Menperin Airlangga Resmikan Pabrik Serat Optik Senilai USD 44 Juta di Karawang

Oleh : Ridwan | Selasa, 25 September 2018 - 13:47 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Presiden DirekturPT. ZTT Cable IndonesiaYe Zhifeng saat meninjau pabrik PT. ZTT Cable Indonesia di Karawang (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Presiden DirekturPT. ZTT Cable IndonesiaYe Zhifeng saat meninjau pabrik PT. ZTT Cable Indonesia di Karawang (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang, Indonesia semakin memperkuat struktur dan daya saing industri pendukung sektor telekomunikasi, dengan beroperasinya pabrik kabel serat optik PT ZTT Cable Indonesia di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. 

Pabrik yang memiliki kapasitas kabel serat optik mencapai 1 juta kilometer, serat optik 3 juta meter, dan ground wear 2 juta meter per tahun berdiri di atas lahan seluas 36.300 meter persegi dan mempekerjakan hampir 500 tenaga kerja, serta menelan investasi sebesar USD 44,5 juta. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi negara tujuan investasi, serta berupaya untuk meningkatkan penggunaan produk lokal dan mendorong subtitusi impor.

"Saat ini kebutuhan kabel serat optik di dalam negeri mencapai 10 juta kilometer per tahun. Dengan beroperasinya pabrik baru PT ZTT Cable Indonesia akan mengurangi impor dari kebutuhan per tahun sehingga kita bisa menghemat devisa sebesar USD500 juta," kata Airlangga saat peresmian pabrik kabel serat optik PT ZTT Cable Indonesia di Kawasan Industri Suryacipta Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/9/2018).

Ditambahkan Menperin, dengan beroperasinya pabrik baru ini akan mengurangi kebutuhan akan impor yang saat ini mencapai 40 persen. "Dengan demikian, diharapkan PT ZTT Cable Indonesia bisa meningkatkan kebutuhan dalam negeri, sehingga ini akan menambah kekuatan industri dalam negeri," terangnya. 

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia tengah gencar membangun infrastruktur jaringan internet hingga ke pelosok desa melalui program Palapa Ring yang akan menjangkau sebanyak 34 provinsi, 440 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer, sedangkan kabel di daratan sejauh 21.807 kilometer. 

"Untuk itu, kabel serat optik menjadi produk yang paling banyak digunakan dalam teknologi komunikasi modern saat ini karena mampu mentransmisikan cahaya dengan frekuensi tinggi," ungkap Airlangga.

Di samping itu, lanjut Menperin, produksi kabel serat optik juga bisa menjadi tulang punggung dalam menopang implementasi sistem revolusi industri keempat atau Industry 4.0. “Apalagi sekarang era internet of everything (IoT)," ujarnya.

Menperin menyatakan, guna memacu penanaman modal untuk sektor industri teknologi informasi dan komunikasi di dalam negeri, pemerintah telah memberikan beberapa fasilitas insentif fiskal, antara lain berupa tax holiday dan tax allowance. 

“Selain itu, dalam rangka peningkatan daya saing industri kabel serat optik dalam negeri, pemerintah juga memberikan fasilitas insentif berupa Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BMDTP) atas impor bahan dan/atau bahan untuk pembuatan kabel serat optik," papar Airlangga.

Oleh karena itu, Airlangga berharap kehadiran PT ZTT Cable Indonesia akan memperkuat struktur industri di Indonesia. "Semoga ini menjadi bagian untuk mengembangkan industri lebih besar lagi di Indonesia," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…