Berkat Jasanya Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 September 2018 - 16:35 WIB

Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI
Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada tanggal 23-25 Februari 2018, President University mengadakan kuliah umum berkaitan dengan cultural diversity bagi sekitar 80 mahasiwa mancanegara yaitu dari Tiongkok, Korea Utara, Korea Selatan, Afghanistan dan Timor Leste, dengan pembicara utama Ibu Roesmiati Soepandji di Senior Living D'Khayangan, Jababeka Cikarang.

Kuliah tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa mancanegara tentang nilai-nilai universal yang berasal dari bumi Nusantara yaitu Ajaran Ketuhanan (Suksma Sejati) yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo (1899-1965) sebagaimana tertuang dalam kitab suci Sasangka Jati.

Founder President University dan Jababeka, Dr. (HC). S. D. Darmono, menutup acara tersebut dengan memberikan pesan bahwa, apa yang telah disampaikan oleh Ibu Roesmiati adalah suatu kunci penting dalam meraih keberhasilan yang hakiki.

Kuliah tersebut adalah kenangan terakhir mahasiswa President University dengan Ibu Roesmiati, karena tepat enam bulan kemudian, Kamis, 23 Agustus 2018, jam 13.04, Ibu Roesmiati, berpulang kepada Tuhan semesta Alam, di R.S. Medistra, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

Jenazah beliau kemudian disemayamkan di Rumah Duka, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jenderal Gatot Subroto. Pada keesokan harinya jenazah diterbangkan oleh pesawat C-130, Hercules, TNI-AU ke Surakarta untuk dimakamkan di Makam Perintis Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu) Bonoloyo.

Atas jasanya mempertahankan kemerdekaan RI pada revolusi 1945-1949, beliau dianugerahi Bintang Gerilya RI oleh Kepala Negara. Dalam prosesi pemakaman militer tersebut jenazah dipersembahkan kepada Ibu Pertiwi oleh Mayjen. TNI. (Purn) Hendardji Soepandji sebagai perwakilan negara, dengan Letjen. TNI. (Purn) I Putu Sukreta Suranta sebagai perwakilan keluarga, serta Dr. Ir. Budi Darmadi Soedjarwo, M.Sc., sebagai Ketua Pengurus Pusat Pangestu bersama dengan ribuan pelayat lainnya.

Ibu Roesmiati, yang lahir pada Kamis kliwon, 25 September 1924 di Purwokerto, adalah putri dari dr. R. Roestamadji. Beliau telah meninggalkan lima orang anak, Hendarman Soepandji (Jaksa Agung RI 2007-2010 dan Kepala BPN RI 2012-2014), Hendarti Soepandji (doktor di bidang psikologi), Hendardji Soepandji (Danpuspomad 2006-2007 dan Aspam KASAD 2008-2010), Budi Susilo Soepandji (Guru Besar FTUI dan Gubernur Lemhannas RI 2011-2016), Bambang Tri Sasongko Soepandji (ahli otomotif dan pengusaha), para menantu, empat belas cucu dan tiga belas cicit.

Pada 25 Agustus 1998, suami beliau, Alm. Brigjen. TNI. dr. Soepandji serta pada Maret 2017, putra beliau yang pertama Alm. dr. Hendarto Soepandji telah wafat terlebih dahulu.

Ibu Roesmiati mengenal Ajaran Suksma Sejati yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo pada tahun 1953 melalui Alm. Mayjen. TNI. Prof. Dr. Soemantri Hardjoprakoso. Selanjutnya beliau bersama dengan suaminya secara langsung dan rutin menimba ilmu sejati tersebut melalui Bapak Soenarto.

Keduanya dengan tekun mendalami dan melaksanakan ajaran tersebut sampai akhir hayatnya. Selamat jalan Ibu Roesmiati Soepandji, sampai jumpa di Taman Kemuliaan Abadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…