Kader PKK Perlu Dilibatkan Atasi Gizi Buruk

Oleh : Herry Barus | Rabu, 03 Oktober 2018 - 11:20 WIB

Ilustrasi pelajar di Indonesia (Foto Dok Industry.coid)
Ilustrasi pelajar di Indonesia (Foto Dok Industry.coid)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo menyatakan akan merancang agar kader PKK bisa dilibatkan dalam rangka mengatasi gizi buruk dan stunting.

"Ini akan menjadi beban masa depan bangsa Indonesia kita, karena pertarungan ke depan, persaingan, kompetisi, itu ditentukan bukan oleh kekayaan sumber daya alam, tapi oleh sumber daya manusia. Saya titip (kepada Ibu PKK)," kata Presiden saat pidato Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-46 dan Peresmian Pembukaan Jambore Nasional Kader PKK Tahun 2018 di Jakarta, Selasa (2/10/2018)

Kepala Negara mengatakan bahwa saat ini Indonesia masih memiliki masalah besar, yaitu gizi buruk dan stunting (kerdil).

"Jangan sampai ada di wilayah kita, baik kabupaten, provinsi, desa, ada yang namanya gizi buruk sehingga menyebabkan stunting," kata Presiden saat mengundang dua kader PKK maju ke depan.

Dua kader PKK yang maju adalah Ibu Lina dari Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan Hasbah dari Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Presiden sempat bertanya tugas dari kedua kader PKK yang juga sebagai petugas Posyandu ini. Ibu Hasbah menyakinkan bahwa daerahnya tidak terjadi gizi buruk.

"Di daerah saya tidak terjadi gizi buruk pak, tapi saya ngak tahu daerah lainnya," ungkap Ibu Hasbah yang mengaku baru sekali ke Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Ibu Hasbah meminta kepada Presiden untuk diangkat menjadi pegawai negeri karena dirinya bertahun-tahun jadi guru honorer hingga saat ini belum diangkat jadi PNS.

Atas permintaan ini Presiden tidak memberikan jawaban dan hanya melayani kedua kader PKK ini foto bersama.

Pada acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-46 ini dihadiri juga oleh Presiden RI ke-5 yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…