"La La Land" Film Terbaik BAFTA

Oleh : Irvan AF | Selasa, 14 Februari 2017 - 10:16 WIB

Film La La Land
Film La La Land

INDUSTRY.co.id, London - Film musikal "La La Land" menang besar di penghargaan perfilman utama Inggris, Minggu (12/2/2017), dengan membawa pulang penghargaan untuk kategori film terbaik, sementara Emma Stone dan Damien Chazelle mendapat penghargaan untuk kategori aktris dan sutradara terbaik.

Memenangi total lima penghargaan puncak diyakini dapat memuluskan jalan film itu di penghargaan Oscar akhir bulan ini. Film itu juga mengantongi penghargaan untuk kategori sinematografi dan musik latas.

Sebuah film yang berkisah tentang perjuangan seorang calon aktris dan pianis jazz untuk menembus Hollywood, "La La Land" telah dinominasikan untuk 11 kategori di penghargaan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA). Film itu mengulang kesuksesannya di Golden Globes yang meraih tujuh penghargaan.

Namun, bintang prianya Ryan Gosling tidak berhasil membawa pulang piala untuk kategori aktor terbaik. Gosling harus mengakui keunggulan Casey Affleck, untuk penampilannya dalam drama keluarga "Manchester Sementara itu penulis skenario "Manchester by the Sea" Kenneth Lonergan memenangi penghargaan keduanya.

Viola Davis membawa pulang penghargaan untuk kategori aktris pendukung terbaik untuk penampilannya di "Fences", sebuah film yang diadaptasi dari drama tentang kehidupan keluarga kulit hitam di tahun 1950-an Pennsylvania yang memenangi Penghargaan Pulitzer.

Sementara itu Dev Patel, 26, memenangi kategori aktor pendukung terbaik untuk penampilannya di "Lion", yang mengisahkan kisah nyata perjalanan seorang bocah India yang diadopsi pasangan Australia.

Dengan berakhirnya BAFTA, insan perfilman kini menantikan kejutan-kejutan yang akan muncul dalam Penghargaan Oscar tahun ini.

Berbeda dengan penghargaan Oscar tahun lalu yang menuai kecaman karena dianggap kurang beragam, nominasi-nominasi Piala Oscar kali ini memberikan penghargaan dengan porsi terbesar yang belum terjadi sebelumnya kepada aktor berkulit berwarna dengan beragam cerita yang berbeda.

Kontroversi #OscarsSoWhite tahun lalu dipicu ketika semua 20 nominatornya berkulit putih untuk tahun kedua secara berturut-turut.

Tanda pagar tersebut juga menyoroti permasalahan yang lebih besar dalam industri film, dimana pemain bintang dan ide cerita dari berbagai komunitas sulit mendapat tempat, atau mendapatkan penghargaan.

Tahun ini, yang terjadi adalah kebalikannya, ketika #OscarsLessWhite muncul menjadi trending topik di Twitter karena setiap kategori menampilkan bintang kulit berwarna.

Beberapa nama bintang dengan latar belakang cerita film yang beragam muncul seperti Denzel Washington dan Viola Davis dalam "Fences," Mahershala Ali dan Naomie Harris dalam "Moonlight," dan Octavia Spencer dalam "Hidden Figures".

Selain itu, "Loving" yang dibintangi Ruth Negga, keturunan Irlandia-Ethiophia, dan aktor Dev Patel, bintang "Lion" yang merupakan keturunan Inggris-India, juga ikut masuk nominasi.

Meski drama musikal romantis "La La Land" memimpin rekor dengan mendapatkan 14 nominasi, "Moonlight," yang menceritakan tentang anak berkulit hitam miskin dengan masalah seksualitas, mendapatkan delapan nominasi.

Nominasi tersebut mengikuti sukses "Hidden Figures," yang menceritakan tentang tiga matematikawan perempuan berkulit hitam yang bekerja untuk NASA di 1960-an. Film ini juga menjadi nominasi terbaik Piala Oscar.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…