Mendagri Tjahjo Kumolo Ingatkan Area Rawan Korupsi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Oktober 2018 - 09:30 WIB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo

INDUSTRY.co.id - Serang- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepala daerah dan aparatur di bawahnya untuk mewaspadai area rawan korupsi.

"Area rawan korupsi tolong dicermati dengan baik, dalam perencanaan anggaran antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan DPRD tolong dirembug dan dibahas dengan baik," kata Mendagri Tjahjo Kumolo pada rapat paripurna DPRD degan agenda peringatan HUT ke-18 Provinsi Banten di Serang, Kamis.

Mendagri mengatakan, perencanaan anggaran harus sesuai dengan mekanisme yang ada dan sesuai dengan kesepakatan yang ada. "Menyerap, menyalurkan aspirasi masyarakat sekecil apapun harus diperjuangkan dengan baik," katanya.

Mendagri mengatakan, saat ini Kementerian Dalam Negeri membolehkan kembali pemberian dana hibah dan bansos. Tapi penyaluran dana hibah dan bansos tersebut harus selektif, tidak boleh di 'mark up' dan jangan dipotong karena itu untuk kepentingan masyarakat.

"Kan enggak enak seorang gubernur, bupati/walikota atau anggota DPRD kalau turun ke bawah enggak bawa sesuatu buat masyarakat. Ini yang kita inginkan tapi tepat sasaran," kata Mendagri.

Mendagri juga mengingatkan kepala daerah agar tidak "main-main" dengan dana BPJS. Mendagri meminta Kepolisian atau Kejaksaan agar menangkap oknum yang memainkan atau memanfaatkan dana BPJS karena itu untuk kepentingan masyarakat.

Arena rawan korupsi lainnya, kata Mendagri, yakni retribusi dan pajak serta mekanisme jual-beli barang dan jasa.

Karena itu, Mendagri meminta kemitraan pemerintah daerah dengan DPRD yang baik dalam menangani dan mewaspadai area rawan korupsi tersebut.

Mendagri mengatakan, selain area rawan korupsi, tantangan dan ancaman bangsa ini adalah terorisme dan radikalisme.

Hal itu membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan aparat keamanan serta seluruh elemen masyarakat terutama para tokoh dan pemuka agama dalam melakukan deteksi dini dan melawan terhadap ancaman terorisme dan radikalisme.

"Narkoba juga menjadi tantangan dan ancaman, karena Sumber Daya Manusia ke depan harus kita amankan. Narkoba adalah juga musuh bangsa." kata Mendagri.

Mendagri menyampaikan selamat HUT ke-18 Provinsi Banten dan berharap kedepan Provinsi Banten yang memiliki letak strategis sebagai penyangga ibu kota Jakarta dan daerah perlintasan antara Lampung dengan Jakarta dan Jawa Barat, harus lebih maju dan modern tanpa mengurangi jati diri sebagai daerah yang memiliki adat dan budaya sebagai masyarakat Banten.

Sehingga kesejahteraan masyarakat Banten juga semakin meningkat dengan kunci utama pembangunan adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin