Presiden Jokowi Berharap Iptek Bermanfaat Bangun Bangsa Negara

Oleh : Herry Barus | Senin, 08 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Medan- Presiden Joko Widodo mengatakan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi bertujuan untuk membangun bangsa dan negara agar semakin lebih baik, serta dapat bersaing dengan negara-negara lainnya yang sudah maju.

"Melalui penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bangsa Indonesia akan semakin lebih maju, kuat, serta dapat berkembang," kata Presiden Joko Widodo, saat memberikan orasi ilmiah dalam rangka Dies Natalies Ke- 66 Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Senin (8/10/2018)

Perguruan Tinggi (PT), menurut Presiden, memiliki peranan yang sangat besar untuk melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, selain penelitian-penelitian ilmiah yang dilakukan oleh PT tersebut.

 "Jadi PT harus mampu memberikan terobosan-terobosan baru untuk kemajuan bangsa dan negara dengan membuka fakultas atau jurusan yang sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Jokowi.

Ia mengatakan, fakultas yang membuka jurusan kewirausahaan juga perlu dipikirkan oleh PT, karena masyarakat sangat memerlukan hal itu, untuk membangun perekonomian yang lebih baik dan maju.

Di sinilah peranan PT untuk mendirikan fakultas yang mampu membangun perokonomian yang hebat.

"Kita harus dapat membangun perekonomian dengan cepat agar tidak tertinggal dengan negara-negara lainnya yang perekonomian mereka sudah semakin baik," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi meminta agar tidak ada PT yang sudah berusia hampir 34 tahun namun fakultasnya hanya itu-itu saja, dan tidak ada perubahan atau kemajuan.

Perguruan Tinggi saat ini, harus mampu mengikuti perkembangan zaman, dan jangan sampai tertinggal dengan era globalisasi.

"PT juga dapat membangun Revolusi Industri 4.0 untuk kemajuan bangsa dan negara, serta lebih hebat nantinya dengan Revolusi Industri sebelumnya," kata Presiden Jokowi.

Dalam acara Dies Natalies ke- 66 USU, juga dihadiri oleh Menristekdikti Muhammad Nasir, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmyadi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu,SH, dan undangan lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…