi Heart Failure Clinic

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Februari 2017 - 18:34 WIB

Rumah Sakit Siloam(Foto:okezone)
Rumah Sakit Siloam(Foto:okezone)

INDUSTRY.co.id - Karawaci- Siloam Hospitals Lippo Village  saat ini dilengkapi klinik khusus penanganan pasien dengan diagnose dan tanda-tanda gagal jantung secara terpadu. Klinik yang dikenal sebagai Heart Failure Clinic ini hadir untuk menekan angka morbiditas dan mortalitas gagal jantung yang meningkat secara signifikan, terutama di wilayah Banten.

Siloam Heart Clinic hadir untuk memberikan panduan apa yang harus dilakukan setelah terdeteksi memiliki gagal jantung. Beberapa informasi penting yang akan selalu disosialisasikan melalui klinik ini.

CEO Siloam Hospitals Lippo Village, Dr Anastina  Tahjoo, MARS, mengatakan, “Seringkali penderita gagal jantung dan keluarga setelah konsultasi rawat jalan maupun pasca rawat inap, tak sepenuhnya memahami tentang konsekuensi gagal jantung serta bagaimana sebaiknya pengaturan makanan di rumah, olahraga apa yang dilarang dan diperbolehkan, serta bingung dengan fungsi dan cara konsumsi obat-obatan yang telah diberikan.”

Secara umum tujuan dari Heart Failure Clinic ini diantaranya, membantu pasien mewujudkan hidup yang aktif dan berkualitas dengan kondisi gagal ginjal, “Menurunkan frekuensi rawat inap berulang dan menurunkan lama rawat inap, “ ujar Dr Anastina Tahjoo, MARS lebih lanjut, Rabu (14/2/2017)

Gagal jantung merupakan penyakit yang progresif dan kronik, namun pengobatan yang konperhensif dapat membantu pasien merasa lebih baik, tak memerlukan perawatan inap yang lama dan sering tinggal di rumah sakit, meningkatkan kualitas hidup dan memiliki harapan hidup lebih baik. Pasien dapat mengontrol gagal jantung dengan memahami rekomendasi pengobatannya.

Siloam Heart Failure Clinic merupakan klinik yang proaktif dengan pendekatan tim multidisiplin untuk mencegah progresifitas dan  pengobatan komprehensif gagal jantung.

“Siloam Heart Failure Clinic akan membantu pasien gagal jantung untuk hidup lebih nyaman dan berkualitas meskipun mengalami gagal jantung,” jelas Dr,dr. Antonia Anna Lukito, SpJP.

Dikatakan lebih lanjut oleh Dr Antonia, tim Siloam Heart Failure Clinic terdiri dari spesialis jantung pembuluh darah, spesialis rehab medic, spesialis gizi klinis, farmasi klinik, psikolog, tenaga paramedik  terlatih, coordinator klinik dan edukator.

Gagal Jantung

Tubuh manusia tergantung pada jantung dan memompa darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke sel-sel dan organ-organ tubuh. Ketika jantung tidak memompa cukup kuat atau tidak relaksasi dengan normal, maka sel-sel tubuh akan kekurangan oksigen dan nutrisi, kondisi ini dapat menyebabkan jantung semakin lemah. Gagal jantung terjadi ketika jantung melemah dan tidak mampu memompa darah secara efektif.

Gagal jantung merupakan penyakit yang progresif dan kronik, namun pengobatan yang komprehensif dapat membantu pasien merasa lebih baik, tidak memerlukan perawatan inap yang lama dan sering tinggal di rumah sakit, meningkatkan kualitas hidup dan memiliki harapan hidup lebih baik. Pasien dapat mengontrol gagal jantung dengan memahami rekomenasi pengobatanya.

Pasien dengan gagal jantung mungkin mengalami beberapa gejala diantaranya, sesak nafa, mudah lelah, kehilangan nafsu makan, perut tidak nyaman, perut kembung, kaki dan tungkai bengkak dan berat badan meningkat cepat.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…