Ada Tiga Gedung di Jakarta Terkoneksi Langsung MRT

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 01 Oktober 2018 - 05:45 WIB

Konsep kereta cepat Siemens
Konsep kereta cepat Siemens

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Tiga gedung di Jakarta akan terkoneksi langsung dengan stasiun Mass Rapid Transit (MRT) yang ada di sekitarnya. Tiga gedung itu yakni Blok M Plaza terkoneksi dengan stasiun Blok M, Gedung UOB terkoneksi stasiun Dukuh Atas, dan Gedung Indonesia One terkoneksi stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Direktur Operasional PT MRT Jakarta Agung Wicaksono menjelaskan interkoneksi dibangun dengan skema jalur atas (elevated) dan jalur terowongan (underground). Pembangunan interkoneksi merupakan kewajiban MRT Jakarta yang telah melakukan pembangunan di area tersebut.

"Blok M plaza itu elevated. Sudah dibangun sedang dalam proses. Memang dari awal (Blok M Plaza) sangat mengharapkan (adanya interkoneksi) karena saat pembangunan MRT, ketiganya terdampak," kata Agung beberapa waktu lalu di Jakarta.

Sementara, Gedung UOB terkoneksi stasiun Dukuh Atas dengan bentuk bawah tanah. Serupa, interkoneksi bawah tanah juga dibangun untuk menyambung stasiun Bundaran HI dengan Gedung Indonesia One yang letaknya di lahan eks EX Mall.

"Itu juga sudah dibangun karena jadi kewajiban membangun interkoneksi," ujar Agung,

MRT Jakarta ditargetkan beroperasi Maret 2019. Hampir seluruh rangkaian kereta sudah tiba dari Jepang. Empat set kereta terakhir akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok bulan November.

Adapun, proses konstruksi keseluruhan mencapai 96,53% dengan rincian seksi jalur layang sebesar 95,36% dan seksi jalur bawah tanah 97,71%. Saat ini kereta pertama tengah dilakukan uji coba persinyalan di jalur utama

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.