Pakar Ekonomi Perlu Perdalam Analisis Perilaku Pasar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 September 2018 - 06:30 WIB

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (FotoIst)
Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah (FotoIst)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pakar ekonomi dan akademisi perlu memperdalam analisis dan survei mengenai perilaku pelaku pasar, kata Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah.

"Pakar ekonomi perlu melakukan studi lebih dalam mengenai perilaku manusia, faktor apa yang paling berperan ketika dia ingin memutuskan sesuatu dalam konsumsi, investasi, dan sebagainya," kata Halim ditemui usai menghadiri LPS Research Fair 2018 di Jakarta, Selasa (25/9/2018)

Upaya untuk lebih mendalami perilaku tersebut berangkat dari permasalahan dewasa ini yang menunjukkan pelaku pasar sulit diprediksi. Studi tentang bagaimana mengendalikan perilaku yang berkembang menjadi penting.

Halim menjelaskan bahwa kondisi dunia saat ini berbeda dengan beberapa waktu lalu karena adanya kemajuan dalam perdagangan internasional, digital, dan kecerdasan buatan.

Hal itu tidak hanya membuat ketergantungan antarnegara semakin besar, namun juga mewujudkan keterkaitan antarpasar semakin kompleks.

"Bukan tidak mungkin kejadian di suatu negara bisa menimbulkan kerentanan, ditambah perilaku pelaku pasar semakin sulit diprediksi. Implikasinya bagi pembuat kebijakan dan pelaku ekonomi, ini bisa mengubah keputusan," kata Halim.

Studi yang lebih mendalam mengenai perilaku manusia dalam ekonomi dewasa ini, lanjut Halim, akan mendukung proses pengambilan keputusan para pembuat kebijakan.

"Jangan terpaku hanya mengatakan fundamental kuat, tetapi harus tahu juga perilaku apa yang akan membuat fundamental itu benar-benar menjadi baik. Ketidakstabilan itu bisa muncul dari mana saja sekarang ini, tanpa kita duga-duga," ujar dia.

Terkait itu, untuk mendukung peningkatan analisis dan studi mengenai perilaku pasar, LPS menyelenggarakan acara LPS Research Fair 2018 sebagai wadah mendiskusikan riset ilmiah dari para ekonom dan akademisi.

Riset yang dibahas dan didiskusikan menyangkut bidang stabilitas sistem keuangan, terutama terkait perilaku sisi deposito yang ada di sisi perbankan Indonesia.

LPS Research Fair 2019 diharapkan mampu menghasilkan masukan yang berguna bagi LPS dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung proses pengambilan kebijakan.

Ekonom senior Iwan Jaya Azis menilai penelitian ekonomi sekarang ini perlu untuk mempunyai kemampuan prediktif.

"Daya prediksinya tidak harus sempurna. Misalnya krisis, tidak ada yang mampu membuat prediksi mengenai terjadinya krisis, namun bisa memprediksi terjadinya vulnerability walaupun tidak selalu berakhir krisis," ujar dia.

Azis juga menyoroti bahwa para pembuat kebijakan sering kurang mendalami informasi yang ada. Keputusan pengambilan keputusan sering berdasarkan informasi terakhir saja.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…