NTT Ekspor 12,5 Ton Ikan Tuna ke Jepang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 27 September 2018 - 15:04 WIB

Ekspor Ikan Tuna (Foto IST)
Ekspor Ikan Tuna (Foto IST)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Stasiun Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (KIPM) Kupang mencatat ekspor ikan tuna loin dari Nusa Tenggara Timur ke Jepang sebanyak 12,5 ton pada Agustus 2018.

Kepala Stasiun KIPM Kupang Jimmy Elwaren, Rabu (26/9/2018)  di Kupang, mengemukakan tuna loin merupakan salah satu komoditi dominan yang diekspor ke Jepang pada Agustus dengan nilai mencapai 86.302 dolar AS.

Selain ke negara tujuan Jepang, ekspor tuna loin beku juga dilakukan ke Brunei Darussalam sebanyak 200 kilogram, katanya.

Dijelaskannya, ekspor tuna loin ke Jepang yang dilakukan melalui Surabaya, Jawa Timur, mengalami peningkatan setidaknya pada lima bulan terkahir.

Peningkatan ini, lanjutnya, didukung dengan aktivitas nelayan tangkap di daerah itu yang mulai membaik setelah kondisi cuaca buruk. Pihaknya mencatat ekspor tuna loin pada April 2018 sebanyak 5,69 ton, kemudian Mei 5,9 ton, Juni 8,6 ton, dan Juli 9,4 ton, dan terus meningkat hingga Agustus sebanyak 12,5 ton.

"Permintaan dari Jepang juga relatif selalu ada setiap bulan meskipun jumlahnya bervariasi sesuai kebutuhan negara pembeli tersebut," katanya.

Jimmy mengatakan komoditi ikan tuna loin merupakan salah satu produk unggulan perikanan yang diekspor dari provinsi setempat, selain komoditi ikan cakalang.

Ia mengakui permintaan ekspor yang paling banyak relatif masih didominasi ikan cakalang seperti ekspor pada Agustus mencapai 24 ton ke negari "Bunga Sakura" itu.

 "Cakalang memang masih menjadi primadona ekspor menyusul ikan tuna dan ikan-ikan dasar lainnya. Namun dua komoditi utama (cakalang dan tuna) ini selalu diminati terutama dari Jepang, " katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…