Harga CPO Malaysia Turun Pasca Kenaikan Tajam Awal Pekan ini

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 26 September 2018 - 07:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia turun menjadi RM2.157 per ton pada Selasa (25/09/2018) dibandingkan penutupan sehari sebelumnya di level RM2.163 per ton ketika harga komoditas sawit tersebut naik 1%.

Kenaikan harga minyak mentah dan stabilnya harga minyak kedelai menjadi pendorong utama bagi kenaikan CPO pada Senin (24/09/2018), dimana kenaikan itu juga tercatat sebagai yang terbesar dalam dua pekan terakhir.

Harga minyak mentah Brent mencapai level tertinggi sejak November 2014 ke posisi US$81,48 per barel, begitu juga minyak WTI yang mendekati level US$73 per barel karena pasar memprediksi pasokan akan berkurang setelah AS mengenakan sanksi ekspor minyak mentah Iran mulai 4 November nanti.

Selain itu, OPEC yang belum akan meningkatkan produksi juga menjadi sentimen positif bagi harga minyak mentah gloal.
Kenaikan harga minyak mentah turut berdampak terhadap harga CPO karena minyak nabati ini juga diolah menjadi biodiesel. Harga minyak mentah dan CPO cenderung memiliki korelasi positif.


Sementara itu, stabilitas harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade (CBOT) setelah naik 1,8% juga menjadi sentimen positif bagi harga CPO. Kompetitor CPO ini menguat karena kemungkinan terganggunya panen di AS.

Melihat pergerakan tersebut, jika harga minyak mentah dan minyak kedelai hari ini melemah, maka harga CPO diprediksi terkoreksi di kisaran RM2.145-2.182 per ton. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…

Produk Le Minerale

Selasa, 23 April 2024 - 12:10 WIB

Brand Nasional Le Minerale Jadi Favorit Konsumen selama Ramadhan 2024

Air minum kemasan bermerek Le Minerale menjadi air mineral favorit konsumen selama Ramadhan 2024. Hal tersebut tercermin dari survei anyar Goodstats, platform kelola data daring berbasis Jakarta,…

Ilustrasi perbankan syariah (republika.co.id)

Selasa, 23 April 2024 - 12:01 WIB

Perbankan Syariah Sambut Positif Hasil Keputusan Pilpres di Mahkamah Konstitusi

Mahkamah Konstitusi (MK) ketuk palu menolak Gugatan perkara Pilpres baik dari Pihak Amin dan Ganjar Mahfud. Pertanda dunia perbankan syariah optimis.

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Selasa, 23 April 2024 - 11:55 WIB

Mobil Listrik Besutan MG Motor dan PLN Icon Plus Terobos Jalur Jakarta - Mandalika

Dalam langkah besar menuju revolusi kendaraan berkelanjutan, MG Motor Indonesia dan PLN melalui unit usahanya, PLN Icon Plus, telah memulai perjalanan kendaraan listrik spektakuler dari Jakarta…