DPR Puji Pemerintah Alihkan Saham PT Freeport

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 29 September 2018 - 08:21 WIB

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI
Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

INDUSTRY.co.id

Jakarta- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memuji keberhasilan pemerintahan Presiden Joko Widodo bernegosiasi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk mengalihkan mayoritas sahamnya ke PT Indonesia Asahan Aluminium.

"Saya mengapresiasi langkah pemerintah yang telah berhasil mengakuisisi saham mayoritas PTFI melalui Inalum, sehingga menaikkan porsi kepemilikan dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen, “kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Jumat (28/9/2019)

Menurut Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet, melalui akuisisi tersebut kini kepemilikan saham Indonesia di perusahaan yang mengelola pertambangan emas terbesar di dunia itu mencapai 51,23 persen atau jauh meningkat jauh dari sebelumnya yakni 9,36 persen.

"Akuisisi mayoritas saham PTFI saja, sebenarnya belum cukup. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral harus menindaklanjutinya dengan mengerahkan para ahli untuk mengelola operasional PTFI," katanya.

Politikus Partai Golkar ini menegaskan Indonesia sejatinya bisa sepenuhnya mengelola operasional PTFI. "Divestasi saham sebesar 51,23 persen, hendaknya diimbangi oleh Pemerintah dengan pengadaan para ahli teknologi untuk mengelola operasional PTFI.

Bamsoet juga mengingatkan pentingnya kepastian hak dan pelibatan Pemerintah Daerah (Pemda) di Papua terkait kepemilikan saham PTFI, agar masyarakat Papua dapat memperoleh manfaat maksimal dari perolehan saham PTFI sebesar sepuluh persen.

Bamsoet yang berlatar belakang pengusaha itu juga menegaskan pemerintah agar secepatnya mengupayakan alih teknologi sehingga putra-putri bangsa Indonesia dapat mengelola sepenuhnya tambang emas di Papua itu.

Bamsoet juga mengimbau Pemerintah Provinsi Papua memberikan sosialisasi sekaligus mempersiapkan putra-putri terbaik Papua untuk dapat menguasai ilmu teknologi pertambangan guna meningkatkan peran putra daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…