Siemens Bangun Jaringan Listrik Pembangkit Tenaga Angin di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 05 Oktober 2018 - 10:32 WIB

Siemens Indonesia
Siemens Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Divisi Manajemen Energi Siemens Indonesia menyuplai paket lengkap jaringan listrik bagi Independent Power Producer (IPP) Indonesia, PT Energi Bayu Jeneponto, yang merupakan anak perusahaan dari Vena Energy. 

Paket ini mencakup jaringan transmisi 150kV, 33kV Medium-voltage panel, transformator dan pengintegrasian Substation Automation System (SAS) di PLTA Tolo yang berkapasitas 72-megawatt.

Pembangkit listrik tenaga angin atau bayu (PLTA) ini berlokasi di kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Pembangkit ini mampu menghasilkan daya listrik yang mampu untuk mengaliri listrik ke hampir 150,000 rumah, dan diharapkan dapat mendukung target energi terbarukan Indonesia sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Pembangkit berbasis angin ini, dibangun di atas lahan seluas 60 hektar, didukung oleh 20 unit turbin direct-drive  SWT-3.6-130 dari Siemens Gamesa dan dua unit transformer Siemens masing-masing berkapasitas 45-megavolt amperes (MVA). Nantinya, pembangkit ini akan terhubung dengan jaringan listrik di Sulawesi melalui gardu induk lokal dan jalur transmisi khusus yang memiliki kapasitas sebesar 150 kV.

Dalam proyek ini, lingkup pasokan dari Siemens meliputi tahap desain perencanaan, tahap pengadaan barang dan jasa, dan tahap pelaksanaan konstruksi (EPC) serta tahap operasi dan pemeliharaan (O & M).

"Siemens merasa bangga bisa menjadi bagian dari tonggak penting dalam mewujudkan energi bersih untuk Indonesia," ungkap Andreas Alke, Kepala Divisi Manajemen Energi PT Siemens Indonesia. Daya listrik yang andal merupakan faktor penting dalam stabilitas ekonomi suatu negara dan Siemens membantu mewujudkan stabilitas ini melalui transmisi dan distribusi listrik dengan canggih serta dikelola secara digital.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menerima tambahan daya listrik yang berasal dari sumber energi terbarukan ini dalam waktu sangat singkat yaitu delapan bulan. Siemens menyediakan secara lengkap solusi end-to-end yang dapat diandalkan kepada Independent Power Producer (IPP) PT Energi Bayu Jeneponto. Solusi ini termasuk peralatan seperti kontrol daya dan otomatisasi, koneksi jaringan, transformer, desain perencanaan sistem, dan pengujian operasional (commissioning).

Dalam rangka mendukung program pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW), Pemerintah Indonesia berencana untuk membangun lebih dari 700 transmisi listrik sepanjang 46.500 kilometer dan lebih dari 1.300 gardu listrik dengan kapasitas ratarata 100.000 megavolt amperes (MVA).

Pada 2018, Siemens sebelumnya berhasil melakukan energize atau sinkronisasi enam belas gardu induk tegangan tinggi dengan kapasitas 150kV hingga 500kV di beberapa lokasi di Indonesia seperti Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

 

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…