Hari Ini, Menperin Airlangga Akan Resmikan Pabrik Kabel Serat Optik PT ZTT Cable Indonesia

Oleh : Ridwan | Selasa, 25 September 2018 - 08:02 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

INDUSTRY.co.id - Karawang, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dijadwalkan akan meresmikan pabrik kabel serat optik PT ZTT Cable Indonesia di Kawasan Industri Suryacipta Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/9/2018).

PT ZTT Cable Indonesia adalah perusahaan manufaktur alat komunikasi yang fokus pada produk utamanya yaitu, serat optik, kabel optik, alat kelengkapan listrik dan lainnya. 

PT ZTT Cable Indonesia didirikan pada Februari 2017 terdaftar dan berlokasi di Karawang, Jawa Barat. Perusahaan terdaftar dengan modal 40 juta USD, dengan bangunan diatas tanah seluas 36.300 meter dan mempekerjakan hampir 400 orang pekerja. 

Investasi PT ZTT Cable Indonesia dibagi menjadi dua tahap dan diperkirakan penjualan tahunan akan mencapai 150 juta USD setelah selesainya proyek pada akhir tahun 2018.

PT ZTT Cable Indonesia merupakan bagian dari Jiangsu Zhongtian Technology yang didirikan di Jiangsu, China pada tahun 1978 dan saat ini merupakan 500 perusahaan terbesar di China. Selain di Indonesia, Jiangshu Zhongtian Technology telah mendirikan pabrik di India, Uzbekistan, Maroko, dan China. 

Seperti diketahui, pengembangan industri kabel serat optik di dalam negeri masih memiliki prospek yang cerah. Hal ini seiring dengan upaya pemerintah dalam membangun infrastruktur telekomunikasi dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri. 

Di era digital seperti sekarang ini, sistem komunikasi menuntut adanya efisiensi dalam pengiriman informasi dari narasumber ke penerima. Hal ini mendorong pengembangan teknologi kabel baru untuk meningkatkan efisiensi dalam sistem komukasi tersebut. 

"Untuk itu, kabel serat optik menjadi produk yang paling banyak digunakan dalam teknologi komunikasi modern saat ini karena mampu mentransmisikan cahaya dengan frekuensi tinggi. Apalagi, pemerintah telah mencanangkan pengembangan proyek Palapa Ring," ungkap Menperin. 

Di samping itu, tambah Airlangga, produksi kabel serat optik juga bisa menjadi tulang punggung dalam menopang implementasi sistem revolusi industri keempat atau Industri 4.0. “Apalagi sekarang era internet of everything," ujarnya.

Menurutnya, sejumlah industri tengah bertransformasi untuk memanfaatkan teknologi digital dan internet dalam proses produksinya agar terintergrasi.

"Peluang tersebut yang perlu dimanfaatkan oleh industri kabel serat optik dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar saat ini," tutur Menperin. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…