Mendagri Tjahjo Kumolo Ingatkan Area Rawan Korupsi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Oktober 2018 - 09:30 WIB

Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)
Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Serang- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepala daerah dan aparatur di bawahnya untuk mewaspadai area rawan korupsi.

"Area rawan korupsi tolong dicermati dengan baik, dalam perencanaan anggaran antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan DPRD tolong dirembug dan dibahas dengan baik," kata Mendagri Tjahjo Kumolo pada rapat paripurna DPRD degan agenda peringatan HUT ke-18 Provinsi Banten di Serang, Kamis.

Mendagri mengatakan, perencanaan anggaran harus sesuai dengan mekanisme yang ada dan sesuai dengan kesepakatan yang ada. "Menyerap, menyalurkan aspirasi masyarakat sekecil apapun harus diperjuangkan dengan baik," katanya.

Mendagri mengatakan, saat ini Kementerian Dalam Negeri membolehkan kembali pemberian dana hibah dan bansos. Tapi penyaluran dana hibah dan bansos tersebut harus selektif, tidak boleh di 'mark up' dan jangan dipotong karena itu untuk kepentingan masyarakat.

"Kan enggak enak seorang gubernur, bupati/walikota atau anggota DPRD kalau turun ke bawah enggak bawa sesuatu buat masyarakat. Ini yang kita inginkan tapi tepat sasaran," kata Mendagri.

Mendagri juga mengingatkan kepala daerah agar tidak "main-main" dengan dana BPJS. Mendagri meminta Kepolisian atau Kejaksaan agar menangkap oknum yang memainkan atau memanfaatkan dana BPJS karena itu untuk kepentingan masyarakat.

Arena rawan korupsi lainnya, kata Mendagri, yakni retribusi dan pajak serta mekanisme jual-beli barang dan jasa.

Karena itu, Mendagri meminta kemitraan pemerintah daerah dengan DPRD yang baik dalam menangani dan mewaspadai area rawan korupsi tersebut.

Mendagri mengatakan, selain area rawan korupsi, tantangan dan ancaman bangsa ini adalah terorisme dan radikalisme.

Hal itu membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan aparat keamanan serta seluruh elemen masyarakat terutama para tokoh dan pemuka agama dalam melakukan deteksi dini dan melawan terhadap ancaman terorisme dan radikalisme.

"Narkoba juga menjadi tantangan dan ancaman, karena Sumber Daya Manusia ke depan harus kita amankan. Narkoba adalah juga musuh bangsa." kata Mendagri.

Mendagri menyampaikan selamat HUT ke-18 Provinsi Banten dan berharap kedepan Provinsi Banten yang memiliki letak strategis sebagai penyangga ibu kota Jakarta dan daerah perlintasan antara Lampung dengan Jakarta dan Jawa Barat, harus lebih maju dan modern tanpa mengurangi jati diri sebagai daerah yang memiliki adat dan budaya sebagai masyarakat Banten.

Sehingga kesejahteraan masyarakat Banten juga semakin meningkat dengan kunci utama pembangunan adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat permohonan maaf INDUSTRY.co.id kepda PT Grab Taxi Indonesia

Jumat, 16 November 2018 - 20:56 WIB

Industry.co.id Sampaikan Permohonan Maaf ke Grab Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Portal berita Industry.co.id merupakan portal online terdepan yang memberitakan berbagai isu - isu terkini di dunia industri. Semua pemberitaan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 16 November 2018 - 19:31 WIB

Presiden Jokowi: Masyarakat Merauke Tetap Jaga Kerukunan

Presiden Joko Widodo seusai sholat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kerukunan.

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:05 WIB

Rupiah Jumat Sore Menguat Menjadi Rp14.537

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore, menguat sebesar 128 poin menjadi Rp14.537 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.