Mendagri Tjahjo Kumolo Ingatkan Area Rawan Korupsi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Oktober 2018 - 09:30 WIB

Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)
Mendagri Tjahjo Kumolo (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Serang- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepala daerah dan aparatur di bawahnya untuk mewaspadai area rawan korupsi.

"Area rawan korupsi tolong dicermati dengan baik, dalam perencanaan anggaran antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan DPRD tolong dirembug dan dibahas dengan baik," kata Mendagri Tjahjo Kumolo pada rapat paripurna DPRD degan agenda peringatan HUT ke-18 Provinsi Banten di Serang, Kamis.

Mendagri mengatakan, perencanaan anggaran harus sesuai dengan mekanisme yang ada dan sesuai dengan kesepakatan yang ada. "Menyerap, menyalurkan aspirasi masyarakat sekecil apapun harus diperjuangkan dengan baik," katanya.

Mendagri mengatakan, saat ini Kementerian Dalam Negeri membolehkan kembali pemberian dana hibah dan bansos. Tapi penyaluran dana hibah dan bansos tersebut harus selektif, tidak boleh di 'mark up' dan jangan dipotong karena itu untuk kepentingan masyarakat.

"Kan enggak enak seorang gubernur, bupati/walikota atau anggota DPRD kalau turun ke bawah enggak bawa sesuatu buat masyarakat. Ini yang kita inginkan tapi tepat sasaran," kata Mendagri.

Mendagri juga mengingatkan kepala daerah agar tidak "main-main" dengan dana BPJS. Mendagri meminta Kepolisian atau Kejaksaan agar menangkap oknum yang memainkan atau memanfaatkan dana BPJS karena itu untuk kepentingan masyarakat.

Arena rawan korupsi lainnya, kata Mendagri, yakni retribusi dan pajak serta mekanisme jual-beli barang dan jasa.

Karena itu, Mendagri meminta kemitraan pemerintah daerah dengan DPRD yang baik dalam menangani dan mewaspadai area rawan korupsi tersebut.

Mendagri mengatakan, selain area rawan korupsi, tantangan dan ancaman bangsa ini adalah terorisme dan radikalisme.

Hal itu membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan aparat keamanan serta seluruh elemen masyarakat terutama para tokoh dan pemuka agama dalam melakukan deteksi dini dan melawan terhadap ancaman terorisme dan radikalisme.

"Narkoba juga menjadi tantangan dan ancaman, karena Sumber Daya Manusia ke depan harus kita amankan. Narkoba adalah juga musuh bangsa." kata Mendagri.

Mendagri menyampaikan selamat HUT ke-18 Provinsi Banten dan berharap kedepan Provinsi Banten yang memiliki letak strategis sebagai penyangga ibu kota Jakarta dan daerah perlintasan antara Lampung dengan Jakarta dan Jawa Barat, harus lebih maju dan modern tanpa mengurangi jati diri sebagai daerah yang memiliki adat dan budaya sebagai masyarakat Banten.

Sehingga kesejahteraan masyarakat Banten juga semakin meningkat dengan kunci utama pembangunan adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…