Tiongkok Donasi Rp3 Miliar untuk Korban Gempa-Tsunami Palu

Oleh : Herry Barus | Senin, 01 Oktober 2018 - 05:30 WIB

Presiden Tiongkok Xi Jinping (Foto Ist)
Presiden Tiongkok Xi Jinping (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Palang Merah Tiongkok  mendonasikan uang tunai sebesar 200 ribu dolar AS atau setara dengan sekitar Rp3 miliar (kurs Rp14.897) melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu korban dan upaya penanggulangan pascagempa bumi yang disusul tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Kedutaan Besar Tiongkok di Jakarta mengumumkan melalui laman resminya id.china-embassy.org pada Minggu (30/9) bahwa Palang Merah China memutuskan memberikan bantuan tunai Rp3 miliar melalui PMI untuk penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Palu yang telah menelan korban 832 jiwa meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

Sebelumnya, pada hari yang sama, Minggu (30/9), Presiden Tiongkok  Xi Jinping telah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan duka cita terkait bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Saya terkejut mengetahui adanya gempa bumi besar dan tsunami yang menimpa Provinsi Sulawesi Tengah dan bersedih atas banyaknya korban jiwa dan kerusakan yang ditimbulkan," kata Xi seperti dikutip dari surat yang dirilis Kedubes Tiongkok di Jakarta.

Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok , Presiden Xi juga menyampaikan belasungkawa dan simpati yang mendalam kepada para keluarga korban yang meninggal dunia, serta korban yang mengalami luka-luka.

Dalam surat tersebut, Xi menyebut Indonesia adalah tetangga dekat bagi Tiongkok sehingga mereka siap menyediakan bantuan untuk penanggulangan dan pemulihan bencana sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan pihak Indonesia.

Xi menambahkan, China percaya bahwa di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, rakyat Indonesia akan dapat mengatasi bencana yang terjadi dan segera membangun kembali rumah mereka.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), terdapat 71 warga negara asing (WNA) berada di Palu, Sulawesi Tengah, saat terjadi gempa berkekuatan 7,4 SR yang disusul tsunami pada Jumat (28/9), termasuk 21 warga China yang saat ini dalam kondisi aman.

Selain China, terdapat 50 WNA lain di Palu saat kejadian, yakni satu warga Singapura (telah dievakuasi ke Jakarta), satu warga Korea Selatan (belum diketahui), tiga warga Prancis (belum diketahui), satu warga Malaysia (belum diketahui), satu warga Jerman (aman), 10 warga Vietnam (aman), dan 32 warga Thailand (aman).(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…