Dorong Penggunaan Teknologi Blockchain, Kadin Tunggu Kebijakan BI

Oleh : Ridwan | Selasa, 09 Oktober 2018 - 11:45 WIB

Ilustrasi Blockchain
Ilustrasi Blockchain

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan bekerjasama dengan Olifen Global Indonesia menyelenggarakan Blockchain Applications and Economic Forum 2018.

Mengusung tema Business Use Cases For Blockchain Technology To Drive Adoptability, acara tersebut digelar pada 8-10 Oktober 2018 di Hotel Shangrila, Jakarta.

Acara tersebut merupakan upaya Kadin mengedukasi para pelaku usaha terkait potensi penggunaan teknologi blockchain di Indonesia sebagai teknologi masa depan dengan sistem kerja yang transparan, dan efisien.

Blockchain sebagai teknologi dapat diadaptasi dan diterapkan dalam proses bisnis di berbagai sektor industri seperti sektor logistik dan rantai pasok, perbankan, perindustrian, pertanian, energi, e-commerce, trade finance, properti, konstruksi, pemerintahan dan lainnya.

Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Perkebunan Rudyan Kopot melihat teknologi blockchain cukup potensial untuk pengembangan beberapa sektor industri, salah satunya adalah industri perikanan. Hal ini lantaran industri perikanan merupakan bisnis yang berbasis komunitas.

Ia mencontohkan rantai industri perikanan berjenjang dari benih, pemrosesan komoditas mentah, distribusi, hingga industri pendukung. "Jadi ada satu komunitas sendiri," kata Rudyan di Jakarta (9/10/2018).

Namun, tambah Rudyan, untuk mengadopsiblockchain, terutama dalam sistem pembayaran, Kadin masih menunggu kebijakan dari Bank Indonesia (BI) serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu industri juga masih mempelajari teknologi yang relatif baru ini.

"Nanti BI dan OJK yang tentukan itu (legalitasnya)," ujarnya.

Rudyan juga yakin penggunaan blockchain dalam sistem pembayaran relatif aman lantaran sistem berantai membuat deteksi aliran dana diketahui dengan mudah.

Karenanya, ia mendorong regulator untuk bersikap terbuka dan mempelajari cara kerjablockchaindari negara yang telah mengadopsinya sebagai salah satu metode transaksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…