Cetak Sejarah, Indonesia Resmi Kuasai 51 Persen Saham Freeport

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 September 2018 - 05:15 WIB

Menteri Keuangan bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyaksikan penandatanganan perjanjian PT Freeport Indonesia dengan PT Inalum
Menteri Keuangan bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyaksikan penandatanganan perjanjian PT Freeport Indonesia dengan PT Inalum

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kepemilikan saham PT Inalum (Persero) di PT Freeport Indonesia (PTFI) naik dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen. 

Ini seiring penandatanganan sejumlah perjanjian sebagai kelanjutan dari Pokok-Pokok Perjanjian (Head of Agreement) terkait penjualan saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Budi G. Sadikin dengan CEO Freeport McMoran Inc (FCX) Richard Adkerson di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Penandatanganan perjanjian tersebut juga disaksikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignatius Jonan, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Sejumlah perjanjian tersebut meliputi perjanjian devestasi PTFI, perjanjian jual beli saham PT Rio Tinto Indonesia (PTRTI), dan perjanjian pemegang saham PTFI.

Dengan demikian jumlah saham PTFI yang dimiliki Inalum akan meningkat dari 9,36 persen menjadi 51,23 persen. Pemerintah Daerah (Pemda) Papua akan memperoleh 10 persen dari 100 persen saham PTFI.

Sri Mulyani mengatakan, pengambilan 51 persen saham ini dilakukan dengan proses yang tidak mudah, namun dengan komitmen dari pemerintah untuk memperjuangkan yang terbaik bagi negara selama ini, baik dari penerimaan negara, pembangunan smelter, dari sisi pengelolaannya dan tetap menghormati keseluruhan dari para investor yang datang ke Indonesia.

"Saya sampaikan bahwa seluruh ini adalah proses yang luar biasa bagi RI di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang meminta kami para Menteri untuk menegosiasikan atas nama pemerintah Indonesia," kata Menkeu Sri Mulyani.

"Dengan kepala tegak dan sangat tahu persis apa yang kita perjuangkan dan dilakukan secara transparan sehingga dapat menghasilkan PT Freeport Indonesia yang dapat beroperasi dengan baik untuk kepentingan seluruh bangsa Indonesia," tutupnya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…