Akseleran Beri Fasilitas Pembiayaan untuk UKM Binaan Kadin Jabar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Oktober 2018 - 20:49 WIB

Akseleran Beri Fasilitas Pembiayaan untuk UKM Binaan Kadin Jabar
Akseleran Beri Fasilitas Pembiayaan untuk UKM Binaan Kadin Jabar

INDUSTRY.co.id - Bandung – Genap berusia 1 tahun beroperasi di Indonesia, PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) terus menggenjot upayanya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Salah satu buktinya, Akseleran melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat pada hari Rabu, 3 Oktober 2018.

Ivan Nikolas Tambunan, CEO & Co-Founder Akseleran, menjelaskan dengan adanya kerja sama strategis ini akan menjadikan Akseleran sebagai fasilitas utama untuk menghubungkan ribuan UKM binaan Kadin Jawa Barat agar dapat memperoleh pembiayaan modal usaha dari masyarakat luas yang menjadi lender atau investor.

Bentuk kerja sama tersebut, kata Ivan, juga akan menjadi salah satu faktor pendukung tercapainya total pembiayaan Akseleran sebesar Rp200 miliar hingga periode 31 Desember 2018.

“Tepat pada 2 Oktober, Akseleran berusia satu tahun dan saat ini sudah menyalurkan total pembiayaan sebesar Rp126 miliar kepada 278 pinjaman dengan jumlah lender sebanyak 31 ribu. Tentu, kami menyambut baik adanya kerja sama dengan Kadin Jabar yang memiliki semangat yang sama dengan Akseleran untuk menumbuhkan para pelaku UKM di negeri ini sehingga memiliki tingkat perekonomian yang jauh lebih baik ke depannya,” ujar Ivan di Bandung, Rabu (3/10/2018).

Bahkan, terangnya, tidak hanya dari sisi pelaku UKM saja yang akan difasilitasi oleh Akseleran untuk memperoleh pembiayaan modal usaha tetapi juga semua anggota Kadin Jabar dapat memperoleh akses mudah dalam berinvestasi secara aman dan menguntungkan.

“Apalagi Akseleran sudah dapat diakses di Play Store untuk pengguna Android, jadi hanya beberapa kali sentuhan jari dan kurang dari lima menit sudah bisa berinvestasi dengan modal mulai dari Rp100 ribu serta memperoleh rata-rata imbal hasil sebesar 18%-21% per tahun,” kata dia.

Agung Suryamal, Ketua Kadin Jabar, mengungkapkan bahwa keberadaan Akseleran diharapkan dapat membantu sekitar 6-7 ribu pelaku UKM yang berada dalam binaanya. Apalagi, terangnya, Akseleran sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga semakin meningkatkan kepercayaan para UKM untuk mengajukan pembiayaan modal usaha.

“Kami akan dorong UKM yang menjadi binaan Kadin Jabar untuk mengajukan pembiayaan melalui Akseleran. Ini sesuatu yang baru dan kami sangat apresiasi adanya kerja sama dengan Akseleran karena mampu memberikan akses keuangan yang mudah, aman dan menguntungkan. Ke depannya, Kadin Jabar juga akan terus memberikan edukasi agar setiap pelaku UKM terbiasa untuk bertransaksi secara online seperti yang diberikan oleh Akseleran sebagai platform peer to peer lending di Indonesia,” tambah Agung.  

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Rabu, 24 April 2024 - 17:48 WIB

Hannover Messe 2024: PIS Siap Jadi Agregator Transportasi dan Logistik CCS

Hannover - CEO PT Pertamina International Shipping (PIS) Yoki Firnandi memaparkan sejumlah strategi dan kesiapan perusahaan untuk dekarbonisasi di Indonesia, salah satunya dengan mendukung implementasi…

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

Rabu, 24 April 2024 - 17:30 WIB

Asaki Ucapakan Selamat & Sukses untuk Prabowo - Gibran, Yakin Kebijakan Harga Gas Murah Dilanjutkan

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mengucapkan selamat dan sukses kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.