Berkat Jasanya Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 September 2018 - 16:35 WIB

Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI
Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada tanggal 23-25 Februari 2018, President University mengadakan kuliah umum berkaitan dengan cultural diversity bagi sekitar 80 mahasiwa mancanegara yaitu dari Tiongkok, Korea Utara, Korea Selatan, Afghanistan dan Timor Leste, dengan pembicara utama Ibu Roesmiati Soepandji di Senior Living D'Khayangan, Jababeka Cikarang.

Kuliah tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa mancanegara tentang nilai-nilai universal yang berasal dari bumi Nusantara yaitu Ajaran Ketuhanan (Suksma Sejati) yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo (1899-1965) sebagaimana tertuang dalam kitab suci Sasangka Jati.

Founder President University dan Jababeka, Dr. (HC). S. D. Darmono, menutup acara tersebut dengan memberikan pesan bahwa, apa yang telah disampaikan oleh Ibu Roesmiati adalah suatu kunci penting dalam meraih keberhasilan yang hakiki.

Kuliah tersebut adalah kenangan terakhir mahasiswa President University dengan Ibu Roesmiati, karena tepat enam bulan kemudian, Kamis, 23 Agustus 2018, jam 13.04, Ibu Roesmiati, berpulang kepada Tuhan semesta Alam, di R.S. Medistra, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

Jenazah beliau kemudian disemayamkan di Rumah Duka, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jenderal Gatot Subroto. Pada keesokan harinya jenazah diterbangkan oleh pesawat C-130, Hercules, TNI-AU ke Surakarta untuk dimakamkan di Makam Perintis Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu) Bonoloyo.

Atas jasanya mempertahankan kemerdekaan RI pada revolusi 1945-1949, beliau dianugerahi Bintang Gerilya RI oleh Kepala Negara. Dalam prosesi pemakaman militer tersebut jenazah dipersembahkan kepada Ibu Pertiwi oleh Mayjen. TNI. (Purn) Hendardji Soepandji sebagai perwakilan negara, dengan Letjen. TNI. (Purn) I Putu Sukreta Suranta sebagai perwakilan keluarga, serta Dr. Ir. Budi Darmadi Soedjarwo, M.Sc., sebagai Ketua Pengurus Pusat Pangestu bersama dengan ribuan pelayat lainnya.

Ibu Roesmiati, yang lahir pada Kamis kliwon, 25 September 1924 di Purwokerto, adalah putri dari dr. R. Roestamadji. Beliau telah meninggalkan lima orang anak, Hendarman Soepandji (Jaksa Agung RI 2007-2010 dan Kepala BPN RI 2012-2014), Hendarti Soepandji (doktor di bidang psikologi), Hendardji Soepandji (Danpuspomad 2006-2007 dan Aspam KASAD 2008-2010), Budi Susilo Soepandji (Guru Besar FTUI dan Gubernur Lemhannas RI 2011-2016), Bambang Tri Sasongko Soepandji (ahli otomotif dan pengusaha), para menantu, empat belas cucu dan tiga belas cicit.

Pada 25 Agustus 1998, suami beliau, Alm. Brigjen. TNI. dr. Soepandji serta pada Maret 2017, putra beliau yang pertama Alm. dr. Hendarto Soepandji telah wafat terlebih dahulu.

Ibu Roesmiati mengenal Ajaran Suksma Sejati yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo pada tahun 1953 melalui Alm. Mayjen. TNI. Prof. Dr. Soemantri Hardjoprakoso. Selanjutnya beliau bersama dengan suaminya secara langsung dan rutin menimba ilmu sejati tersebut melalui Bapak Soenarto.

Keduanya dengan tekun mendalami dan melaksanakan ajaran tersebut sampai akhir hayatnya. Selamat jalan Ibu Roesmiati Soepandji, sampai jumpa di Taman Kemuliaan Abadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:00 WIB

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat bahwa seorang Nenek atas nama Mama Friskila Wally (66 thn) masih tertahan di rumahnya sendirian di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura.

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:52 WIB

Pemerintah Dorong Pembentukan Lembaga Pelatihan Konstruksi

Pemerintah memastikan terus akan meningkatkan kapasitas SDM melalui sertifikasi profesi. Dan tahun ini sebanyak 3.000 orang mendapatkan sertifkasi sebagai ahli jasa konstruksi.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:09 WIB

Dua Gubernur Kalimantan Usulkan Dana Bagi Hasil Sawit

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengusulkan pengaturan dana bagi hasil (DBH) bagi provinsi penghasil sawit. Aturan baru ini diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:01 WIB

Ratusan Mitra GOJEK Semarakkan Festival Olahraga Mitra Makassar

GOJEK, sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, memahami bahwa mitra merupakan salah satu bagian penting dalam ekosistem GOJEK. Oleh karena itu,…

Pelepasan Ekspor Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang

Kamis, 21 Maret 2019 - 16:40 WIB

Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Malboro dan L&M ke Duty Free Jepang

PT Philip Morris Indonesia (PMID) secara resmi melakukan ekspor perdana produk rokok premiumnya, Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang.