Harga CPO Malaysia Turun Pasca Kenaikan Tajam Awal Pekan ini

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 26 September 2018 - 07:15 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia turun menjadi RM2.157 per ton pada Selasa (25/09/2018) dibandingkan penutupan sehari sebelumnya di level RM2.163 per ton ketika harga komoditas sawit tersebut naik 1%.

Kenaikan harga minyak mentah dan stabilnya harga minyak kedelai menjadi pendorong utama bagi kenaikan CPO pada Senin (24/09/2018), dimana kenaikan itu juga tercatat sebagai yang terbesar dalam dua pekan terakhir.

Harga minyak mentah Brent mencapai level tertinggi sejak November 2014 ke posisi US$81,48 per barel, begitu juga minyak WTI yang mendekati level US$73 per barel karena pasar memprediksi pasokan akan berkurang setelah AS mengenakan sanksi ekspor minyak mentah Iran mulai 4 November nanti.

Selain itu, OPEC yang belum akan meningkatkan produksi juga menjadi sentimen positif bagi harga minyak mentah gloal.
Kenaikan harga minyak mentah turut berdampak terhadap harga CPO karena minyak nabati ini juga diolah menjadi biodiesel. Harga minyak mentah dan CPO cenderung memiliki korelasi positif.


Sementara itu, stabilitas harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade (CBOT) setelah naik 1,8% juga menjadi sentimen positif bagi harga CPO. Kompetitor CPO ini menguat karena kemungkinan terganggunya panen di AS.

Melihat pergerakan tersebut, jika harga minyak mentah dan minyak kedelai hari ini melemah, maka harga CPO diprediksi terkoreksi di kisaran RM2.145-2.182 per ton. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.