Mudahkan Korban Bencana Sulteng, Ini Tiga Kebijakan Kemenkominfo

Oleh : Ridwan | Sabtu, 06 Oktober 2018 - 10:50 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Foto: Kemenkominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Foto: Kemenkominfo)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Tiga kebijakan diambil Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memudahkan dan membantu masyarakat di wilayah Sulawesi Tengah yang terdampak bencana.

“Kominfo keluarkan beberapa kebijakan terkait bencana di Sulteng. Pertama, kemudahan pemberian izin frekuensi radio sementara, jadi tidak perlu ke KPID, ke KPI dan ke Menteri. Masyarakat bisa manfaatkan radio sebagai sarana komunikasi untuk mencari keluarga, dan melaporkan kondisi. Kedua, karena BTS banyak mati, satu operator dengan operator lain berbeda infrastruktur maka kami perbolehkan kalau ada yang mau roaming, kami tidak memaksa namanya juga emergency, dalam kondisi darurat kita berpikirnya juga harus emergency. Namun harus B to B antara operator yang mau roaming,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Konferensi Pers Update Jaringan Telekomunikasi di Ruang Anantakupa Jakarta (5/10/2018).

Kebijakan lainnya yang diambil adalah diperbolehkannya simcard yang bisa dipakai (ready to use).

“Simcard ready to use ini karena di sana dealer belum tentu ada, nanti diperbolehkan penggunaan simcard tersebut sementara dan berjangka. Simcard ready to use ini nantinya akan menjadi tanggung jawab operator. Jika terjadi masalah criminal makan penelusuran kembali nomor tersebut tetap menjadi tanggung jawab operator,” tambahnya.

Update Jaringan Telekomunikasi Sulawesi Tengah

Sampai hari Jumat (5 Oktober 2018) jumlah BTS yang telah berfungsi mencapai 60%, hal ini dipengaruhi pulihnya sistem jaringan transmisi dan mulai berangsur pulihnya pasokan aliran listrik di Palu.

“Daerah Palu di awal bencana yang beroperasi sekitar 9%  dari total BTS yang ada, sekarang sudah 30%, sigi yang sudah aktif baru 24%, sedangkan untuk Donggala waktu kejadian BTS yang beroperasi hanya 20% sekarang sudah 37%. Secara keseluruhan Sulteng yang tadinya 14% saat kejadian gempa sekarang sudah 60% beroperasi,” jelas Chief RA.

Kenaikan signifikan ini selain dikarenakan mulai lancarnya pasokan listrik juga tidak terlepas  dari kerja keras tim recovery dari ketiga operator seluler dengan dukungan penuh dari tim Direktorat Jenderal Sumber Daya & Perangkat Pos dan Informatika.

Hingga Jumat (5/10), jumlah telepon satelit yg telah didistribusikan ke posko-posko pengungsian berjumlah 64 unit, masing-masing 31 unit di termin pertama dan 33 unit di termin kedua.

Sementara jumlah perangkat internet satelit yg sdh berfungsi di lokasi bencana mencapai 10 unit perangkat yg dipasang di 10 tempat, seperti Posko Utama Korem, Rumah Dinas Gubernur, Kantor Walikota, RS Bhayangkara, RS Wirabuana. Dengan 10 perangkat internet satelit tersebut, warga dapat mengakses internet menggunakan wifi secara gratis.

Terkait banyaknya berita hoaks bencana yang beredar, Menteri Kominfo meminta pihak di Direktorat Aplikasi Infomatika (Aptika) melakukan penyisiran.

“Sejak kejadian gempa, saya minta teman-teman Aptika setiap hari melakukan penyisiran berita hoax terkait bencana. Di satu pihak semua elemen bangsa sedang bantu masyarakat Sulteng, kalau sebar hoaks ini adalah orang yang ngga tahu diri. Tidak ada ampun, kita lakukan crawling, mengais informasi yang bertentangan dengan UU ITE. Masyarakat bisa dilihat berita hoaks terkait bencana di situs Kominfo berikut penjelasan kenapa berita ini hoaks,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…