Dompet Dhuafa Buka PosPelayanan Medis di Palu

Oleh : Herry Barus | Jumat, 05 Oktober 2018 - 05:03 WIB

Pray for Palu, Donggala dan Mamuju
Pray for Palu, Donggala dan Mamuju

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lembaga nirlaba Dompet Dhuafa membuka pos layanan medis di Palu untuk membantu korban di wilayah yang terdampak gempa.

Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi drg Imam Rulyawan melalui siaran pers di Jakarta mengatakan pada Kamis (4/9/2018) tim kesehatan Dompet Dhuafa bersama organisasi profesi dalam hal ini Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan menginisiasi dan memberikan pelayanan memprioritaskan penguatan pelayanan pra hospital.

"Dalam hal ini pembukaan Pos Layanan Medis di beberapa tempat di Palu, SIGI dan Donggala serta pembentukan mobilitas tim untuk menjangkau titik-titik yang belum tersentuh layanan kesehatan," kata dia.

Pada keadaan masa tanggap darurat ini, kata dia, pengiriman dokter spesialis dan tim medis pembantu untuk kebutuhan rumah sakit, baik untuk pendirian Rumah Sakit Lapangan ataupun dengan Rumah Sakit yang terdampak.  

Mengingat tingkat kerusakan dan luasnya wilayah "terdampak, maka membutuhkan respons bidang kesehatan yang lama karena itu maka desain program kesehatan Dompet Dhuafa akan terlibat pada masa respon dan penyembuhan," kata Imam.

Mobilisasi aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa masih terhambat dari peralatan hingga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang harus mengantre dari pagi untuk mendapatkan BBM.

 Selama beberapa hari ini stok BBM masih dibatasi dengan prioritas untuk keperluan operasional relawan seperti Evakuasi dan Medis, akan disediakan oleh Pertamina.

Sementara untuk tim medis, harus melakukan permintaan melalui Pos Cluster Kesehatan serta pengambilannya dilakukan di SPBU Mutiara.

"Pada Rabu kemarin Pos Cluster Kesehatan telah mengidentifikasi titik-titik pengungsian yang tersebar di Poso 75 titik, di Sigi 17 titik, dan di Donggala delapan titik, Parigi belum terlaporkan, dengan jumlah pengungsi di tiap titik bervariasi. Dan diperkirakan hingga hari ini akan bertambah," ujar Imam.

Di sisi lain bantuan logistik yang berasal dari para donatur maupun cabang Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan sedang menuju Mamuju, serta sedianya akan dikawal oleh TNI. Sebagian bantuan logistik yang disalurkan ke daerah Donggala bersama FOZ dan PMI Maros.

Dompet Dhuafa dalam respon bencana gempa di Palu dan Donggala memberangkatkan mobil dapur umum keliling (Darling) dari Jakarta untuk pemenuhan kebutuhan para pengungsi, mobilisasi kendaraan taktis dalam membantu proses operasional, hingga mengirimkan mobil ambulans dan motor klinik untuk penanganan kesehatan bagi pengungsi dan penduduk terdampak yang mengalami luka-luka.

Sudah hampir seminggu tim aktivis kemanusiaan Dompet Dhuafa terus memberikan bantuan yang terbaik dalam kondisi serba terbatas. Mulai melayani evakuasi korban hingga memberikan layanan medis yang terletak di halaman depan RRI Palu.

 Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Kamis hari ini (04/10) tercatat sudah 1.424 jiwa meninggal dunia, 70.821 jiwa mengungsi tersebar di 141 titik, 2.549 jiwa mengalami luka berat dengan sebaran di empat kabupaten atau kota wilayah terdampak yaitu Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Mutong, untuk korban hilang hingga kini berjumlah 113 jiwa sementara untuk kerusakan tercatat hingga 66.328 rumah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…