200 Wisata Halal Taiwan Undang Wisatawan Indonesia Berkunjung

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:00 WIB

Keelung Miaokou Night Market, Taiwan (Foto: blog.dwidayatour.co.id)
Keelung Miaokou Night Market, Taiwan (Foto: blog.dwidayatour.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Taiwan menawarkan wisata halal bagi masyarakat Indonesia dengan lebih dari 200 hotel dan restoran di Taiwan yang telah mendapat sertifikat halal dari lembaga berwenang setempat.

"Kami memandang bahwa pariwisata adalah cara yang paling menyenangkan untuk meningkatkan saling pengertian antara Taiwan dan Indonesia. Karenanya, Taiwan telah menerapkan beberapa inisiatif selama beberapa tahun ini untuk menarik lebih banyak masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan ke Taiwan," kata Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taiwan (TETO) Jakarta, John Chen, kepada Antara pada acara promosi wisata Taiwan di Jakarta, Senin (1/10/2018).

Dia menjelaskan bahwa Taiwan secara khusus memudahkan peraturan mengenai pengajuan visa bagi warga negara Indonesia.

Sejak 2017, warga Indonesia yang mempunyai izin tinggal tetap di Taiwan, visa izin tinggal yang masih sah atau visa kedaluwarsa dalam 10 tahun seperti negara Amerika Serikat, Kanada, Australia, Selandia Baru, Jepang, Korea, Inggris, atau Uni Eropa (visa Schengen), serta pemegang visa Taiwan dalam 10 tahun (tidak termasuk visa kerja), dan tidak ada pelanggaran catatan, dapat mengajukan permohonan visa "online" ke Departemen Imigrasi Kementerian Dalam Negeri Taiwan.

"Kami juga meningkatkan tingkat pariwisata halal di Taiwan," ujar Duta Besar Chen.

Menurut dia, selain 200 hotal dan restoran yang telah mendapat sertifikat halal, sejumlah stasiun dan transportasi umum lainnya, serta lokasi-lokasi wisata di Taiwan telah dilengkapi dengan fasilitas yang ramah bagi pengunjung muslim, seperti adanya musala atau masjid.

Taiwan terus mengembangkan ruangan musala di setiap ruang publik, seperti di Stasiun Kereta Api Taipei, Kaohsiung dan Hualien, Stasiun Kereta Cepat Taichung, dan di Museum Istana Nasional.

"Dengan semua upaya yang dilakukan oleh sektor publik dan swasta kami, ada lebih dari 189 ribu orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke Taiwan pada tahun 2017," kata Duta Besar Chen, seraya menambahkan bahwa jumlah tersebut mengalami pertumbuhan 46 persen dibandingkan pada 2016.

Pada tahun 2018, Taiwan berharap jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Pulau Formosa akan meningkat menjadi 250.000 orang, katanya.

"Dengan kelas menengah yang sedang 'booming' di Indonesia dan mencari tujuan wisata yang menyenangkan di luar negeri, kami percaya lebih banyak warga Indonesia tertarik mengunjungi Taiwan. Dan kami yakin bahwa mengunjungi Taiwan akan memberi pengalaman yang tak terlupakan karena banyak hal menarik yang ditawarkan oleh Taiwan," ujar Duta Besar Chen.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Organisasi Promosi Wisata Taiwan (Taiwan Visitor Association/ TVA), Yeh Chu Lan, mengatakan Indonesia adalah pasar muslim terbesar bagi Taiwan, dan masyarakatnya merupakan teman bagi Taiwan.

Penerbit panduan perjalanan terbesar di dunia, Fodor, menempatkan Taiwan di peringkat ke-12 di antara 52 tujuan wisata yang harus dikunjungi pada tahun 2018. Peringkat ini lebih tinggi dari Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Sementara itu, Indeks Wisata Muslim Global (GMTI) yang dikeluarkan oleh Mastercard 2018 menyebutkan bahwa Taiwan menempati peringkat kelima sebagai tujuan wisata Muslim terbaik dari negara atau entitas nonmuslim. Peringkat tersebut melampaui Jerman, Australia, dan Amerika Serikat.

Promosi wisata Taiwan yang digelar oleh TETO mengundang sejumlah agen perjalanan di Indonesia guna memberi pengetahuan dan pemahaman yang lebih luas dan mendalam mengenai Taiwan sebagai tujuan wisata yang ramah bagi Muslim di tanah air.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…