Menpar Resmi Buka Celebrity Culture Fest-Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Oktober 2018 - 09:04 WIB

Menteri Pariwisata bersama sejumlah selebriti saat membuka Celebrity Culture Fest-Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 (Foto: Kemenpar)
Menteri Pariwisata bersama sejumlah selebriti saat membuka Celebrity Culture Fest-Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya resmi membuka Celebrity Culture Fest yang merupakan rangkaian Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 di Mall Kota Kasablanka Jakarta, (2/10/2018) malam.

Acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menghadirkan berbagai Selebritas yang memiliki brand, seperti Jessica Iskandar, Nia Ramadani, Indra Bekti, Vina Panduwinata, Chintami Atmanegara, Delia, Kiki Amalia, Haikal Kamil, Tantri Namira, serta Nunu Datau.

Dalam sambutannya, Menpar menyampaikan, kuliner memberikan kontribusi tertinggi bagi PDB Ekonomi Kreatif, yaitu 42%, yang kedua Fashion 18% dan ketiga Kriya 15% yang masuk dalam kategori Belanja.

"Wisatawan mengeluarkan 30%-40% dari total pengeluaran mereka untuk Kuliner dan Belanja," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Menpar kembali menegaskan strategi pengembangan Wisata Kuliner yaitu, pertama, menetapkan National Foods yang sudah populer di media masa dunia (CNN Survey) yaitu: Soto, Rendang, Nasi Goreng, Sate dan dan Gado-Gado.

Kedua, menetapkan Destinasi Wisata Kuliner, yang sedang didorong untuk menjadi destinasi gastronomi standar UNWTO (Bali, Joglosemar dan Bandung). 

"Saya ingin tahun 2018 Bali sudah menjadi destinasi kuliner sesuai UNWTO, kemudian tahun 2019 Bandung dan Joglosemar bisa mengkopi Bali," ungkal Menpar. 

Selanjutnya, ketiga, melakukan Co Branding dengan Restoran Indonesia Diaspora di mancanegara.

Lebih lanjut, Menpar menyampaikan, wisata Belanja untuk wisatawan mancanegara (Wisman) juga masih ada pekerjaan rumah (PR) yaitu, Tax Refund atau Regulasi, Nilai Transaksi terlalu tinggi, dan Jumlah pemohon masih rendah.

"Besok tanggal 3 Oktober 2018 akan diadakan FGD oleh Kemenkeu tentang Peningkatan Pelayanan Pengembalian PPN Barang Bawaan Orang Pribadi Pemegang Paspor Luar Negeri (VAT Refund). Semoga aturan tentang Tax Refund menjadi lebih simple!," tutupnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…