Tingkatkan Kapasitas Produksi, Mitsubishi Gelontorkan Dana Capai Rp540 Miliar

Oleh : Ridwan | Kamis, 04 Oktober 2018 - 11:15 WIB

Mitsubishi Motors Corporation
Mitsubishi Motors Corporation

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Mitsubishi Motors Corp. (MMC) mengumumkan rencana peningkatan kapasitas produksi tahunan dari fasilitas produksi model multi purpose vehicle (MPV) Xpander di Indonesia.

Chief Executive Mitsubishi Motors (MMC) Osamu Masuko mengatakan, pengembangan dilakukan dengan investasi sekitar empat milyar yen atau Rp 540 miliar.

"Kami melakukan investasi dengan total Rp 540 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi pabrik dari saat ini 160 ribu unit menjadi 220 ribu unit pada tahun fiskal 2020, serta membuka lapangan kerja hingga 800 orang di Bekasi Jawa Barat sehingga jumlah total menjadi 4100 pekerja," ujar Masuko di Jakarta (3/10/2018).

Ditambahkan Osamu, dengan peningkatan kapasitas tersebut dapat meningkatkan volume ekspor dari 30.000 unit menjadi 50.000 unit untuk memenuhi pasar luar negeri, termasuk negara di kawasan ASEAN.

Saat ini kapasitas produksi pabrik PT Mitsubushi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang mencapai 160.000 unit. Kapasitasnya akan bertambah menjadi 220.000 unit secara total pada tahun fiskal 2020. Dari 220.000 unit tersebut, model Xpander menyumbang produksi sebanyak 160.000 unit. Dari sini, sebanyak 110.000 unit untuk pasar domestik dan 50.000 unit ke pasar ekspor.

Osamu mengungkapkan, penambahan investasi di Indonesia sekaligus untuk menggenjot production hub Mitsubishi Motors Corporation demi meningkatkan ekspor ke seluruh dunia, selain Jepang dan Thailand.

"Saat ini, produksi Xpander di Indonesia telah diekspor ke Vietnam, Filipina, Thailand, Bolivia dan akan dilanjutkan ke negara lain," imbuh dia.

Sebelumnya dalam memenuhi permintaan dan ekspansi ekspor, Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) telah berencana terus meningkatkan kapasitas produksi Xpander dengan target mencapai 150 ribu unit di tahun fiskal 2019. Pada awalnya Xpander direncanakan untuk diproduksi sebanyak 100 ribu unit di tahun fiskal 2018. 

Xpander telah membukukan 100 ribu angka pemesanan di Indonesia sejak diperkenalkan pada Agustus 2017 hingga akhir September 2018. Pada Maret dan Juli tahun ini, Xpander menduduki posisi pertama pada daftar volume penjualan kendaraan di Indonesia.

Mesin Xpander akan diproduksi Nissan Motor Indonesia (NMI), anak perusahaan Nissan Motor Co. di Indonesia. Hal ini akan meningkatkan rasio penggunaan material lokal  Xpander dari 70 persen menjadi 80 persen. pengembangan  di fasilitas NMI ini akan mampu memproduksi 160 ribu unit mesin pertahun. 

Osamu juga berharap perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, tidak akan berdampak panjang bagi penjualan produk otomotif di tanah air, apalagi setelah sebagian besar komponen Xpander telah diproduksi di Indonesia.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pertemuan terkait rencana Mitsubishi melakukan investasi tambahan di Indonesia menunjukkan di tengah perekonomian yang kurang menguntungkan, MMC melakukan komitmen untuk investasi tambahan meningkatkan kapasitas, menambah tenaga kerja dan meningkatkan ekspor. 

"Salah satu jawaban dari keteregantungan kepada ekspor adalah memperdalam struktur industrinya. Disini Mitsubishi berkomitmen untuk mendirikan pabrik mesin untuk Xpander Indonesia dengan demikian lokal konten ditingkatkan," katanya. 

Airlangga juga menambahkan potensi devisa negara dari peningkatan kapasitas produksi berkisar 600 juta dolar AS dan produksi mesin sebesar 750 miliar rupiah pertahun.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.