Hadapi MEA, PHRI Sulut Minta Kemudahan Perizinan Bagi Pelaku Usaha

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 Februari 2017 - 10:37 WIB

Ilustrasi Wirausaha di Indonesia ( Adhitya Hendra/Pacific Press/LightRocket Getty Images)
Ilustrasi Wirausaha di Indonesia ( Adhitya Hendra/Pacific Press/LightRocket Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Manado - Guna untuk mengahadapi masyarakat ekomoni ASEAN, Johnny Lieke selaku Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Utara, berharap kepada pemerintah segera memberikan izin untuk mempermudah perizinan kepada para pelaku usaha.

"Untuk menunjang pertembuhan ekonomi di era MEA, pemerintah daerah seharusnya perlu mempermudah para pengusaha dalam mengembangkan usahanya, salah satunya mengenai perizinan," kata Johhny di Manado, Senin (13/2/2017).

Dalam hal pengurusan izin, jangan berbelit-belit dan membingungkan pelaku usaha, masalah yang dirasakan memberatkan pelaku usaha terutama saat melakukan ekspansi, alangkah baiknya diperbaiki sehingga pelaku usaha akan lebih siap menghadapi MEA, lanjutnya.

Disamping masalah perizinan, masalah keamanan juga harus diperhatikan bagi pemerintah daerah setempat dengan cara menegur para aparatur sipil negara (ASN) bandel yang sewenang-wenang memperlambat pengurusan, apalagi sampai memimnta uang imbalan.

"Selain perizinan, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi makan pemerintah perlu mempertahankan keamanan di daerahnya, karena pelaku usaha serta masyarakat memerlukan rasa aman, karena jika daerah itu aman makan nilai investasi akan berkembang dan datang dengan sendirinya," pungkas General Manager Manado Town Suare (Mantos) Yono Akbar menutup pembicaraan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:31 WIB

Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Terus Bergulir, 3.000 Tenaga Kerja Miliki Sertifikasi Keahlian

Penyelenggaraan sertifikasi terus bergulir dimana pada acara Pekan SDM Ahli Konstruksi Indonesia, Indobuildtech Expo 2019, dan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Intakindo 2019 pada Kamis (21/3/2019)…

Kebun Raya Bogor. (Foto: IST)

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:30 WIB

Komitmen LIPI Tingkatkan Kepuasan Pengguna Layanan Kebun Raya Bogor

Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI terus berkomitmen menjalankan fungsi konservasi ex-situ, penelitian, pendidikan lingkungan, wisata, dan jasa lingkungan. “

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Jumat, 22 Maret 2019 - 11:00 WIB

Menpar AY: Konektivitas Kunci Sukses Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menegaskan, konektivitas udara menjadi kunci sukses pariwisata Indonesia untuk menjaring kunjungan wisman sekaligus mewujudkan target kedatangan 20 juta wisman…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:36 WIB

Industri Daur Ulang Jadi Jalan Keluar Atasi Masalah Sampah Plastik

Ketua Umum Asosisasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim, mengungkapkan, daur ulang adalah solusi jitu dalam mengatasi sampah botol plastik.

Pelayanan di kantor Bank DKI

Jumat, 22 Maret 2019 - 10:34 WIB

2018, Kredit Bank DKI Tumbuh 27,9 Persen

Jakarta - Menutup tahun 2018, kinerja keuangan Bank DKI menunjukkan tren yang positif. Hal tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit yang cukup tinggi sebesar 27,9%, dari semula sebesar…