Dukung Program Wonderful Indonesia, Grab Teken MoU Dengan Kemenpar

Oleh : Ridwan | Rabu, 26 September 2018 - 19:15 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dan Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara serta Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani seusai penandatanganan MoU Grab d
Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata dan Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara serta Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani seusai penandatanganan MoU Grab d

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sejalan dengan visinya sebagai ‘everyday superapp’, Grab, platform O2O terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk menghadirkan Smart Tourism sebagai bentuk dukungannya terhadap program “Wonderful Indonesia”.

Penandatangan MoU dan perjanjian kerja sama Grab dengan Kementerian Pariwisata dilakukan oleh Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara dan Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Andyani bersama Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dan disaksikan labgsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di sela-sela Rakornas Pariwisata III Tahun 2018 di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Melalui kerja sama ini, Grab akan membantu pemerintah dalam mempromosikan destinasi unggulan pariwisata Indonesia melalui co-branding Wonderful Indonesia di berbagai layanan, informasi dan promosi yang interaktif di platform Grab kepada lebih dari 100 juta pengguna aplikasi Grab di Asia Tenggara.

Kerja sama ini sejalan dengan komitmen penuh Grab untuk berkontribusi bagi perkembangan negara Indonesia yang kaya akan potensi ekonomi dan budaya dan mencerminkan kepercayaan Kementerian Pariwisata kepada Grab untuk turut berkontribusi dalam pencapaian target sektor wisata penyumbang devisa Indonesia utama.

“Kami menyadari bahwa bertumbuh pesatnya bisnis Grab yang pada awal tahun 2017 hanya beroperasi di 12 kota menjadi 137 kota pada hari ini tidak lepas dari peran besar dan dukungan masyarakat dan pemerintah Indonesia. Kami terus berupaya melakukan aksi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tanah air," katanya.

Ditambahkan Ridzki, pihaknya siap menyukseskan program Wonderful Indonesia dan mengembangkan potensi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru dunia.

Program berskala internasional ini membuka kesempatan luas tak hanya bagi para pelaku industri pariwisata, tapi juga pelaku ekonomi dalam negeri, masyarakat setempat, dan infrastruktur lokal untuk berkembang dan memperoleh manfaat dari program ini dengan mempromosikan berbagai destinasi dan keindahan yang dimiliki Tanah Air, guna menjadikan sektor pariwisata sebagai penyumbang devisa utama bagi Indonesia," ungkap Ridzki.

Sebagai ‘everyday superapp’ pertama di Asia Tenggara, Grab juga akan menghadirkan serangkaian program menarik untuk program ‘Wonderful Indonesia’ berlangsung guna memberikan pengalaman terbaik kepada para pengguna, di antaranya:

1. Turis domestik maupun mancanegara nantinya dapat menggunakan layanan transportasi yang aman dan berkualitas tinggi yaitu GrabCar Rent Wonderful Indonesia untuk menyewa kendaraan selama 4-12 jam serta GrabCar Plus Wonderful Indonesia (mitra pengemudi bintang lima) untuk menjelajahi keindahan Nusantara.

2. Akses informasi yang relevan dengan sektor pariwisata melalui GrabDaily.

3. Rekomendasi restoran untuk dikunjungi oleh para wisatawan sebagai destinasi wisata kuliner dan menyertakan informasi restoran lokal yang menawarkan makanan khas daerah yang dapat dipesan melalui layanan GrabFood.

4. Para pengguna aplikasi Grab juga dapat menukarkan poin GrabRewards mereka pada kategori ‘travel’ untuk mendapatkan penawaran menarik di berbagai obyek wisata di Indonesia.

5. Fasilitas digital bagi para wisatawan seperti lounge,tourist information center, charging station, WiFi, serta area peristirahatan untuk mitra pengemudi di beberapa destinasi wisata terpilih. Sebagai tahap awal, Grab telah mulai menjalin kerja sama dengan beragam obyek wisata di Indonesia, termasuk Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Jatim Park Group, Istana Maimun, dan Garuda Wisnu Kencana.

6. Pelanggan Grab di Indonesia maupun turis mancanegara tidak perlu lagi khawatir untuk berkomunikasi dengan mitra dengan adanya fiturGrabChat (fitur pesan singkat dalam aplikasi Grab). Kini, ketika bepergian di kawasan Asia Tenggara, pelanggan Grab tidak perlu khawatir untuk berkomunikasi. Fitur template pesan-pesan yang telah diterjemahkan secara otomatis dalam GrabChat. Kalimat-kalimat seperti “Baik, saya akan segera sampai” tersedia dalam lima bahasa yang umum digunakan di Asia Tenggara: Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu, Bahasa Chinese, Bahasa Thai dan Bahasa Vietnam.

Grab beroperasi di 235 kota yang tersebar pada 8 negara dengan lebih dari 100 juta pengguna dan 4 juta mitra pengemudi di Asia Tenggara.

Sejalan dengan visinya sebagai ‘everyday superapp’ dan strategi open platform, saat ini Grab menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat di Indonesia, mulai dari layanan transportasi roda dua dan empat, pengantaran bingkisan, pembayaran digital, hingga layanan pesan antar makanan dan belanjaan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…