Ikatan Pilot Indonesia Kampanyekan Gaya Hidup Sehat

Oleh : Herry Barus | Selasa, 25 September 2018 - 08:09 WIB

Ikatan Pilot Indonesia (Foto Dok Industry.co.d)
Ikatan Pilot Indonesia (Foto Dok Industry.co.d)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ikatan Pilot Indonesia (IPI) menggandeng para pemangku kepentingan dalam mengkampanyekan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional bagi masyarakat umum pengguna transportasi udara melalui semangat aktivitas berolahraga.

Kegiatan yang bertajuk ‘Aviators Fun Walk and Run 5K 2018’ diselenggarakan pada Minggu, tanggal 23 September, 2018 diikuti oleh sekitar 1000 orang peserta di seputaran wilayah Gelora Senayan, dimana sebelumnya dilaksanakan perhelatan pesta olahraga internasional Asian Games 2018 sejak 18 Agustus hingga  2 September, 2018.

“Kegiatan ‘Aviator Fun Walk and Run 5K 2018’ dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan insan penerbangan terhadap keselamatan penerbangan nasional, sekaligus mensosialisasikan peran dan tugas masing-masing pemangku kepentingan dunia penerbangan.”, tutur Ketua Pelaksana ‘Aviator Fun Walk and Run 5K 2018’ Kapten Koko Indra Perdana pada hari Senin, 17 September, 2018.

Sejumlah pemangku kepentingan (stakeholder) dari lembaga/instansi dipastikan turut memberikan dukungan dalam kegiatan ini antara lain PT Angkasa Pura I dan II Persero, Badan Narkotika Nasional (BNN), Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), dan Otoritas Bandar Udara (Otban).

“Dalam kegiatan tersebut, para individu dari stakeholder dunia penerbangan akan langsung bertemu masyarakat dan menjadi kesempatan untuk mensosialisasikan tugas masing-masing. Sebagai contoh para pilot dapat membagikan profesi pilot dalam menjamin keselamatan dan keamanan operasional penerbangan,” lanjut Koko Indra.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi menuturkan pihaknya menyambut baik kegiatan ini karena menjadi kesempatan untuk turut mengedukasi masyarakat secara langsung khususnya dalam peranan meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan nasional. Selain itu, ajang ini dihelat oleh IPI, dimana pilot dan maskapai adalah juga mitra dan stakeholder Angkasa Pura I, yang secara bersama-sama memiliki tanggung jawab terhadap upaya mengedukasi masyarakat umum agar lebih memahami dunia penerbangan nasional dan regulasinya.”, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen (Pol) Heru Winarko menilai kegiatan yang digelar IPI merupakan langkah tepat untuk mengedukasi masyarakat perihal bahaya narkoba bagi masyarakat umum dan insan penerbangan khususnya.

“Melalui kegiatan olahraga ini IPI dan BNN secara aktif mengkampanyekan bahaya penyalahgunaan narkotika dalam industri perhubungan secara khusus dan masyarakat umum. Ancaman penyalahgunaan narkotika ada di depan mata dan seharusnya menjadi perhatian seluruh pihak,” tegasnya.

Tentang Ikatan Pilot Indonesia

Ikatan Pilot Indonesia (IPI) merupakan organisasi yang dibentuk pada 11 November, 2015 di Jakarta dan disahkan Kementerian Hukum dan HAM pada 17 Desember, 2015. Organisasi ini didirikan untuk menampung aspirasi, menjaga harkat dan martabat pilot Indonesia sekaligus sebagai wujud persatuan para pilot Indonesia. Saat ini Dewan Ketua IPI periode 2016-2019 adalah Captain Rama V. Noya selaku Ketua.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christine Lagarde Terkesan dengan Paviliun Indonesia (Foto Humas BUMN)

Senin, 15 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Kisah Sukses Pengrajin Songket Pandai Sikek

Annual Meeting IMF WB 2018 di Nusa Dua Bali, menjadi momen tepat untuk para pelaku UMKM memamerkan produk berkualitasnya yang banyak mengusung karya seni dan kerajinan tangan khas Indonesia.…

PT Sri Rejeki Isman Tbk

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:48 WIB

Depresiasi Rupiah Kerek Penjualan Ekspor Sri Rejeki Isman

Kondisi tersebut membuat manajemen SRIL berkeinginan untuk meningkatkan porsi ekspor berkisar 56% hingga 58% sampai akhir tahun 2018.

Produk Minuman PT Delta Djakarta (ist)

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:12 WIB

Dampak Depresiasi Rupiah, Delta Djakarta Berupaya Kendalikan Biaya Produksi

Produsen minuman beralkohol PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) berupaya untuk menjaga biaya produksi. Pasalnya, bahan baku pembuatan minuman ini masih mengandalkan impor, seperti malt. Sementara,…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 18:00 WIB

Mentan Amran Kerja Sama Pengembangan Rain Water Harvesting System

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menjalin kerja sama dengan pemerintahan Taiwan untuk pengembangan sektor pertanian Indonesia.

PT GMF Aero Asia Tbk (GMFI) (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 15 Oktober 2018 - 17:48 WIB

Tingkatkan Branding, GMF AeroAsia Jalin Kemitraan Strategis Dengan Perusahaan MRO Asal Eropa

Kolaborasi ini dirancang untuk mengembangkan dan meningkatkan sistem kualitas serta kapabilitas GMF serta untuk memperkuat posisi AFI KLM E & M di Asia.