"La La Land" Film Terbaik BAFTA

Oleh : Irvan AF | Selasa, 14 Februari 2017 - 10:16 WIB

Film La La Land
Film La La Land

INDUSTRY.co.id, London - Film musikal "La La Land" menang besar di penghargaan perfilman utama Inggris, Minggu (12/2/2017), dengan membawa pulang penghargaan untuk kategori film terbaik, sementara Emma Stone dan Damien Chazelle mendapat penghargaan untuk kategori aktris dan sutradara terbaik.

Memenangi total lima penghargaan puncak diyakini dapat memuluskan jalan film itu di penghargaan Oscar akhir bulan ini. Film itu juga mengantongi penghargaan untuk kategori sinematografi dan musik latas.

Sebuah film yang berkisah tentang perjuangan seorang calon aktris dan pianis jazz untuk menembus Hollywood, "La La Land" telah dinominasikan untuk 11 kategori di penghargaan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA). Film itu mengulang kesuksesannya di Golden Globes yang meraih tujuh penghargaan.

Namun, bintang prianya Ryan Gosling tidak berhasil membawa pulang piala untuk kategori aktor terbaik. Gosling harus mengakui keunggulan Casey Affleck, untuk penampilannya dalam drama keluarga "Manchester Sementara itu penulis skenario "Manchester by the Sea" Kenneth Lonergan memenangi penghargaan keduanya.

Viola Davis membawa pulang penghargaan untuk kategori aktris pendukung terbaik untuk penampilannya di "Fences", sebuah film yang diadaptasi dari drama tentang kehidupan keluarga kulit hitam di tahun 1950-an Pennsylvania yang memenangi Penghargaan Pulitzer.

Sementara itu Dev Patel, 26, memenangi kategori aktor pendukung terbaik untuk penampilannya di "Lion", yang mengisahkan kisah nyata perjalanan seorang bocah India yang diadopsi pasangan Australia.

Dengan berakhirnya BAFTA, insan perfilman kini menantikan kejutan-kejutan yang akan muncul dalam Penghargaan Oscar tahun ini.

Berbeda dengan penghargaan Oscar tahun lalu yang menuai kecaman karena dianggap kurang beragam, nominasi-nominasi Piala Oscar kali ini memberikan penghargaan dengan porsi terbesar yang belum terjadi sebelumnya kepada aktor berkulit berwarna dengan beragam cerita yang berbeda.

Kontroversi #OscarsSoWhite tahun lalu dipicu ketika semua 20 nominatornya berkulit putih untuk tahun kedua secara berturut-turut.

Tanda pagar tersebut juga menyoroti permasalahan yang lebih besar dalam industri film, dimana pemain bintang dan ide cerita dari berbagai komunitas sulit mendapat tempat, atau mendapatkan penghargaan.

Tahun ini, yang terjadi adalah kebalikannya, ketika #OscarsLessWhite muncul menjadi trending topik di Twitter karena setiap kategori menampilkan bintang kulit berwarna.

Beberapa nama bintang dengan latar belakang cerita film yang beragam muncul seperti Denzel Washington dan Viola Davis dalam "Fences," Mahershala Ali dan Naomie Harris dalam "Moonlight," dan Octavia Spencer dalam "Hidden Figures".

Selain itu, "Loving" yang dibintangi Ruth Negga, keturunan Irlandia-Ethiophia, dan aktor Dev Patel, bintang "Lion" yang merupakan keturunan Inggris-India, juga ikut masuk nominasi.

Meski drama musikal romantis "La La Land" memimpin rekor dengan mendapatkan 14 nominasi, "Moonlight," yang menceritakan tentang anak berkulit hitam miskin dengan masalah seksualitas, mendapatkan delapan nominasi.

Nominasi tersebut mengikuti sukses "Hidden Figures," yang menceritakan tentang tiga matematikawan perempuan berkulit hitam yang bekerja untuk NASA di 1960-an. Film ini juga menjadi nominasi terbaik Piala Oscar.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur PT Jababeka, Tbk Sutedja Sidarta Darmono

Senin, 19 November 2018 - 14:45 WIB

Sutedja Sidarta Darmono Jadi Motor Transformasi Jababeka Ciptakan Kota Mandiri Berbasis Industri 4.0

Sutedja Sidarta Darmono, Direktur Jababeka Tbk yang merupakan sang anak pendiri Kawasan Industri seluas lebih dari 5.000 hektare (Ha) ini yang menjadi motor transformasi Jababeka dari pengembang…

Banun Harpini Kepala Balai Karantina Kementan

Senin, 19 November 2018 - 13:26 WIB

Masuki Era Industri 4.0, Kementan Kembangkan Layanan Digital Karantina

INDUSTRY.co.id -

Bogor Seiring peningkatan arus lalu lintas produk pertanian, karantina sebagai otoritas yang menjamin kelestarian dan kesehatan sumber daya hayati,…

Mentan Amran Sulaiman

Senin, 19 November 2018 - 13:21 WIB

Ini Intruksi Menteri Amran Usai Blusukan Dadakan di Polbangtan Bogor

INDUSTRY.co.id -

Suasana Ujian Tengah Semester (UTS) di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang semula tenang di Senin (19/11) pagi mendadak berubah.…

R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Senin, 19 November 2018 - 11:18 WIB

Jelang Dua Dekade Eksistensi, R&R Public Relations Raih Penghargaan PR Agency of The Year 2018

Berpengalaman lebih dari 18 tahun di industri kehumasan, R&R Public Relations sebagai PR agency lokal peroleh penghargaan "PR Agency of the Year 2018" dalam ajang Indonesia PR Program of the…

Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi pabrik karet PT New Kalbar Processors (NKP) di Kabupaten Kubu Raya,Kalimantan Barat (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 11:15 WIB

Kunjungi New Kalbar Processors, Menperin Janji Tumbuhkan Industri Pengolahan Karet Remah

Kementerian Perindustrian terus mendorong pertumbuhan sektor industri pengolahan crumb rubber (karet remah). Oleh karena itu, melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang telah dikeluarkan pemerintah,…