Buka Festival Pesona Tanjung Lesung, Menpar Sampaikan Progres Percepatan Akses Transportasi ke Tanjung Lesung

Oleh : Hariyanto | Jumat, 28 September 2018 - 14:50 WIB

Menpar buka Festival Pesona Tanjung Lesung
Menpar buka Festival Pesona Tanjung Lesung

INDUSTRY.co.id - Banten - Festival Pesona Tanjung Lesung 2018 resmi dibuka dengan diresmikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Desa Cikadu, Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten, Jumat (28/9/2018).

Berbeda dengan gelaran sebelumnya, kali ini Festival yang digelar untuk ketiga kalinya ini di adakan di tiga wilah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yakni Tanjung Lesung Resort, Kampung Cikadu, dan Kampung Cipanon.

Ditanjung Lesung Resort akan berlangsung Rhino X-Triathlon Race, Rhino MTB XC Marathon dan Fire Dance. Sementara, di Kampung Cikadu dilakukan peresmian Pasar Batik yang di meriahkan dengan Colossal Art Performance, Workshop Membatik, berbagai lomba, galeri dan hiburan.

Kemudian di Kampung Cipanon menghadirkan Pasar Kolecer dan Cindera Mata, Lomba Kolecer dan Layangan Peuteng, Pagelaran Musik dan kesenian tradisional, pameran homestay dan demo masak.

Dalam sambutanya, Menteri Arief Yahya mengatakan, pemerintah telah melakukan berbagai hal dalam mempercepat akses untuk menuju Tanjung Lesung. 

"Untuk jalur darat, Presiden Joko Widodo telah mencanangkan pembangunan jalan tol Serang – Panimbang pada 2015 lalu yang saat ini pembangunannya sudah mencapai 45 persen dari total 84 km. Sedangkan untuk jalur rel kereta api, reaktivasi jalur hingga Menes Pandeglang segera dilakukan," kata Menpar.

Berikutnya untuk jalur laut, lanjut Menpar, kunjungan kapal pesiar beberapa waktu lalu ke Tanjung Lesung menjadi sebuah langkah awal.

“Selanjutnya dari pembicaraan saya dengan perwakilan pihak ASDP, mereka berminat membangun pelabuhan dan marina di Tanjung Lesung,” lanjutnya.

"Sedangkan untuk jalur udara, Saya menunggu Ibu Bupati menyiapkan lahan dan Bapak Gubernur untuk menetapkan lokasi. Sedangkan sisanya serahkan kepada Saya. Karena kalau sudah ada bandara, Tanjung Lesung bisa setara Banyuwangi,” ujarnya.

Pemerintah telah menetapkan Tanjung Lesung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata dan juga masuk kedalam 10 Bali baru. Bersamaan dengan Hal tersebut pemerintah juga mentargetkan 1 juta wisatawan mancanegara akan datang ke Tanjung Lesung. Dengan demikian tentunya keberadaan bandara internasional akan sangat membantu hal tersebut.

Hadir dalam acara peresmian tersebut antara lain Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy beserta jajarannya, Bupati Pandeglang Irna Narulita, anggota DPR Ahmad Dimyati, Direktur Jababeka Hyanto Wihadhi, Presiden Direktur Banten West Java Purnomo Siswoprasetijo, dan Presiden Direktur DAMRI Setia N. Milatia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…